"Telp keluargamu, mereka metrindukanmy"
irtoh

Jejak Elemen Islam Di Dunia Game Dan Kontroversinya

Islam jarang tampil di dunia game, namun demikian, beberapa game diketahui menampilkan elemen-elemen Islam. Pengembang dari Arab Saudi bahkan turut serta membuat game berjudul Unearthed: Trail of Ibn Battuta. Sejumlah game memasukan hal kontroversial sebagai bagian dari propaganda barat, namun ada juga game yang menampilkan elemen Islam untuk melengkapi elemen game.

Assassin’s Creed

Dev/pub: Ubisoft Montreal/Ubisoft
Platform: PS3/Xbox 360/PC

Assassin’s Creed (AC) dirilis 13 November 2007. Game terkenal ini pada seri pertamanya memasukan tokoh protagonis Altaïr Ibn La’Ahad yang kemungkinan beragama Islam Syiah. Adanya dugaan ini karena latar belakang Altair lahir di Masyar, Suriah Barat dengan ayah seorang muslim dan beribu kristen.

Altaïr Ibn La’Ahad

Altaïr Ibn La’Ahad

Kontroversi:  Pada AC II Altaïr Ibn La’Ahad kemungkinan telah menuju atheisme menurut para gamer yang telah memainkan game ini.

Selain Altair, dalam AC terdapat tokoh lain yang dikenal dalam sejarah Islam yakni Rashid ad-Din Sinan (juga dikenal sebagai Al-Mualim). Rashid adalah mentor yang kemudian menjadi musuh dalam AC.

Logo Assassin

Logo Assassin

Organisasi Assassin sendiri, juga dikenal dalam dunia muslim. Organisasi ini didirikan oleh umat Islam Syi’ah Ismailiyah. Dalam sejarah, organisasi ini muncul pertama kali saat Perang Salib pertama tahun 1080.

Assassin’s Creed: Revelations

Dev/pub: Ubisoft Montreal/Ubisoft
Platform: PS3/Xbox 360/PC

AC: Revelations dirilis 15 November 2011, empat tahun setelah AC pertama. Dalam salah satu adegan terdengar panggilan Adzan Maghrib dari masjid Bayezid. Berikut ini video buktinya.

Kontroversi: Hanya pengembang yang tahu apa motif mereka memasukan suara adzan dalam game ini. Apakah untuk menampilkan suasana khas timur tengah, atau ada maksud lain.

Prince of Persia

Dev/pub: Ubisoft Montreal/Ubisoft
Platform: Multiplatform

Ubisoft tampaknya senang mengambil game dengan latar belakang dunia Islam. Seri game PoP seperti AC juga mengambil elemen Islam. Walau tokoh Prince tak digambarkan sebagai seorang muslim, dalam salah satu adegan di Pop: The Two Thrones, Prince membuka penjara dan membebaskan para tahanan wanita yang berhijab.

Pedang Prince of Persia Enlightened Warrior

Pedang yang digunakan di Prince of Persia: The Sands of Time

Pedang Damacus Sword

Pedang Damacus Sword

Kontroversi: Tokoh Prince menurut Wiki Answer bukan muslim, melainkan seorang Zoroastrian. Game PoP juga berlatar belakang mitologi Zoroastrian. Namun yang paling kontroversial adalah pedang Prince bertuliskan bahasa arab yang digunakan di game Prince of Persia: The Sands of Times. Pedang ini menurut Wiki games Prince of Persia bernama Sword of the Enlightened atau Damascus Sword. Berdasarkan blog-blog Indonesia, pedang ini bertuliskan hadits Rasulullah, “Sampaikanlah dariku walau hanya satu ayat“. Apakah tujuan pengembang menuliskan hadits yang baik ini di tangan seorang tokoh Zoroastrian yang melakukan pembunuhan-pembunuhan menggunakan pedang itu?

*hptekno belum menemukan sumber rujukan luar negeri (sebagai perbandingan) untuk masalah pedang ini.

Uncharted 3: Drake’s Deceptions

Dev/pub: Naughty Dog/Sony
Platform: PS3

Uncharted 3: Drake's Deceptions a'ad  tsamud

Dalam Uncharted 3: Drake’s Deceptions, Nathan Drake dan mentornya Victor Sullivan pergi mencari kota Iram of the Pillars yang diduga berada di bawah pasir gurun Rub Al Khali. Iram of the Pillars merupakan kota dimana kaum A’ad dan Tsamud tinggal.

Keberadan kaum A’ad dan Tsamud dijelaskan di Al Quran surah Al Fajr ayat 6 hingga 14. Yang mana kota Iram dijelaskan sebagai kota yang maju dengan bangunan-bangunan tinggi, yang mana kota-kota lain pada jamannya belum mampu membangunnya. Karena menghiraukan ajakan nabi Hud as, kaum A’ad diazab Allah dengan angin yang mematikan.

Adapun kaum Tsamud, mereka tinggal di daerah “peninggalan” wilayah kaum A’ad. Dan karena menolak ajakan nabi Shaleh as, kaum Tsamud pun juga diazab Allah berupa halilintar dan gempa bumi dahsyat.

citra satelit Iram of the Pillars didalam gurun pasir Oman

citra satelit Iram of the Pillars didalam gurun pasir Oman

Elemen Islam lainnya yang terdapat dalam game ini adalah ketika Elena Fisher ketika berjalan di pasar Yaman, mengucapkan, “Assalamu’alaikum”.

Unearthed: Trail of Ibn Batutta

Dev/Pub: Semaphore
Platform: PC Windows/Mac/Linux/Android/iOS/Xbox 360

Unearthed: Trail of Ibn Batutta (UToIB) merupakan game yang dikembangkan oleh Semaphore, developer game dari Arab Saudi. Game ini berkisah tentang Faris Jawad melakukan perburuan harta karun peninggalan petualang Islam paling terkenal, Ibnu Batuta. Tentu saja petualang Farid tak berjalan mulus karena ada pihak lain menginginkan hal yang sama.

Crusader Kings II

Dev/Pub: Paradox
Platform: PC Windows/Mac/Linux

Crusader Kings II merupakan game strategi berlatar perang Salib. Dalam game ini banyak tokoh sejarah dimunculkan seperti William the Conqueror, Harold Godwinson, Harald Hardrada, Robert Guiscard, El Cid, Constantine X Doukas, Alexios I Komnenos, Richard I of England dan Sultan Salahuddin Ayyubi. Sultan Salahuddin Ayyubi merupakan Sultan yang berhasil membebaskan Yerusalem dalam perang Salib ke-2.

Salah satu update Crusader Kings II adalah Sword of Islam. Dalam game ini gamer dapat memainkan sebagai seorang muslim dengan berbagai aktivitasnya termasuk naik haji ke Mekkah.

Kontroversi: Sword of Islam artinya pedang Islam. Patut dipertanyakan motif pengembang memberi judul demikian. Apakah hendak menyebarkan propaganda barat,yang menyatakan Islam disebar melalui pedang? Selain itu dalam game ini gamer juga dapat berperan sebagai muslim dengan berbagai aktivitasnya termasuk melakukan poligami.

Stronghold Crusader

Dev/Pub: Firefly Studios/Take 2 Interactive
Platform: PC Windows

Stronghold Crusader

Game yang dirilis 31 Juli 2002 ini bergenre simulasi Real Time Strategi dengan setting Timur Tengah pada masa perang Salib pertama hingga ketiga. Karena itu anda dapat menemukan tokoh-tokoh perang Salib seperti Sultan Salahuddin Ayyubi dan Richard the Lionheart (tokoh dalam perang Salib ketiga).

Devil May Cry 3: Special Edition

Dev/Pub: Capcom
Platform: Playstation 2, Windows, Playstation 3, Xbox 360

Devil May Cry 3 berkisah tentang seorang pembasmi setan.

pintu ka'bah

pintu ka’bah

devil may cry 3 ka'bah

Dante dan Vergil memasuki “pintu Ka’bah”

Kontroversi: Dante (tokoh protagonis) dan Vergil (tokoh antagonis) memasuki dunia setan melalui pintu yang menyerupai Ka’bah.

Guitar Heroes III

Dev/Pub: Neversoft, Aspyr Media, Vicarious Visions, Budcat Creations, RedOctane / Activision

Platform: Playstation 2, Playstation 3, PSP, Windows, Xbox 360, Wii, Mac OS X

Dalam Guitar Heroes III, gamer dapat bermain gitar mengikuti daftar lagu-lagu yang ada.

Guitar Heros 3 Allah

Guitar Heroes III Allah

Kontroversi: Dalam game ini terdapat adegan yang mana sang tokoh bermain musik di panggung bertuliskan Allah.

Sumber:

Wiki Answer (Prince of Persia Zoroastrian)

Wiki (Sword of Islam)

Wiki (Assassins Creed Altaïr Ibn La’Ahad)

Wiki (Prince of Persia pedang)

Wiki (Iram of the Pillars)

Wiki (Devil May Cry 3: Special Edition/kontroversi pintu Ka’bah)

Share
R10

5 comments on “Jejak Elemen Islam Di Dunia Game Dan Kontroversinya

  1. iska says:

    aku malah baru tahu yo
    maklum ga seberapa suka main game

  2. xfile says:

    Itu logo bergambar kaligrafi macan atau singa bener logo hashasin ? Logo itu mirip logo singa atau macan ali dari keratonkasepuhan cirebon…..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Handphone dan Teknologi
Hptekno. All rights reserved.
Pondok Tirta Mandala
blok S3 no 11
Depok
info@hptekno.com
Phone 0856 9430 2642