"Gunakan hp seperlunya"
irtoh

Review Smartfren Andro Max C

Andro Max CSmartfren Andro Max C merupakan smartphone Android dari Smartfren, harganya murah, hanya Rp 649.000. Bisa dibilang bila pada tahun 2012 Smartfren merilis Andro Max E860 sebagai Android termurah. Maka Andro Max C ini merupakan versi Android termurah untuk 2013.

Andro Max C seperti smartphone Android Smartfren lainnya, sebenarnya ber-merk Hisense yang di-rebranding. Aslinya ini merupakan ponsel Hisense AD686G.

Desain

Fisik Andro Max C persegi panjang dengan keempat sudut yang membulat. Ukuran resminya adalah 124×64×11mm. Materialnya dari plastik. Terdapat port audio 3.5mm, tombol volume, port microUSB, lubang mic dan tombol power.

Di bagian belakang, casing dicat doff yang membuat bekas sidik jari tak mudah terlihat. Lensa kamera dan loudspeaker juga diletakkan dibagian belakang.

Untuk bagian bawah layar terdapat tombol sentuh, Menu, Home dan Back untuk navigasi Android. Sementara dibagian atas layar terdapat tulisan Smartfren.

Andro Max C tak mendukung hot swap karena Sim Card diletakan dibawah baterai.

Display

Layar yang digunakan Andro Max C adalah layar sentuh TFT LCD kapasitif yang memiliki 16 juta warna dan resolusi WVGA 480×800 piksel. Kerapatan pikselnya mencapai 233 piksel per inchi. Dengan layar 4 inci, Andro Max C telah mengikuti trend smartphone dengan layar besar. Layar Andro Max C juga mendukung multi touch.

Sistem Operasi

Andro Max C menggunakan sistem operasi Android 4.04 Ice Cream Sandwich. Bukan sistem operasi terbaru, namun tak terlalu tertinggal dengan versi Android 4.x Jelly Bean. Jadi anda tak perlu “minder” pakai OS jadul :mrgreen:

Selain aplikasi default dari Google, juga terdapat aplikasi Smartfren yakni, Andromax C theme, Costumer Information dan Smartfren Store.

Hardware

Andro Max C menggunakan procesor Dual-Core dengan kecepatan 1Ghz. Ini speks yang tinggi untuk ponsel seharga Rp 600 ribuan. Dengan memori internal 4GB, terbagi 1,79GB untuk penyimpanan internal dan 1GB untuk penyimpanan telepon. Terdapat opsi memasukkan kartu microSD hingga 32GB. Dengan RAM 512MB, Andro Max C dibekali baterai Li-Ion 1420 mAh.

Konektifitas

Andro Max C mendukung Dual SIM, CDMA – GSM. Tentu saja kartu utama adalah Smartfren :mrgreen: karena itu sebelum membeli pastikan dahulu anda sering berada di lokasi dimana sinyal Smartfren bagus. Kabar baiknya adalah kedua kartu CDMA dan GSM dapat aktif bersamaan. Kabar buruknya, kartu GSM hanya bisa dipakai untuk menelpon dan sms, itupun dengan syarat kartu RUIM Smartfren telah dimasukan.

Untuk konektivitas internet, Andro Max C mendukung EVDO Rev. A (3.5G), namun kartu GSM tak dapat digunakan untuk internetan. Karena itu bila sinyal Smartfren tak ada dalam jangkauan, pilihannya adalah dengan menggunakan Wi-Fi.

Kamera

Kamera Andro Max C paling mengecewakan karena hanya berukuran 2MP. Andro Max E860 misalnya resolusi kamera 3MP. Fitur kamera yang ditawarkan sangat terbatas. Setting standar saturasi, kontras, ISO dan EV. Tak ada fitur autofocus maupun flash. Walau demikian, kamera Andro Max C tetap dapat digunakan untuk merekam video.

Sebagai Android termurah yang ditujukan untuk pasar pemula, wajar saja fitur kamera tak dioptimalkan.

Kesimpulan:

Dengan harga jual Rp 649.000, Andro Max C menyasar kelas pemula yang hendak mencoba Android. Untuk kebutuhan dasar, smartphone ini sudah mencukupi. Chatting, membuka email, browsing, semua bisa dilakukan. Bahkan anda dapat menjadikan smartphone ini sebagai hotspot Wi-Fi.

Walau fitur kamera minim, anda tetap dapat mengakalinya dengan menginstal aplikasi kamera dari pihak ketiga. Sehingga walau hanya beresolusi 2MP, hasil foto tetap bagus, apalagi kalau hanya untuk berbagi foto di sosial media.

Kekurangan utama dari Andro Max C adalah, jaringan sinyal Smartfren. Bila anda tidak berada dalam jangkauan sinyal Smartfren, untuk menggunakan internet anda harus memiliki wi-fi karena jaringan GSM tak dapat digunakan untuk internet.

Spesifikasi Smartfren Andromax C

Jaringan: CDMA2000-1X EVDO Rev. A (3.5G) + GSM, Dual Mode Dual On Active EVDO + GSM
Prosesor: Dual-Core Processor 1GHz
GPU: Adreno 203
Operating system: Android 4.0 Ice Cream Sandwich
Internal storage: 4GB ROM + 512 MB RAM
Ketebalan: 11 mm
Layar: 4 inci WVGA TFT LCD
Resolusi: 480 x 800
Kamera: 2MP
Download speed: up to 3.1 Mbps (EV-DO Rev. A)
Fitur: GPS, Wi-Fi (up to 5 users – tethering), Bluetooth 3.0 with A2DP, 3.5 mm audio port (stereo), Micro-USB, Micro-SD slot, FM Radio
Baterai: 1,420 mAH
Harga: Rp 649 ribu (termasuk PPN)

Share
R10

2 comments on “Review Smartfren Andro Max C

  1. hanum m says:

    gimna caranya gsm agar bisa buat internetan?

  2. Toto says:

    andromax c emang yang paling banyak dicari sama orang ya, sekarang kayaknya banyak beraliih ke c2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Handphone dan Teknologi
Hptekno. All rights reserved.
Pondok Tirta Mandala
blok S3 no 11
Depok
info@hptekno.com
Phone 0856 9430 2642