"Semangat Kebaikan 2014"
wiliarko

Bagaimana Sebaiknya Strategi Monetize Aplikasi Di Smartphone?

play app storeBanyak pengembang merilis aplikasi di market seperti Play Store, App Store dengan tujuan menghasilkan keuntungan finasial. Bagaimana baiknya strategi monetize agar aplikasi yang dibuat menguntungkan?

1. One Time Upfront Fee

One Time Upfront Fee atau bayar sekali saja saat pertama membeli. Strategi ini banyak dipakai para pengembang yang memasarkan aplikasinya di App Store milik Apple.

2. Upfront fee + In-App Purchase

Pengembang akan meminta (calon) pengguna untuk membeli dahulu aplikasinya. Kemudian bila pengguna tertarik untuk mendapatkan fitur lebih dalam aplikasi, maka harus membayar kembali. Aplikasi game biasanya menggunakan model ini.

3. Free+In-App Purchase

Mirip dengan metode nomor 2. Bedanya pengembang mengijinkan (calon) pengguna aplikasi untuk mengunduh aplikasi dengan gratis. Kemudian bila ingin mendapatkan “fitur lebih”, pengguna harus membayar. Contohnya game Real Racing 3 dapat diunduh gratis di Play Store. Pengguna akan diberikan fitur “basic”, bila ingin meng-upgrade mobil maka harus membayar dahulu kepada pengembang.

4. Free App + Paid App

Pengembang membuat dua jenis aplikasi. Satu aplikasi gratis, satu berbayar. Versi gratis biasanya hanya menawarkan fitur mendasar. Bila ingin fitur lengkap, pengguna dapat membeli versi berbayar.

5. Free App + Advertising

Aplikasi gratis disertai iklan. Aplikasi gratis dapat membantu pengembang meraih unduhan yang tinggi bila disukai pengguna. Namun iklan umumnya hanya dapat muncul saat aplikasi terhubung internet.

6. Paid + Advertising

Aplikasi berbayar dan disertai iklan. Jenis aplikasi ini tak disukai pengguna, karena dirasakan “merusak” pengalaman menggunakan aplikasi. Pengguna merasa “rugi” sebab telah membeli ketika mengunduh aplikasi tersebut namun terdapat iklan.

7. Subscription

Berlangganan dengan membayar. Cocok untuk aplikasi e-book, e-paper, e-magazine online misalnya.

8. Free for a Limited Time

Gratis untuk sementara waktu. Strategi ini digunakan untuk mendongkrak kepopuleran aplikasi. Setelah banyak yang mengunduh, aplikasi ini akan berbayar di “versi selanjutnya”.

via bixbox.com

Share
R10

One comment on “Bagaimana Sebaiknya Strategi Monetize Aplikasi Di Smartphone?

  1. limpoeng says:

    Artikel bagus untuk para penghindar software bajakan nih…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Handphone dan Teknologi
Hptekno. All rights reserved.
Pondok Tirta Mandala
blok S3 no 11
Depok
info@hptekno.com
Phone 0856 9430 2642