"Hapus app yg tidak penting"
irtoh

Review BlackBerry Z10

BlackBerry Z10RIM terlahir kembali … dan sekarang resmi bernama BlackBerry. Rebranded, lebih segar, dan lebih mengesankan. Setelah penundaan selama berbulan-bulan, anda harus memuji kesabaran, keberanian dan antusiame BlackBerry untuk kembali bersaing melawan Android dan Apple yang telah merebut pasar mereka. Apakah BlackBerry Z10 yang tampil full layar sentuh tanpa tombol fisik keyboard mampu menolong BlackBerry dari ancaman Windows Phone? Simak ulasannya.

Hardware, Kamera dan Design

Sebagai flagship BlackBerry, Z10 menggunakan casing berbahan plastik. Ini terlihat mengecewakan mengingat sejumlah pesaingnya seperti Nokia Lumia 920 menggunakan bahan polycarbonate yang mampu memberikan kesan ponsel premium. Z10 tidak memiliki tombol fisik dan tak hanya itu Z10 juga tak memiliki tombol navigasi. Sehingga bila pengguna hendak berpindah-pindah menu, harus mengoperasikan Z10 dengan gerakan jari.

Ukuran dimensi Z10 13 x 6.6 x 0.9 cm dengan bobot 136 gram yang membuatnya nyaman digenggam ditangan dan masih dapat dimasukan ke dalam saku. Ukuran layar berukuran 4.2 inchi (1280 x 768 piksel) dengan kepadatan piksel 356 ppi (iPhone 5 memiliki 326 ppi).

BlackBerry Z10 tombol

Sisi kanan Z10 terdapat tiga tombol, yakni mute dan volume up/down. Sementara, disisi kiri terdapat port micro-USB untuk mengisi baterai dan transfer data, serta sebuah konektor HDMI.

BlackBerry Z10 speaker

Tombol power terdapat pada bagian atas, tepat disamping konektor jack audio 3,5 mm untuk headset. Sedangkan grill speaker terletak dibagian bawah.

Disisi depan layar terdapat kamera 2MP dengan proximity dan ambient light sensors. Kamera depan memiliki kemampuan merekam video 720p dan 3x digital zoom. Dibagian belakang terdapat lensa kamera 8MP dengan autofokus, LED flash, 5x digital zoom, serta memiliki kemampuan untuk merekam video full HD 7080p.

Z10 menggunakan processor 1.5GHz dualcore Qualcomm MSM8960, 2GB RAM dan 16GB internal memory (yang bisa diperbesar dengan bantuan microSD 32GB). Z10 juga menyertakan GPS, accelerometer, digital compass, dan gyroscope.

Untuk konektivitas Z10 mendukung quadband LTE, quadband UMTS/HSPA+, quadband GSM/EDGE, dan WiFi a/b/g/n. Juga terdapat Bluetooth 4.0, dan NFC yang dapat digunakan untuk pertukaran mobil atau pembayaran.

BlackBerry 10

BlackBerry Z10 task switcher preview

BlackBerry 10 benar-benar OS yang berbeda dengan OS versi 7. BlackBerry menggambarkan sebagai OS dekade mendatang. Namun demikian OS ini terasa sekali mengambil elemen-elemen dari OS lain.  Task Switcher yang menampilkan preview aplikasi yang sedang berjalan terlihat seperti MeeGo. Berbagai variasi gerakan navigasi tanpa tombol fisik juga terlihat seperti webOS dan MeeGo.

BlackBerry Hub

BlackBerry Z10 BlackBerry Hub

BlackBerry Hub adalah aplikasi yang mengintegrasikan notifikasi koneksi ke jaringan sosial seperti email, Facebook, Twitter dan Linkedin ke dalam satu channel.

BlackBerry Z10 Keyboard Virtual

Keyboard virtual merupakan salah satu unggulan Z10. Mengetik sangat mudah dan nyaman. Mengetik cepat pun akan akurat dengan tingkat meleset mininum. Selain itu terdapat opsi smiley yang akan memperkaya pengalaman mengetik.

Keyboard virtual BlackBerry 10 memiliki fitur Word Sugesstion. Fitur ini akan memberikan saran kata yang sering anda gunakan. Bagusnya lagi fitur ini mendukung Bahasa Indonesia. Anda hanya perlu merubah setting bahasa ke Bahasa Indonesia di menu setting.

Browser Internet

BlackBerry 10 diklaim memiliki benchmark yang lebih cepat dari browser pesaingnya. Simak video diatas dari Mobileburn yang membandingkan browser Z10 dengan Galaxy Note II, iPhone dan Ativ Odyssey.

BlackBerry 10 Browser Flash

Browser BlackBerry menggunakan Webkit dan HTML5 dimana pengguna dapat memilih mengaktifkan atau mematikan Adobe Flash.

Secara default browser BlackBerry menggunakan Bing sebagai mesin pencari, namun pengguna dapat berpindah ke Google atau Yahoo dengan mudah. Seperti juga fitur di keyboard, BlackBerry Browser dapat memberikan saran situs yang akan dibuka.

Terdapat pula fitur browser untuk berbagi ke BBM, email, Facebook, NFC dan BBM grup.

BBM

Fitur andalan BlackBerry ini sudah mendukung voice chat, video chat dan berbagi layar.

BlackBerry 10 BBM

BlackBerry Maps

BlackBerry 10 Maps

BlackBerry bekerjasama dengan TomTom untuk aplikasi peta. Sayangnya kualitas peta jauh lebih buruk dari Apple Maps. Tiada fitur penunjuk arah, satellite view, dan keterangan mengenai tempat-tempat tertentu.

Voice Control

Apple memiliki Siri, Google memiliki Google Voice Control. Dengan Voice Contol anda dapat menelpon kontak, mengirim pesan (email, bbm, sms atau Facebook), membuat rencana atau catatan, mencari aplikasi/konten/internet, semua itu cukup dengan perintah suara anda.

blackberry z10 voice control

BlackBerry Voice Control terasa kurang personal dan terasa kaku dibandingkan Siri. Sebagai contoh bila anda memerintahkan untuk memanggil suami/istri anda (“Panggil suami saya.”), BlackBerry akan mencari melalui daftar kontak. Bila tak ada nama kontak suami/istri, maka tak ada hasil pencarian. Begitu pula bila ditanyakan, “1 mil berapa km?” BlackBerry akan menyarankan jawaban melalui pencarian di internet. Bila ditanyakan, “apa agenda saya besok?” BlackBerry juga akan menyarankan pencarian di internet.

BlackBerry World

Dahulu bernama BlackBrry App World. Toko aplikasi BlackBerry ini telah memiliki sekitar 70.000 aplikasi termasuk didalamnya aplikasi popular seperti Angry Bird (termasuk versi baru, Star Wars), Facebook, Twitter, Skype, Amazon Kindle, FourSquare, WhatsApp, Box, dan lain-lain.

BlackBerry World Multimedia

BlackBerry World juga merupakan tempat membeli musik atau film. Download musik dilayani oleh 7Digital sedang download TV/movie dilayani oleh Rovi Corp. Membeli dan mengunduh album Alicia Keys akan disimpan sebagai DRM-free MP3. Aplikasi musik memperlihatkan album dan lagu yang sering anda putar.

BlackBerry Balance and Protect

BlackBerry Balance adalah fitur dimana pengguna dapat memisahkan aplikasi dan pengaturan BlackBerry untuk keperluan personal dan kerja. Untuk berpindah mode cukup dengan memilih Personal atau Work.

Fitur ini sangat bermanfaat di era BYOD (Bring Your Own Device), dimana para pekerja menggunakan device milik mereka untuk keperluan pribadi dan juga untuk keperluan kerja.

BlackBerry 10 Protect

BlackBerry 10 Parental Control

BlackBerry Protect bermanfaat untuk melindungi BlackBerry bila hilang. Sedang BlackBerry Parental Control bermanfaat untuk melakukan pengaturan BlackBerry ketika sedang digunakan anak anda atau orang lain. Anda dapat melakukan pengaturan seperti daftar kontak yang boleh dihubungi, aplikasi apa saja yang boleh dibuka, dll.

BlackBerry Camera: Time Shift

Time Shift merupakan fitur kamera andalan BlackBerry 10. Dengan fitur ini anda dapat memilih “memperbaiki” foto untuk mendapatkan momen yang tepat. Misalnya rekan yang anda foto matanya terpejam. Dengan Time Shift anda dapat memilih saat mata rekan anda sedang terbuka.

Baterai

BlackBerry Z10 menggunakan baterai 1,800mAh yang dapat dilepas. Untuk charging umumnya dilakukan satu atau dua kali dalam sehari. Tergantung tingkat pemakaian.

Spesifikasi:

Jaringan: GSM 850 / 900 / 1800 / 1900, HSDPA, LTE; Dimensi: 130 x 65.6 x 9 mm; Berat: 135,4 gram; Layar: capacitive touchscreen, 16 juta warna, 768 x 1280 piksel, 4,2 inci; Kamera utama: 8 MP, 3264 x 2448 pixels, autofocus, LED flash, video 1080p@30fps; Kamera sekunder: 2 MP, 720p@30fps; Memori: 16 GB, 2 GB RAM, microSD hingga 32 GB; OS: BlackBerry 10 OS; Prosesor: Dual-core 1.5 GHz Krait; Transfer data: HSDPA 21 Mbps, HSUPA 5.76 Mbps; LTE, EV-DO Rev. A,; Konektivitas: Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, dual band, Bluetooth v4.0 with A2DP, microUSB v2.0; Fitur lain: SNS integration,HDMI port, BlackBerry maps, Organizer,Document viewer, Photo viewer, MP3/WMA/WAV/eAAC+/FlAC player, DivX/XviD/MP4/WMV/H.263/H.264 player, Voice memo/dial, Predictive text input; Baterai: Li-Ion 1800 mAh.

via SlashGear dan Kompas Tekno

Share
R10

3 comments on “Review BlackBerry Z10

  1. irtoh says:

    Bagus sih.. kereeen

    cuma tetep aja kaya ngga mau gitu beli bb. yaah kalo dikasih beda :p
    pengennya android aja 😀

  2. wiliarko says:

    sama aku juga milih andro

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Handphone dan Teknologi
Hptekno. All rights reserved.
Pondok Tirta Mandala
blok S3 no 11
Depok
info@hptekno.com
Phone 0856 9430 2642