Lazada Indonesia
"Gunakan hp seperlunya"
irtoh

Persiapan dan Tutorial Cara Upgrade ke iOS 7

Apple iOS7 Persiapan dan Tutorial Cara Upgrade ke iOS 7

iOS 7 telah rilis dibeberapa daerah di duni seperti San Francisco. Sedangkan di Indonesia iOS 7 dikabarkan akan rilis malam ini 19 Septermber 2013 sekitar pukul 23:00 Wib.

Tentu bagi anda pengguna iPhone sudah tidak sabar untuk menikmati tampilan dan fitur baru iOS 7. Namun sebaiknya anda persiapkan terlebih dahulu segala sesuatunya sebelum memutuskan upgrade ke iOS 7.

Fitur yang Beda dari iOS 7?

Berbeda dengan model-model iOS sebelumnya yang tidak banyak perubahan berarti, kali ini iOS 7 banyak sekali hal baru dan berbeda dari segi fitur dan tampilan. Karena banyak perombakan fitur dan tampilan itulah dikhawatirkan iOS 7 tidak kompatibel dengan perangkat iPhone anda atau karena suatu perombakan yang besar-besaran memungkinkan banyak bug didalamnya. Jadi saya sarankan kepada anda pikirkan terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk upgrade ke iOS 7. Lebih baik menunggu pihak lain memberikan review tentang keunggulan dan kompatibilitas iOS 7. Karena jika sudah terlanjur diupgrade, untuk kembali ke versi lama (downgrade) tidak semudah melakukan upgrade. Daripada anda nyesel?

Perangkat Mana Saja yang Kompatibel iOS 7?

Pihak Apple memang sudah mengumumkan perangkat-perangkat yang kompetibel untuk upgrade ke iOS 7, yaitu iPhone 4 ke atas, iPad 2 ke atas, iPad touch, dan iPad mini.

Dengan demikian, perangkat-perangkat lama seperti iPhone 3Gs, iPod touch 4th Gen, iPad 1st Gen, tidak memungkan untuk upgrade ke iOS7. Jangan dipaksa, nanti bisa rusak.

Lakukan Backup iOS Lewat iTunes

Backup adalah hal yang paling penting dalam proses upgrade perangkat apapun tak terkecuali. Akan tetapi backup sepertinya banyak dilewatkan oleh para pengguna. Sebelum upgrade, lakukan backup iOS lama melalui iTunes.

Selain backup iOS lama lewat iTunes, saya sarankan anda untuk menggandakan/copy file backup ke folder lain secara terpisah. Tujuannya agar file buckup anda aman atau menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, bisa saja sewaktu-waktu file backup di iTunes rusak.

Pastikan Koneksi Internet Anda Cepat dan Stabil

Koneksi internet cepat tujuannya adalah untuk memaksimalkan proses upgrade. Sedangkan internet stabil maksudnya koneksi tidak DC (disconnected) ketika proses upgrade. Jika keduanya tidak terpenuhi maka proses upgrade akan berlangsung lama dan bahkan gagal total. Akibatnya iPhone anda bisa nge-break.

Pantau Twitter/FaceBook, MM Reader, ataupun situs MakeMac

Maksudnya tidak lain adalah untuk mengetahui berita mengenai rilis iOS7 terutama di Indonesia. Dan begitu iOS 7 dirilis, jangan buru-buru aksi, ingat tunggu pihak lain memberikan review tentang keunggulan dan kompatibilitas iOS 7. Kalau benar-benar sudah yakin, maka itulah saatnya anda beraksi untuk upgrade ke iOS 7!

Cara Upgrade ke iOS 7

Upgrade iOS tidak susah, yang penting langkah-langkah sebelumnya sudah anda persiapkan matang. Untuk upgrade ke iOS terbaru anda bisa melakukan via OTA (Over The Air) atau lewat iTunes.

Cara update ke iOS 7 melalui OTA sangat mudah yaitu buka menu Setting > General > Software Update, tunggu sampai proses update iOS 7 selesai.

Sedangkan cara update ke iOS 7 melalui iTunes, koneksikan perangkat anda dengan PC atau Mac. Buka dan iTunes akan memeriksa otomatis apakah sudah tersedia update atau belum. Jika iTunes mendeteksi sudah tersedia update, pilih Download & Install. Tunggu sampai proses update iOS 7 selesai.

Atau jika koneksi internet anda terbatas, anda bisa juga update melalui iTunes secara offline yaitu dengan mengunduh file IPSWnya langsung (iPod Software format file dari iOS. IPWS pada dasarnya adalah sebuah file archives, didalamnya terdapat ramdisk, kernel, dan file-file dfu). Setelah diunduh, kemudian masuk ke iTunes dan lakukan Check for Update sambil menekan tombol Option/Alt (bukan menu restore iPhone) dan pilih file IPSW iOS 7 sesuai perangkat iPhone dan ikuti proses selanjutnya.

Referensi : ipanduan, resources3, lintasme, wikipedia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code class="" title="" data-url=""> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong> <pre class="" title="" data-url=""> <span class="" title="" data-url="">

Current ye@r *

Berita Handphone dan Teknologi
Hptekno. All rights reserved.
Pondok Tirta Mandala
blok S3 no 11
Depok
info@hptekno.com
Phone 0856 9430 2642