"Berhenti dan terima panggilan masuk saat berkendara"
irtoh

Review BlackBerry Q5: BlackBerry Kawula Muda Yang Overprice

blackberry q5BlackBerry Q5 merupakan BlackBerry untuk pasar kelas menengah terutama kaum muda. Bila Q10 setara seri Bold, maka Q5 sekelas dengan seri Curve. Harga jual BlackBerry Q5 Rp 3.999.000,- Harga ini sekitar setengah dari harga jual BlackBerry Z10/Q10. Namun tetap terlihat overprice karena kompetitor mereka dapat memberikan setengah harga lebih murah dari yang ditawarkan BlackBerry.

Fitur Utama:

– 1.2GHz dual-core processor
– 3.1-inch LCD display
– 8GB internal storage
– 5 megapixel camera
– 2 megapixel front-facing camera
– BlackBerry 10 operating system

Design

BlackBerry Q5 menyerupai BlackBerry seri Curve. Ini terlihat dari fisik tombol QWERTY yang memiliki jarak. Casing Q5 unibody menggunakan plastik dan baterainya tak dapat dilepas karena menyatu dengan casing. Untuk memasukan SIM dan memory terdapat slot di sisi kanan ponsel.

Display

BlackBerry Q5 memiliki besar layar yang sama dengan Q10, yakni 3.1 inchi resolusi 720p. Layar menggunakan IPS LCD dan bukan Super AMOLED seperti yang digunakan Q10. Walau demikian layar Q5 tetap tajam dan mampu memberikan detil gambar atau teks dengan baik.

Aspek layar pada Q5 adalah 1:1 sedangkan Z10 16:9. Dengan layar yang lebih lebar memudahkan pengguna Q5 untuk meminimize aplikasi yang berjalan.

Kamera

Kamera Q5 beresolusi 5MP dengan fitur ukuran lensa f/2.4. BlackBerry Q5 dibenamkan pula fitur Time Shift yang akan menangkap gambar “sebelum” dan “sesudah” tombol shutter ditekan. Ide dasarnya adalah untuk membantu pengguna mendapatkan momen foto terbaik. Dilengkapi dengan LED Flash hasil foto di kondisi kurang cahaya tak terlalu baik.

Kamera depan menggunakan resolusi 2MP. Resolusi yang bagus untuk video calling.

Software

BlackBerry Q5 menggunakan sistem operasi BlackBerry 10.1 cara menggunakannya cukup mudah dan intuitif. Secara garis besar BlackBerry Q5 sama dengan BlackBerry Z10. Perbedaaanya paling mendasar adalah ada pada layar. Layar Q5 lebih kecil karena “sisa ruang” digunakan untuk keyboard fisik QWERTY. Karena itu susunan aplikasi di Q5 adalah 4×3 sedangkan Z10 4×4.

Sedangkan aplikasi andalan Q5 antara lain adalah BBM 10 dan BlackBerry Hub. BBM 10 telah ditambahkan fitur baru yakni BBM Video Chatting. BlackBerry Hub adalah aplikasi yang menyatukan komunikasi sosial pengguna. Misalnya komunikasi email, BBM, SMS, panggilan telepon, Facebook, Twitter.

Salah satu masalah dari BlackBerry 10 adalah sedikitnya jumlah aplikasi. Hanya ada sekitar 120.000 aplikasi. Konon 47.000 aplikasi dinilai tak bermanfaat. Sedikitnya aplikasi memperlihatkan keterpurukan BlackBerry menghadapi kompetitor utama, yakni Android dan iOS.

Hardware

Hardware yang digunakan BlackBerry Q5 ditujukan untuk kelas menengah. Processor 1.2GHz dual-core processor dengan RAM 2GB untuk memastikan performa yang smooth dan tanpa lag saat multitasking.

Internal memory sebesar 8GB dan dapat ditambahkan hingga 32GB melalui kartu memory eksternal. Jumlah memory yang cukup untuk menyimpan foto, download aplikasi dan games.

Kesimpulan

BlackBerry Q5 sebenarnya smartphone yang bagus. Namun untuk smartphone yang ditujukan untuk kawula muda, harga jual 4 juta terbilang mahal. Sebagai contoh Nokia menjual Lumia 520 Rp 1,8 juta. Lumia 520 ditujukan untuk kawula muda pula. Salah satu gimmick yang diberikan Nokia adalah cover belakang Lumia 520 dapat diganti-ganti. Sedangkan BlackBerry Q5 bercasing unibody. Jangankan mengganti casing, melepas pakai baterai pun tak dapat.

via BlackBerry Rocks

Share
R10

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Handphone dan Teknologi
Hptekno. All rights reserved.
Pondok Tirta Mandala
blok S3 no 11
Depok
info@hptekno.com
Phone 0856 9430 2642