"Hapus file2 tidak penting yg ada di file managarmu"
irtoh

Badr Interactive Rilis 4 Aplikasi Islam Terbaru Untuk Menyambut Ramadhan 1436 H

Badr Interactive menyambut Ramadhan merilis 4 aplikasi islam terbaru, yakni “Masjeed”, “Dua in Quran”, dan “Learn Quran” untuk Android. Serta “Quran Prize” untuk web yang dapat diakses di http://www.quranprize.com. Quran Prize ditujukan untuk penghapal Al Quran, dimana mereka ditantang untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan terkait Al Quran.

Badr Interactive merupakan perusahaan IT asal Indonesia yang berdiri pada May 2011. Mereka banyak merilis produk bernafaskan islam, seperti produk pertama mereka yakni “Complete Quran”. Untuk menyambut Ramadhan 1436 H (2015 M), Badr Interactive kembali merilis produk aplikasi Android yakni “Masjeed”, “Dua in Quran”, dan “Learn Quran”.

Masjeed

masjeed

Masjeed adalah aplikasi jejaring sosial dimana objek utamanya bukan manusia melainkan masjid. Ide dasar dari sosial media berbasis masjid adalah, umat Islam bisa mendapatkan informasi terkait kegiatan masjid. Misalnya kegiatan kajian, kegiatan tahsin, dan sebagainya. Fitur yang dimiliki Masjeed adalah Follow Masjid, Add Masjid, Post text/image/video, Repost, Set notification dan Hashtag.

Saat penulis bergabung, baru ada 5 masjid yang tersedia. Mungkin karena aplikasi ini masih baru dan belum popular dikalangan aktivis masjid. Pun bagaimana aplikasi Masjeed patut diapresiasi, anda hanya perlu login dengan akun Google dan kemudian dapat langsung menggunakannya.

Download Masjeed di Google Play Store.

Dua in Quran

dua in quran

Dua in Quran merupakan aplikasi berupa kumpulan doa-doa yang bersumber dari Al Quran. Aplikasi ini menyediakan 3 bahasa, yakni bahasa arab (teks Quran), teks latin dari bahasa arabnya dan terjemahannya bahasa Indonesia.

Penulis sangat menyukai aplikasi ini. Keunggulan aplikasi “Dua in Quran” adalah teks arabnya mudah dibaca, serta teks latin akan membantu mereka yang belum bisa membaca Quran. Aplikasi “Dua in Quran” seperti menjawab keluhan penulis terhadap aplikasi doa Islami yang banyak beredar di Google Play Store. Keluhan tersebut adalah tulisan arab yang kurang jelas (tak mudah dibaca).

Download Dua in Quran di Google Play Store.

Learn Quran

learn quran

Aplikasi “Learn Quran” ditujukan untuk anda yang sedang belajar Quran. Aplikasi ini merupakan kerjasama Badr Interactive dengan Nurrurromadon. Nurrurromadon merupakan tim guru mengaji yang metodenya sudah teruji di Indonesia.

Aplikasi Learn Quran menawarkan pembelian dalam aplikasi. Pembatasan fitur gratis dikarenakan Badr Interactive membayar pengembang profesional untuk membuat aplikasi, dan ini membutuhkan biaya yang tak sedikit. Saat penulis mencoba menggunakan aplikasi Learn Quran, secara umum cukup bagus. Penulis menyukai mendengar bagaimana cara pengucapan makhraj huruf hijaiyah yang benar. Suara rekaman bersumber dari Al-Hafeez Muhammad S. Basyir yang merupakan pemenang pertama international competition on Quran (Kuwait 2014).

Saat tulisan ini dibuat, versi berbayar dari Learn Quran belum ada. Penulis berharap versi berbayar ini akan terjangkau harganya, dan yang tak kalah penting mudah cara membayarnya (misalnya tak mengharuskan menggunakan kartu kredit).

Download Learn Quran di Google Play Store.

R10

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Handphone dan Teknologi
Hptekno. All rights reserved.
Pondok Tirta Mandala
blok S3 no 11
Depok
info@hptekno.com
Phone 0856 9430 2642