"Simpan hp di tempat aman "
irtoh

Alasan Android 4.4 KitKat Dapat Berjalan Di RAM 512MB

Google merilis Android terbaru dengan perubahan besar dalam pemakaian daya RAM. Android KitKat dapat berjalan dengan RAM 512MB. Ini merupakan jawaban Google terhadap keluhan pengguna Android 4.1 – 4.3 yang membutuhkan RAM 1GB untuk membuat ponsel berjalan dengan baik.

Keberhasilan Google menekan jumlah pemakaian RAM sebesar 16% dari Android Jelly Bean, bermula dari Project Svelte. Ini merupakan proyek yang bertujuan membuat manajemen RAM Android lebih baik. Menurut halaman developer Android 4.4, Project Svelte berfokus pada perbaikan:

  • Dalvik JIT code cache tuning
  • kernel samepage merging (KSM)
  • swap to zRAM
  • tune out-of-memory levels for processes
  • set graphics cache sizes
  • control memory reclaim

Yang Perlu Diketahui

Walau Android 4.4 dapat berjalan dengan baik di RAM 512MB tak serta merta smartphone Android lawas dapat menjalankan KitKat. Ini karena “umur/fitur” OMAP SoC dari smartphone lawas tak mendukung fitur KitKat secara penuh. Bisa dikatakan target Google meraih 1 juta pengguna Android KitKat berfokus pada smartphone low-end terkini atau terbaru.

Hal lain yang  juga perlu diketahui, Google tak hanya memperbaiki manajemen RAM Android, tetapi juga memperbaiki manajemen RAM dari aplikasi default, semacam Chrome dan YouTube.

via Android Police, Google Blog dan Wikipedia 

R10

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Handphone dan Teknologi
Hptekno. All rights reserved.
Pondok Tirta Mandala
blok S3 no 11
Depok
info@hptekno.com
Phone 0856 9430 2642