"Awali sms dengan ucp salam"
irtoh

Manfaat dan Jenis Laporan Keuangan yang Wajib Diketahui

Untuk mempermudah pengelolaan keuangan, gunakan aplikasi laporan keuangan gratis Laporan keuangan perusahaan merupakan lembaran kertas yang berisikan angka-angka di atasnya tetapi dibalik angka-angka itu perlu dipikirkan aset-aset nyata.

Jika Anda sudah mengetahui akan pentingnya dari akuntansi dan bagaimana laporan keuangan digunakan. Anda bisa membayangkan dengan baik apa yang sedang terjadi dan mengapa informasi yang didapat dari akuntansi dari aplikasi akuntansi gratis itu sangat penting.

Manfaat Dari Laporan Keuangan

  • Bagi Investor

Digunakan untuk meninjau kinerja suatu perusahaan dan sebagai dasar dalam pengambilan keputusan.

  • Bagi Pelanggan

Pelanggan yang bekerja sama dengan suatu perusahaan juga perlu mengetahui laporan keuangan guna mengetahui keberlangsungan bisnisnya.

  • Bagi Pemerintah

Dapat bermanfaat untuk mendata pertumbuhan ekonomi dan untuk memungut pajak.

  • Bagi Akademis

Seorang akademis membutuhkan laporan keuangan guna menunjang penelitian yang mereka lakukan khususnya dalam bidang ekonomi.

Terdapat beberapa jenis laporan keuangan yang berlaku di Indonesia, sesuai dengan standar akuntansi, beberapa diantaranya yaitu:

  1. Laporan Laba Rugi

Berfungsi untuk mengetahui Anda, apakah bisnis yang dibangun berada dalam kondisi rugi atau laba. Ada dua cara yang digunakan untuk menyusun laporan ini, yaitu cara langsung (single step) dan cara bertahap (multiple step). Jika memakai single step yang harus Anda lakukan adalah menjumlahkan semua pendapatan dari atas sampai bawah menjadi satu kelompok.

Kemudian, dikurangkan dengan total beban dalam periode yang berlaku. Sedangkan cara multiple step, pendapatan dipisahkan menjadi dua yaitu pendapatan operasional perusahaan dan pendapatan non operasional perusahaan. Pembagian seperti itu juga dikenakan pada beban / biaya.

  1. Laporan Arus Kas

Disebut dengan cash flow, laporan ini digunakan untuk menampilkan aliran masuk dan keluar kas pada periode tertentu. Lain dari itu juga berfungsi sebagai indikator jumlah arus kas di masa yang akan datang berdasarkan data terkini. Anda bisa menggunakan aplikasi laporan keuangan gratis, untuk mengetahuinya.

  1. Laporan Perubahan Modal

Untuk laporan ini memberikan informasi mengenai jumlah modal bisnis yang Anda miliki dalam periode tertentu. Melalui laporan ini Anda bisa mendapatkan informasi tentang berapa besar perubahan modal yang telah terjadi lengkap dengan apa yang menyebabkan perubahannya.

  1. Laporan Neraca

Nama lain neraca yaitu balance sheet yang terkenal dalam ilmu akuntansi. Laporan neraca dapat memberikan informasi kondisi dan posisi keuangan pada bisnis Anda pada waktu yang telah ditentukan. Selain itu Anda juga dapat mengetahui tentang jumlah aktiva berupa harta atau asset, utang, modal perusahaan.

Setelah mengetahui beberapa manfaat dan jenis dari laporan keuangan dengan aplikasi laporan keuangan gratis, diharapkan Anda bisa menyusun laporan keuangan. Saat ini untuk menyusun laporan keuangan dipermudah dengan aplikasi Bukukas. Aplikasi akuntansi gratis terpopuler ini sangat direkomendasikan untuk Anda coba, sebab dengan aplikasi ini banyak sekali manfaat yang bisa Anda dapatkan. Selamat mencoba!

 

 

Share
wiliarko

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Handphone dan Teknologi
Hptekno. All rights reserved.
Pondok Tirta Mandala
blok S3 no 11
Depok
wiliarko_156@yahoo.co.id
Phone 0856 9430 2642