"Cabut charger jika sudah full"
irtoh

Aneka Kemajuan teknologi mempermudah Pekerjaan harian

Kemajuan teknologi sangatlah pesat sehinga sering terjadi ketimpangan antara pedesaan dan perkotaan, antara si berpunya dan yang pas pas an, antara si muda dengan yang tua. kalaupun kita mengikuti dan mengejar teknologi pastilah tidak akan selesai dan tidak ada puasnya. segala kebutuhan hidup sekarang selalu berkaitan dengan teknologi, bahkan ada beberapa hal yang mewajibkan adanya teknologi dalam kegiatanya. berikut beberapa kegiatan yang mempergunakan teknolgi dalam mempermudah penyelesaian masalahnya.

1. Penggajian karyawan (Payrol)

Siapa yang tidak tau perusahaan ? pasti hampir seluruh manusia di bumi ini pernah bekerja menjadi karyawan, baik di perusahaan besar maupun di perusahaan kecil atau bahkan dalam skala rumahan, dan sudah pasti tujuan kita bekerja di tempat tersebut untuk mendapatkan uang guna memenuhi kebutuhan harian kita.

Tahukah kalian seberapa repot seorang HRD yang mengurusi gaji para pegawai ? mulai dari mengumpulkan absensi, mencatat lembur, mencatat potongan hutang, bayar pajak penghasilan, bayar asuransi dan banyak catatan catatan lainya yang harus dilakukan perusahaan sebagai bentuk tanggung jawabnya. Sekarang coba bayangkan gimana repotnya itu seorang hrd jika menulis semuanya dalam buku tulis dengan tulisan tangan ? kadang susah dibaca, kadang lupa nulis di halaman berapa, bingung gabungin data yang satu dan data lainya, untuk itulah teknologi diterapkan sebagai pembantu meringkankan masalah salah satunya mengunakan software payroll terbaik.

Ada banyak sekalia jenis software penggajian karyawan ini di dunia, ada yang hanya berbentuk excel dokument, bentuk aplikasi instalasi di setiap komputer, bahkan di jaman sekarang ini sudah banyak software pengajan karyawan berbasis cloud sehingga dapat diakses dimanapun dan kapanpun dengan device apapun asal tersambung dengan internet. dengan mengunakan software penggajian karyawan seorang hrd dapat dengan mudah melalukan perhitungan penggajian hanya tingal melakukan klik dan klik bahkan pencarian data juga mudah karena sudah disediakan menu search, untuk pembayaran pajak pun sudah tertera tingal kita seting berapa persen dan bagaimana hitunganya nanti software tersebut akan otomatis menghitungkannya.

2. Penjualan

Semua orang di dunia pasti melakukan aktifitas jual beli, mulai dari jual beli barang atau jasa, bahkan seorang karyawan pun dikatakan melakukan aktifitas jual jasa kepada perusahaan dengan benefit bulanan yang didapatkanya. Toko toko yang menyediakan beragam barang kebutuhan sehari hari juga menyediakan beraneka ragam barang yang ditawarkan untuk dibeli oleh konsumenya seperti supermarket, mall atau toko klontong kecil. Dari banyaknya aneka barang pastinya si pemilik toko akan kesulitan untuk mengecek persediaan barang, tgl expired, harga barang, bahkan keuntungan, bisa salah dalam perhitungnan bisa jadi bukan untung yang di dapat tetapi kerugian yang terjadi.

Dari banyaknya masalah penjualan barang teknologi hadir menyelesaikannya, salah satunya dengan hadirnya software penjualan. di dalam software atau aplikasi penjualan ini banyak sekali fitur fitur yang bermanfaat antara lain fitur untuk menyimpan barang apa saja yang ada di toko, melakukan proses penjualan dan mengurangi stok gudang, menghitung keuntungan, membuat surat jalan atau faktur penjualan. membuat diskon bahkan bisa digunakan untuk menampilkan grafik tren penjualan guna mengambil keputusan barang mana saja yang lebih laku barang mana saja yang lagi banyak dicari pembeli dan barang mana saja yang harus dikurangi pembelianya karena jarang konsumen yang suka.

 

Kemudahan yang diberikan oleh teknologi tentu saja tidak meninggalkan efek buruk atau efek samping, beberapa hal yang harus dilakukan saat mengunakan teknologi terebut dalam keseharian antara lain :

  1. Kita harus melakukan pembelian software yang harganya bisa jadi lebih mahal dari sepedah motor yang kita gunakan
  2. Untung menunjang berjalanya software diperlukan spesifikasi hardware yang kadang diluar nalar harganya bisa seharga mobil
  3. Bertambahnya kegiatan kita seperti maintance software misalnya backup data
  4. Bisa jadi software yang berjalan normal dalam hitungan tahun mati tiba tiba karena hardwarenya yang rusak, dan disitulah yang sering membuat usaha mati dalam hitungan detik bila tidak ada backup data.

semoga kita dapat memanfaatkan kemajuan teknologi dengan bijak dan baik serta lebih bermanfaat dalam produktifitas keseharian

 

Share
wiliarko

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Handphone dan Teknologi
Hptekno. All rights reserved.
Pondok Tirta Mandala
blok S3 no 11
Depok
wiliarko_156@yahoo.co.id
Phone 0856 9430 2642