"Hubungi teman2 lama mu, sambung kembali silaturahim yg sempat terputus"
irtoh

Review Samsung Galaxy S4: Andalkan Gimmick dan Fitur Kamera

Samsung Galaxy S4Samsung Galaxy S4 telah resmi dijual di Indonesia 2 Mei 2013. Apakah Galaxy S4 ini sanggup memberi perlawanan dari pesaingnya di kelas premium? iPhone 5, BlackBerry Z10, Sony Xperia Z, LG Optimus G Pro, dan HTC One. Mari kita simak reviewnya.

Desain/Casing/Layar

Casing Galaxy S4 sungguh mengecewakan, penulis merasa ponsel premium tak pantas memakai casing plastik. Untuk desain, Galaxy S4 ini masih mempertahankan desain seperti Galaxy S III yang legendaris.

Samsung benar-benar bermain aman dalam hal desain serta casing. Panel belakang S4 dapat dilepas dan anda dapat memasukan microSD dan microSIM, selain juga melepas baterai.

Layar Galaxy S4 berukuran 5 inchi, ukuran yang sangat besar yang membuatnya sulit dimasukkan ke saku celana 😀 Resolusinya 1920 x 1080 pixel, dengan kepadatan pixel 441 ppi (pixel per inch) dan dilengkapi lapisan Corning Gorilla Glass 3 untuk melindungi layar dari goresan.

Layarnya sendiri didukung teknologi Super Amoled HD. Layar ini ada yang suka, ada juga yang tidak. Bagi yang kurang suka dapat memanfaatkan opsi program pengaturan layar seperti Standart, Dynamic, Professional photo dan Movie.

Juga tersedia fitur Adapt Display, fitur ini dapat memberikan adaptasi tampilan layar sesuai dengan keadaan ruangan dan aplikasi yang digunakan. Fitur High Touch Sensitivity jika diaktifkan akan membantu anda menyentuh layar saat menggunakan sarung tangan.

OS dan Interface

Sistem operasi yang dipakai Galaxy S4 menggunakan versi Android 4.2.2 yang sudah dicustom dengan sentuhan Touchwiz. Salah satu gimmick yang dijual Galaxy S4 ini adalah fitur-fitur baru yang memanfaatkan gerakan, gesture, kamera ataupun input suara.

Motion and Gestures:

Air Gesture: Mengendalikan ponsel melalui gesture tertentu dari tangan anda.

Motion: Mengendalikan ponsel dengan gerakan alami, misalnya ketika menerima panggilan telepon, otomatis ponsel dalam keadaan menjawab saat ponsel ditempelkan ke posisi telinga), atau anda dapat melakukan Zoom pada gambar di galeri hanya dengah memiringkan ponsel dan menempelkan dua jari anda di layar.

Palm Motion: Contohnya seperti ini, anda hendak mengambil screenshot layar, maka cukup sapukan tangan anda di layar dari kiri ke kanan atau sebaliknya. Betul dengan gerakan tangan, bukan jari.

Smart Screen

Smart Stay: Dengan fitur ini, layar akan tetap menyala jika mata anda menatap kamera depan secara periodik.

Smart Rotation: Fitur pintar yang mana layar akan beradaptasi dengan posisi pengguna. Seperti saat anda tidur menyamping, layar tak ikut berputar walau auto-rotation aktif.

Smart Pause: Fitur video yang otomatis berhenti ketika perangkat tak mendeteksi “kehadiran” wajah anda. Saat wajah anda kembali “hadir”, video akan kembali berputar.

Smart Scroll: Fitur pada browser. Layar web akan naik-turun saat melihat wajah anda mendongak atau menunduk. Layar otomatis tergulung ke atas/bawah ketika Anda mendongak atau menunduk. Fitur ini paling sulit untuk diterapkan. Pendeteksi kamera depan Samsung masih harus diperbaiki.

Air View

Fitur ini di Galaxy Note II menggunakan S-Pen. Pada Galaxy S4, Air View cukup dengan menggunakan jari. Arahkan jari anda beberapa centimeter dari layar, maka anda dapat memerintahkan perangkat. Contohnya untuk memutar dan menghentikan video, membuka folder, melihat isi email.

Voice Control

Mengontrol perangkat dengan dengan suara, seperti menjawab atau menolak panggilan, mematikan alarm, menjepret foto, mengontrol pemutar musik.

Hardware

Galaxy S4 yang dijual di Indonesia adalah versi GT I9500 yang menggunakan prosesor octa core Exynos 5 Octa 5410 dengan teknologi CPU 8 core yang memakai Imagination Technologies PowerVR SGX 544MP3 GPU dan 2GB LPDDR3 RAM. Desain memakai arsitektur big.Little dari ARM.

Teknologi 8 procesor ini tak sepenuhnya delapan inti. Melainkan gabungan dua processor quad core. Empat core Cortex A7 ditujukan untuk efisiensi dalam penggunaan energi dan menjalankan operasional ringan. Tugas yang lebih berat menggunakan empat core Cortex A 15, misalnya untuk menjalankan video atau memainkan game.

Kamera

Kamera Galaxy S4 beresolusi 13MP. Hasil fotonya sudah mengalami peningkatan dan bisa disandingkan dengan kualitas foto iPhone 5. Kelemahannya adalah pada saat pencahayaannya kurang. Masih terdapat blur dan noise yang belum dapat diatasi.

Samsung memberikan banyak sekali fitur kamera. Dengan fitur ini anda dapat mengedit video sebelum mempublishnya di jejaring sosial, mulai dari Google+, Facebook, Twitter hingga Instagram.

Terdapat berbagai pilihan mode pemotretan yaitu Auto, Beauty Face, best Photo, Best Face, Sound & Shot, Drama, Animated Photo, Rich Tone (HDR), Eraser, Panorama, Sports, Night dan Dual Shot.

Baterai

Baterai Galaxy s4 berukuran 2.600 mAh, kapasitas yang besar untuk ukuran smartphones.  Dengan kapasitas sebesar ini, secara teori S4 dapat bertahan sehari penuh dengan penggunaan wajar.

Spesifikasi

Layar: 5 inch 1080p (1,920×1080), Super AMOLED, 441ppi.
Berat: 130 gram dengan ketipisan 7,9mm
RAM: DDR3 2GB
Prosesor: Exynos 1.6 GHz Octa-core/ 1.9 Ghz Quadcore Qualcomm (untuk pasar Indonesia)
Internal Memori: 16 GB dan terdapat slot external memori up to 64GB.
Kamera: 13 Megapixel (belakang), 2Megapixel (depan).
Sistem Operasi: Android 4.2.2 (Jelly Bean)
Konektivitas: 3G (HSPA+) dan 4G (LTE).
Baterai: 2.600 MAh

Kesimpulan

Samsung Galaxy S4 mengalami peningkatan pada kemampuan kamera. Bisa dibilang kamera Galaxy S4 merupakan ponsel kamera terbaik di Android, saingannya hanya HTC One.

Fitur-fitur kamera juga sangat cocok bagi anda yang suka narsis dan membaginya di jejaring sosial. Dengan harga jual Rp 7.499.000 maka S4 akan berhadapan langsung dengan Sony Xperia Z.

Sehingga pilihan ada ditangan anda, memilih ponsel tahan air dan debu atau memilih ponsel dengan kemampuan kamera?

via: Berbagai sumber

gambar: dari situs resmi Samsung

Share
R10

One comment on “Review Samsung Galaxy S4: Andalkan Gimmick dan Fitur Kamera

  1. keijoe says:

    nunggu harganya sejuta baru beli, haha

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Handphone dan Teknologi
Hptekno. All rights reserved.
Pondok Tirta Mandala
blok S3 no 11
Depok
info@hptekno.com
Phone 0856 9430 2642