"Isi ulang imanmu sebagaimana kamu isi ulang daya bateremu"
irtoh

Samsung Mobile Akan Menguasai Pangsa Pasar 2013

Dengan berbagai portofolio dan modifikasi yang banyak dilakukan Samsung, diprediksikan Samsung Mobile, produsen mobile device asal Korea Selatan akan bertahan menguasai pangsa pasar smartphone di Indonesia di semester II tahun ini.

Hasil riset Growth for Knowledge (Gfk) per Maret 2012, Samsung menjadi merek nomor satu untuk produk telepon seluler dengan pangsa pasar 24,9% di Indonesia. Untuk kategori smartphone Android, Samsung menguasai 80% pasar, sementara untuk kategori komputer tablet sebesar 40%.

Diperkirakan pesaing utama Samsung masih BlackBerry, smartphone produksi  Research In Motion (RIM) Ltd.

Di Indonesia pasar BlackBerry cukup besar dan stabil. Apalagi didukung dengan fitur BBM yang banyak digunakan oleh komunitas anak sekolah dan karyawan. Menurut Andreas Thamrin, Direktur Global Teleshop, “Ada kecenderungan pengguna ingin melakukan up grade BlackBerry dengan model yang lebih bagus di semester II ini.”

Ia menyatakan  pangsa pasar BlackBerry di Indonesia bisa menurun, apabila RIM tidak memasarkan model terbaru hingga akhir tahun ini. Kemungkinannya kecil bagi RIM untuk memasarkan  produk baru hingga akhir tahun, sebab RIM kemungkinan memasarkan produk BlackBerry terbaru pada Januari atau Februari 2013, yakni BlackBerry 10. Oleh karena itu,  perusahaan mengestimasi penjualan BlackBerry akan  stabil di semester II tahun ini.

Sementara penjualan HTC dan  Sony Mobile diperkirakan meningkat, setelah  kedua perusahaan agresif memasarkan produk smartphone ke pasar. HTC dan Sony cukup menjanjikan. Untuk HTC, misalnya,  beberapa waktu lalu memasarkan empat hingga lima produk baru. Kehadiran produk terbaru Sony dan HTC dapat menstimulasi pasar.

Share
irtoh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Handphone dan Teknologi
Hptekno. All rights reserved.
Pondok Tirta Mandala
blok S3 no 11
Depok
info@hptekno.com
Phone 0856 9430 2642