"Hindari berhp ria saat sedang tiduran, karena busa merusak penglihatan"
irtoh

Yang Bisa Dilakukan Seorang Muslim Kala Kuota Internet Smartphone Habis

Penggunaan smartphone di kalangan umat muslim saat ini sedang trend. Terlebih sejak harga smartphone semakin terjangkau. Aktivitas-sehari-hari pun tak lepas dari perangkat pintar yang membutuhkan internet ini. Lalu apa yang terjadi bila kuota internet habis? Atau tak punya akses WiFi? Mati gaya? Naudzubillah min dzalik.

aplikasi islam

Anda tetap dapat memanfaatkan smartphone untuk hal yang bermanfaat kala tidak memiliki koneksi internet. Berikut ini tips memanfaatkan smartphone kala kuota internet habis.

1. Mengaji

Umumnya sistem operasi mobile sudah memiliki aplikasi Quran. Aplikasi ini dapat anda baca tanpa perlu menggunakan internet. Bagaimana bila tidak memiliki aplikasi Al Quran karena memory smartphone penuh?

Untuk situasi ini, anda dapat menggunakan Al Quran versi cetak (baik milik sendiri atau milik masjid) untuk mengaji. Lalu dimana kegunaan smartphone dalam kasus ini? Anda gunakan aplikasi “note” untuk mencatat sudah sampai mana bacaan ayat Quran anda. Tidak punya aplikasi note? Jangan khawatir, catat saja kemajuan tilawah anda di SMS lalu “save as draft/simpan sebagai draft”.

2. Mendengar Murotal Al Quran

Aplikasi Quran pada smartphone umumnya menyediakan opsi memutar murotal Quran. Biasanya ada dua pilihan, yakni putar murotal Quran secara online streaming atau download lebih dahulu murotal-nya agar bisa diputar offline. Selain dari aplikasi Quran, anda juga dapat download/salin ke smartphone murotal MP3 Quran agar dapat diputar tanpa koneksi internet.

Mendengarkan murotal banyak manfaatnya. Misalnya membantu belajar mahkraj huruf/tajwid Quran, dan membantu memperlancar hafalan Quran.

3. Menulis

Kala kuota internet habis, mengapa tidak sibukkan diri dengan menulis memanfaatkan aplikasi note di smartphone. Umumnya aplikasi note dapat digunakan secara offline. Anda dapat membuat tulisan islami yang kelak dapat diterbitkan ke blog atau sosial media saat terhubung kembali dengan internet.

4. Membaca

Mirip dengan point pertama diatas. Saat terputus dari internet, anda tetap dapat memanfaatkan smartphone untuk membaca. Di Toko Aplikasi (seperti Play Store) anda dapat temukan aplikasi Shahih Muslim misalnya. Sejumlah aplikasi doa, aplikasi sholat atau juga aplikasi belajar islam lainnya dapat digunakan offline. Sehingga saat tidak ada internet, anda dapat membaca kitab hadits, doa, belajar sholat dan sebagainya.

5. Rekaman

Mungkin anda tertarik untuk merekam suara untuk suatu keperluan, katakanlah untuk merekam kajian Islam yang sedang diikuti. Umumnya aplikasi voice recording tidak membutuhkan koneksi internet.

6. Bermain Game

Pada dasarnya Islam membolehkan bermain game. Sebagai seorang muslim, sebaiknya bermain game yang bermanfaat, misalnya game Edukasi Islam. Anda dapat mencarinya di Toko Aplikasi.

Game-game ini dapat membantu pengetahuan Islam anda. Atau anda dapat ajak anak-anak untuk turut bermain game edukasi Islam, misalnya untuk membantu memperkenalkan huruf-huruf hijaiyah.

R10

One comment on “Yang Bisa Dilakukan Seorang Muslim Kala Kuota Internet Smartphone Habis

  1. Des says:

    wah ada game islami ya ternyata di play store? brb cari ah trus donlot buat ponakan saya hehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Handphone dan Teknologi
Hptekno. All rights reserved.
Pondok Tirta Mandala
blok S3 no 11
Depok
info@hptekno.com
Phone 0856 9430 2642