"Matikan paket data jika tidak diperlukan"
irtoh

Ponsel “Made In Indonesia”

Pemerintah berencana untuk mengenakan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) untuk ponsel impor termasuk juga untuk ponsel dibawah harga Rp 5 juta. Tujuannya adalah agar industri ponsel dalam negeri bisa tumbuh.

ponsel made in indonesia

Saat ini sudah ada 5 perusahaan berminat membuka pabriknya di Indonesia, yakni Polytron, Advance, Evercoss, Mito dan Axioo. Merk ponsel diatas notabene merupakan merk lokal namun sesungguhnya mereka masih mengimpor ponsel dari China. Polytron, Advance, Evercoss akan mendirikan pabrik di Jawa Tengah. Sedangkan Axioo di Cakung. Perusahaan Haier, Oppo, dan Smartfren juga sudah menyatakan minatnya membuka pabrik di Indonesia.

Dengan membuka pabrik di Indonesia berarti perusahaan lokal tersebut akan membantu industri ponsel dalam negeri berkembang seperti seharusnya. Alih teknologi diharapkan bisa diterapkan. Saat ini komponen ponsel yang sudah bisa di produksi di dalam negeri barulah percetakan casing dan besi untuk slot kartu SIM. Komponen lainnya praktis masih harus mengimpor. Lebih banyak komponen ponsel dari produk dalam negeri akan membuat ponsel semakin murah.

Akhir kata hptekno berharap manufaktur top seperti Samsung, LG, Sony, Nokia dan Apple mau membuka pabrik di Indonesia dan juga menggunakan komponen lokal sehingga harga ponsel mereka bisa lebih murah bila dibandingkan dengan mengimpor.

via Detik

Share
R10

One comment on “Ponsel “Made In Indonesia”

  1. iska says:

    semoga saja begitu yo 🙂
    biar bisa beli ipon murah, hehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Handphone dan Teknologi
Hptekno. All rights reserved.
Pondok Tirta Mandala
blok S3 no 11
Depok
info@hptekno.com
Phone 0856 9430 2642