"Bungkus hp dengan pelastik saat sedang menerjang hujan"
irtoh

Review Nokia 520: Entry Level Dengan Nilai Tambah

nokia lumia 520Nokia 520 telah resmi diluncurkan 3 Mei lalu. Dijual dengan harga Rp 1.975.00. Apakah seri Lumia Windows Phone 8 termurah ini sanggup melawan seri Android murah?

Apakah Lumia 520 Layak Dibeli?

Lumia 520 boleh jadi berada di kelas entry level,  Namun processor yang digunakan tetap kelas papan atas. Prosesor Snapdragon S4 Krait dual-core 1GHz. Bandingkan dengan kebanyakan smartphone Android yang pada kelas entry level umumnya memakai procesor Mediatek.

Konon procesor Mediatek memiliki masalah dalam GPS, berbeda dengan procesor Snapdragon yang mampu memberikan informasi GPS secara lebih cepat dan akurat.

Seri Lumia seperti umumnya ponsel Windows Phone 8 juga memberikan “keceriaan” dengan paduan warna-warna tiles dan casing fisik telepon. Sesuatu yang tak dapat diberikan oleh OS “sebelah”.

Kelemahan dari Lumia 520 ada pada kameranya. Kamera 520 tak dapat dibandingkan dengan seri ponsel kamera high end, misalnya bila dibandingkan dengan seri Lumia 720.

Design

nokia 520 casing

Casing Lumia 520 dapat diganti-ganti dan juga berarti baterainya dapat dilepas karena casing tidak unibody. Panjang smartphone ini 120mm, lebar 64mm dan ketebalan 10mm. Artinya fisiknya lebih besar dari Lumia 620. Layar 520 berukuran 4 inchi, bandingkan dengan 620 yang berukuran 3,8 inchi.

Di sisi telepon terdapat tombol volume, power, camera shutter button, micro-USB port dan 3.5mm headphone jack. Lumia 520 dilengkapi 8GB memory internal, dan slot microSD card yang terletak tersembunyi dibawah baterai. microSD card sangat bermanfaat untuk menyimpan musik dan video — fitur yang tak dimiliki Lumia 920 atau iPhone 5.

Display

nokia lumia 520 homescreen

Display 520 termasuk yang terbaik untuk ukuran rentang harga 2 jutaan. Dengan layar 4 inchi artinya akan ada cukup ruang untuk membuka web tanpa harus sering melakukan zoom. Dengan resolusi seperti smartphone high-end artinya Lumia 520 benar-benar ponsel entry-level dengan nilai tambah.

Lumia 520 memiliki kepadatan piksel 235 per inchi (ppi), mengalahkan kepadatan piksel 217 ppi milik Lumia 720. Huruf kecil dapat dibaca dengan jelas di layar. Sebagai perbandingan Acer Liquid Z2 hanya beresolusi 480×320-pixel sehingga membaca teks terlihat sulit.

Lumia 520 tak hanya berlayar tajam, tetapi juga memiliki level kehitaman yang dalam, kontrast yang mengesankan dan warna yang kaya. Melihat harganya, layar Lumia termasuk sangat bagus walau mungkin bukan yang terbaik.

Windows Phone 8 Software

Menggunakan Windows Phone 8 di Lumia 520 tak beda dengan menggunakannya di smartphone Windows Phone lain. Itu karena Microsoft melarang customisasi interface secara radikal.

nokia lumia 520 places

Nokia menanamkan aplikasi Nokia kedalam Lumia 520, sayangnya banyak aplikasi berhubungan dengan peta. Tidak ada aplikasi games dari Nokia, misalnya game legendaris, Snake 🙂

Peta Nokia sudah terkenal kehandalannya, Nokia maps sekarang bernama Here maps. Sayangnya fitur City Lens tak ada di 520, sehingga anda harus membeli seri Lumia 620 ke atas. Fitus Nokia Drive global juga tak ada di Lumia 520.

Nokia juga menanamkan aplikasi Nokia Music, anda dapat mengunduh lagu untuk memutarnya secara offline.

Processor

Menggunakan dual-core 1GHz processor dari Snapdragon dengan 512MB RAM. Procesor yang sama dengan Lumia 720, – dan juga resolusi layar -, anda benar-benar mendapatkan nilai tambah ketimbang mengeluarkan uang untuk smartphone yang berharga lebih mahal.

nokia lumia 520 gaming

520 dapat memainkan game 3D racer Asphalt 7 tanpa masalah atau pun lag. Mengejutkan, karena umumnya ponsel dengan RAM 512MB (seperti OS “sebelah”) akan mengalami lag saat memainkan game kelas berat.

RAM 512MB juga lebih dari cukup untuk menjalankan aplikasi-aplikasi sosial media.

Kamera

Kamera 520 tak dilengkapi fitur PureView ataupun lensa CarlZeiss. Juga tak ada kamera depan untuk melakukan video call melalui Skype misalnya. Namun jangan khawatir karena Lumia 520 masih dilengkapi fitur panorama, alat editor, aplikasi Cinemagraph dan Best Shot untuk mendapatkan hasil foto terbaik saat memotret.

Nokia Lumia 520 kamera

Hasil foto Lumia 520 juga biasa saja, kelas entry level memang tak didesain untuk ponsel kamera.

Baterai

520 menggunakan baterai kapasitas 1,430mAh, Nokia mengklaim baterai 1,430 mAh cukup untuk 9.6 jam 3G talk time atau 360 jam standby. Untuk pemakaian standar, Nokia sanggup bertahan 1 hari atau setengah hari. Sekali lagi, tergantung intensitas pemakaian anda. Memutar YouTube selama 1 jam dapat membuat baterai anda berkurang hingga 56%.

Kesimpulan

Dengan processor, resolusi layar dan aplikasi Nokia yang juga sama dengan yang didapat di seri Lumia 720, Nokia 520 benar-benar memiliki nilai tambah. Mengapa harus membeli smartphone yang berharga mahal, bila yang lebih murah memiliki sejumlah fitur yang sama.

Kelemahan utama Lumia 520 adalah kamera. Bila anda perlu ponsel kamera, pilihannya adalah seri Lumia diatas 520.

via Cnet

Share
R10

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Handphone dan Teknologi
Hptekno. All rights reserved.
Pondok Tirta Mandala
blok S3 no 11
Depok
info@hptekno.com
Phone 0856 9430 2642