"Sesekali clear memory agar kembali fresh"
irtoh

Android vs iOS – Aktifitas dan Kepemilikan

Android vs iOS

Gambaran Umum

Android dan iOS merupakan perusahaan yang bergerak di bidang Sistem Operasi berbasis mobile yang besar. Ada persaingan cukup ketat antara Google dan Apple, ini terjadi sejak awal kehadiran Android, dan mungkin akan terus terjadi persaingan ketat antar keduanya.

Bicara persamaan dan perbedaan sistem, keduanya memiliki persamaan dan perbedaan yang sangat banyak. Akan tetapi kali ini kita tidak akan membahas itu, melainkan fokus kepada kepemilikan dan aktifitas kedua perusahaan tersebut.

Kepemilikan Pangsa Pasar

pangsa pasar Android dan iOS

Sejauh tulisan ini dibuat, pangsa pasar Android di bidang Smartphone sebesar 52%, iOS sebesar 40%, sisanya mungkin terdiri dari Windows Phone dan perangkat lain yang kurang terkenal. Sedangkan untuk pangsa pasar di bidang tablet, Apple unggul dengan menguasai pangsa pasar sebesar 71%, sisa 20% untuk Android dan platform lainnya.

Dalam hal kepemilikan, pria lebih mungkin untuk memiliki sebuah perangkat Android daripada iOS, sedangkan perempuan secara umum relatif antara keduanya.

Perangkat Android lebih populer dimiliki oleh anak muda dan remaja, yang mungkin terkait berpendapatan tahunan $ 89K atau kurang, sedangkan perangkat iOS yang lebih umum dimiliki oleh golongan yang berpendapatan tahunan $ 105K atau lebih.

Belanja Aplikasi Online

belanja aplikasi online

Dalam hal belanja aplikasi, pengguna iOS lebih banyak berbelanja aplikasi (67,5%) dibandingkan pengguna Android (43,9%). Mungkin ini terkait banyaknya aplikasi yang tersedia di platform iOS dan kebanyakan berbayar.

Rata-rata waktu berselancar yang dihabiskan oleh pengguna iOS untuk berbelanja aplikasi terhitung sebanyak 105 menit per bulan, sementara pengguna Android rata-rata menghabiskan waktu 88 menit per bulan.

Pemasaran Ponsel dan Keterlibatan Iklan

post-it mania

Ketika ada sebuah merek iklan online dari kedua platform iOS dan Android, pengguna iOS jauh lebih mungkin untuk meng-klik iklan tersebut dan ikut terlibat di dalamnya.

Pengguna iOS juga jauh lebih mungkin untuk mengkonversi beberapa merek iklan karena mereka telah terbiasa berinteraksi dengan pemasaran suatu merek, mereka (pengguna iOS) juga jauh lebih mungkin untuk melakukan pembelian merek iklan yang dipasarkan melalui perangkat mobile mereka.

Kesimpulan

Baik Android maupun iOS keduanya masih akan tetap melakukan persaingan ketat. Secara umum Android akan terus berkembang mengingat usianya yang relatif baru namun jangkuan pemasarannya sudah sangat luas. Akan tetapi para penggila belanja aplikasi berbayar akan tetap menjadi sasaran marketing iOS.

Gambaran Android vs iOS secara umum dapat dilihat pada gambar di bawah,

Android vs iPhone

via : androidve
irtoh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Handphone dan Teknologi
Hptekno. All rights reserved.
Pondok Tirta Mandala
blok S3 no 11
Depok
info@hptekno.com
Phone 0856 9430 2642