"Jangan telp dr kantor, dari hp mu aja "
irtoh

iPhone SE Harga Murah Tapi Masuk Indonesia Tidak?

Apple merilis iPhone SE dengan harga $399, ini merupakan smartphone Apple termurah sepanjang sejarah. Spesifikasinya sekelas dengan iPhone 6S, perbedaan paling mendasar hanyalah iPhone SE berlayar 4 inchi. Pertanyaannya sekarang apakah iPhone SE akan masuk secara resmi ke Indonesia? 

iphone se

iPhone SE mulai dijual 31 Maret 2016 mendatang. Teorinya 6 bulan mendatang, iPhone SE sudah dapat dijual di Indonesia. Namun  untuk kali ini jangan terlalu berharap iPhone SE akan masuk Indonesia secara resmi. Hambatan utama adalah aturan TKDN smartphone 4G.

Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) smartphone 4G tahun 2016 ini adalah minimal 20%, akan menjadi 30% saat Januari 2017. Apple tidak punya pabrik atau rekanan pabrik di Indonesia, sehingga akan gagal memenuhi syarat 20% hardware kandungan lokal.

Bila aturan TKDN dapat memasukkan 20% software kandungan lokal, rasanya akan sulit. Menurut penulis Apple tidak akan menginstall “bloatware” software lokal ke sistem operasi iOS miliknya. Lalu apakah peluang iPhone SE masuk Indonesia secara legal masih ada? Jawabannya masih ada harapan.

Caranya Apple membangun R&D (Research and Development) tahun 2016 ini di Indonesia. Bila Apple serius menggarap pasar smartphone Indonesia, maka harus tahun ini pusat Riset dan Pengembangan Apple dibangun. Bila semakin lama membangunnya maka pasar smartphone Indonesia akan semakin dikuasai oleh Android.

R10

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Handphone dan Teknologi
Hptekno. All rights reserved.
Pondok Tirta Mandala
blok S3 no 11
Depok
info@hptekno.com
Phone 0856 9430 2642