"Hindari berhp ria saat sedang tiduran, karena busa merusak penglihatan"
irtoh

Can Knockdown 3 – Serunya Menghancurkan Kaleng

Can-Knockdown-3-FeaturedApa yang ada di benak kalian saat mendengar permainan menghancurkan tumpukan kaleng? Gampang? Kuno? Kekanak-kanakan? Jika hal itu yang terbesit di pikiran kalian, maka saya sarankan buang jauh-jauh pikiran itu. Can Knockdown 3 merupakan sequel terbaru dari Can Knockdown Series yang didevelop oleh Infinite Dream. Jujur saja, saya belum pernah bermain game ini sebelumnya, namun sekali mencobanya saya langsung ketagihan dan memainkannya terus menerus.

Gameplay

Konsep yang diusung Can Knockdown 3 sama seperti sequel sebelumnya, yaitu menggunakan bola untuk menghancurkan kaleng/ tumpukan kaleng yang ada. Terdengar sangat sederhana, namun eksekusinya benar-benar menawan. Kamu akan diberikan 3 bola di awal level, tujuanmu adalah menjatuhkan semua kaleng yang ada di level tersebut. Kontrol yang digunakan sangat mudah, cukup dengan tap dan flick (swipe atas) bola ke arah yang diinginkan. Kamu juga bisa menggeser posisi bola sebelum melemparkannya.

Kekuatan yang dihasilkan untuk menjatuhkan kaleng bergantung pada seberapa kuat dan cepat gerakanmu dalam melakukan flick. Awalnya mungkin sedikit sulit, namun seiring kamu bermain kamu akan terbiasa dan tahu bagaimana cara melakukan flick dengan baik.

Can-Knockdown-Screenshot-3

Can Knockdown 3 terdiri dari 80 level yang tersebar ke dalam 4 world dan 4 endless mode. World pertama seperti langkah awal kamu beradaptasi dengan kontrol game ini. Masuk world ke 2 kamu akan mulai melihat game ini semakin seru untuk dimainkan. Terdapat unsur puzzle yang menarik untuk dipecahkan jika kamu ingin mendapatkan nilai perfect. Sebagai contoh: di level 13 kamu perlu menghancurkan kaleng merah yang terletak di atas, lalu membiarkan bola orange menggelinding dan mengaktifkan generator yang menggerakkan rail kaleng merah, saat kaleng merah terletak di tengah-tengah kaleng lain, segera lemparkan bola ke kaleng tersebut. Efek ledakan yang dihasilkan akan membuat kaleng-kaleng lain jatuh sekaligus. Dengan cara ini kamu baru bisa mendapat 3 bintang.

Pada world ke 3, kamu akan menemukan saat di mana kamu akan frustasi, karena hi-scoremu 0 dan mendapatkan banyak penalti :P. Berbeda dari world sebelumnya, kamu tidak boleh menjatuhkan skull can yang ada atau kamu akan mendapatkan penalty score -3000. Bisa dilihat, potensi replay value (untuk 3 bintang) pada world ini lebih tinggi dibanding world lainnya. Untuk world ke 4, unsur physic yang kental kembali terasa. Akan ada banyak switch/ button yang harus diaktifkan terlebih dahulu untuk bisa menyelesaikan setiap levelnya.

Can-Knockdown-3-Screenshot-2

O, ya selain 3 bintang yang perlu kamu peroleh, ada juga speedy badge. Badge ini akan didapat jika time bonus yang kamu dapat lebih dari 500. Untungnya badge ini hanya dihitung berdasar time bonus saja, jadi meski hi-score mu 0, tapi time bonusmu > 500 kamu tetap akan mendapatkan badge ini. Endless mode akan bisa dibuka setelah kamu berhasil mendapatkan seluruh bintang di world yang bersangkutan. Endless mode ini merupakan kumpulan seluruh level di world yang bersangkutan di mana kamu akan bermain tanpa henti selama kamu masih memiliki bola.

Presentasi

Harus saya akui, Infinite Dream sangat detail dalam pengerjaan grafis Can Knockdown 3, jika kamu membandingkan grafis CK 3 dengan CK series sebelumnya. Kamu akan melihat peningkatan grafis yang cukup signifikan pada CK 3. Grafisnya digambarkan sangat detail mulai dari bola, kaleng hingga lingkungan di sekitarnya. Efek-efek yang dihasilkan seperti efek penyok pada kaleng setelah kena hantam benar-benar terlihat sangat realistis. Begitu juga dengan efek lightning setiap levelnya, benar-benar  fantastis. Saya acungkan jempol untuk grafisnya.

Sayangnya musik pengiring game saat bermain sedikit minim, yang banyak adalah sound effectnya seperti “You Can Do It” dan telinga saya agak bosan mendengar suara ini terus menerus di setiap levelnya. Untungnya hal ini bisa ditutupi dengan grafisnya yang wow.

Can-Knockdown-3-Screenshot-1

Pricing dan IAP

Can Knockdown 3 tersedia di AppStore dan Google Play, untuk pengguna iOS, kamu perlu membayar Rp 9.500 dahulu untuk bisa memainkan game ini, sedangkan untuk pengguna android, kamu bisa mencoba dahulu secara gratis dengan IAP untuk membuka keseluruhan level seharga $0.94. Namun untuk game dengan gameplay yang fun disertai grafis yang menawan, harga tersebut amat sepadan dengan apa yang akan kamu dapatkan. Apalagi developernya menjanjikan update level selanjutnya akan tersedia secara gratis.

Verdict

Can Knockdown 3 adalah game dengan konsep sederhana, namun eksekusinya berhasil ditampilkan amat baik. Gameplaynya yang beragam disertai grafisnya yang bisa dibilang wow untuk sebuah arcade game membuat saya merekomendasikan game yang satu ini. Tanpa berpanjang lebar lagi, langsung saja klik link di bawah untuk mendownloadnya.

AppStore Link: Can Knockdown 3, Rp 9.500

Google Play Link: Can Knockdown 3, Free

via gamesinasia

Share
wiliarko

One comment on “Can Knockdown 3 – Serunya Menghancurkan Kaleng

  1. luthfi says:

    Sangat menarik tentunya buat penggemar game

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Handphone dan Teknologi
Hptekno. All rights reserved.
Pondok Tirta Mandala
blok S3 no 11
Depok
info@hptekno.com
Phone 0856 9430 2642