"Hubungi teman2 lama mu, sambung kembali silaturahim yg sempat terputus"
irtoh

Samsung Galaxy Gear Vs Qualcomm Toq Vs Sony Smartwatch 2: Yang Mana Pilihan Anda?

Smartwatches sedang hangat diperbincangkan saat ini. Keren dan canggih. Di Gelaran IFA 2013, Samsung dan Qualcomm mengumumkan perwakilan smartwatchnya: Galaxy Gear dan Toq. Setelah beberapa bulan sebelumnya Sony juga meluncurkan Sony Smartwatch 2.

gsmarena_001

Sesuai namanya, Smartwatch benar-benar pintar. Dapat terhubung ke ponsel melalui Bluetooth. Sony Smartwatch 2 bahkan menawarkan konektivitas NFC.

Selain itu berbagai keunggulan ditawarkan oleh produk mungil ini. Samsung Galaxy Gear misalnya, dapat membuat panggilan secara langsung dengan microphone yang built-in. Mempunyai kamera 1.9 MP yang mampu merekam video dengan kualitas HD 720p serta membuat foto-foto yang bisa secara otomatis terupload ke Samsung Galaxy, baik smartphone maupun tablet. Bahkan terdapat pula fitur S Voice. Sehingga dapat melakukan berbagai pekerjaan hanya dengan perintah suara.

Untuk launching Qualcomm Toq memang cukup mengejutkan. Produsen chipset asal Amerika ini, ikut melebarkan sayap di luar produk utamanya. Hal tersebut dapat membuktikan bahwa pasar smartwatch memang cukup menjanjikan.

Untuk memudahkan perbandingan antara ketiga smartwatch ini, hptekno sudah menyiapkan tabel spesifikasinya.

gsmarena_003

Samsung Galaxy Gear
Qualcomm Toq
Sony Smartwatch 2
Layar
1.63″ Super AMOLED
1.55″ Mirasol color display
1.6″ Transreflexive LCD
Resolusi
320 x 320
(277 ppi)
288 x 192
(223 ppi)
220 x 176
(176 ppi)
Berat
73.8 gr
90.7 gr
122.5 gr
Prosesor
800 MHz
Exynos chipset
200MHz
ARM Cortex M3
200MHz
ARM Cortex M3
RAM
512MB
N/A
N/A
Anti Air
Tidak
Tidak
Ya, IP57 certified
Anti Gores
Tidak
Ya
Ya
Kamera
1.9MP, sampai dengan 10 detik merekam kualitas HD 720p
Tidak
Tidak
Baterai
315mAh
N/A
N/A
Daya tahan baterai
1 hari
3 hari
3 hari
Wi-Fi
Tidak
Tidak
Tidak
Bluetooth
Ya, v4.0 LE
Ya, v4.0
Ya, v3.0
NFC
Tidak
Tidak
Ya
Speaker
Ya
Tidak
Tidak
Kompatibel
Samsung Galaxy dengan OS Android 4.3
minimal Android 4.0.3
(berbagai merk)
minimal Android 4.0
(berbagai merk)
Tersedia di pasaran
September
Oktober
September

Bagaimana, keren kan? Menggunakan jam tangan tak sekedar memeriksa waktu dan tanggal. Ketiga smartwatch ini telah ditampilkan di IFA 2013 dan akan segera dilepas kepasaran dengan berbagai fungsi, seperti melakukan panggilan, mengendalikan musik, memeriksa cuaca, update jejaring sosial, bahkan mengambil gambar .

Smartwatch memang pintar dan memiliki banyak fungsi, tapi perlu diingat layar mereka berbeda dari jam biasa. Belum lagi desainnya secara keseluruhan. Terlalu ABG, khususnya Toq dan Smartwatch 2 😀

Belum lagi daya tahan baterai. Sony Smartwach 2 dan Toq bisa tahan 3 sampai 5 hari, dengan penggunaan yang rendah dan layar standby. Tetapi, Galaxy Gear hanya bertahan selama 1 hari. Jadi kita harus siap mengisi ulang baterai jam tangan setiap malam. Mungkin kita telah menerima kebutuhan untuk sering mengisi ulang baterai smartphone, tapi siapa yang rela untuk memanjakan jam tangan.

Kedepannya, smartwatches mungkin akan berevolusi dengan potensi yang mereka miliki. Menjalankan aplikasi dan melakukan fitur-fitur tersebut memang keren dan bermanfaat, tetapi masa pakai baterai dan kualitas tampilan belum cukup mumpuni.

via gsmarena

Share
R10

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Handphone dan Teknologi
Hptekno. All rights reserved.
Pondok Tirta Mandala
blok S3 no 11
Depok
info@hptekno.com
Phone 0856 9430 2642