"Hindari bermain hp saat berkendara"
irtoh

Apa Sih Ekonomi Digital Itu?

Apakah ekonomi digital itu? Ini adalah suatu perekonomian yang berjalan dengan memanfaatkan teknologi digital. Apakah teknologi digital itu penting? Di zaman serba online, tentu saja ekonomi yang memanfaatkan teknologi digital sangat dibutuhkan. Apakah internet cepat hanya untuk download, menonton dan mendengar musik semata? Atau hanya untuk bermain game dan sosial media? Kalau hanya untuk itu tentu sayang sekali.

ekonomi digital

Zaman dahulu kegiatan perekonomian relatif berjalan sama. Misalnya seseorang bekerja untuk mendapatkan upah atau seseorang berdagang untuk mendapatkan untung. Kendala berjalannya roda ekonomi pada jaman dahulu adalah WAKTU dan AKSES TERBATAS.

Teknologi digital hadir untuk mengatasi dua hambatan tersebut. Proses waktu menjadi lebih cepat dan akses terbatas menjadi lebih terbuka. Contohnya adalah bila seseorang mengirim surat. Di masa lalu mengirim surat akan memakan waktu lama. Dengan email (surat elektronik) maka surat akan terkirim seketika juga.

Akses terbatas pada zaman dahulu, misalnya pada zaman dahulu untuk melalukan lobi bisnis, kedua pihak perlu bertemu dan bertatap muka di tempat yang sama. Di zaman digital, hal ini dapat diatasi dengan teleconference. Memanfaatkan layanan video streaming, kedua belah pihak dapat bertemu dan bertatap muka secara online.

Seorang pedagang martabak “Pasti Enak” dapat menerima manfaat ekonomi digital walau pedagang tersebut tidak memiliki budget besar untuk pemasaran online. Contohnya sebagai berikut. A memesan martabak “Pasti Enak” secara online, dan membayarnya secara online. Kemudian untuk mengambil pesanan martabak, A memesan ojek online untuk mengantarkannya. Sampai di sini sudah terlihat bagaimana ekonomi digital berjalan.

A kemudian memposting pengalamannya memakan martabak “Pasti Enak” di sosial media. Entah dalam bentuk gambar di Instagram atau review kelezatan martabak yang baru dibelinya. Seketika saja hal itu mengundang rasa ingin tahu teman-teman A untuk membeli dan merasakan kelezatan martabak “Pasti Enak”.

Apa yang A dan teman-teman A lakukan akan membuat omzet pedagang martabak “Pasti Enak” meningkat. Bila sebelumnya dalam semalam hanya dapat menjual 20 loyang. Berkat ekonomi digital omzet penjualan martabak “Pasti Enak” meningkat menjadi 100 loyang.

Share
R10

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Handphone dan Teknologi
Hptekno. All rights reserved.
Pondok Tirta Mandala
blok S3 no 11
Depok
info@hptekno.com
Phone 0856 9430 2642