"Hindari berhp ria saat sedang tiduran, karena busa merusak penglihatan"
irtoh

(Tips & Trik) Mempercepat Kinerja Android

mempercepat-kinerja-androidHal-hal sederhana yang tidak anda perhatikan dengan benar bisa mengganggu aktifitas anda. Begitupula pada ponsel android anda, jika hal-hal kecil tidak sempat anda perhatikan, maka dampaknya bisa mengganggu kinerja ponsel android anda, android menjadi lelet misalnya.

Berikut tips dan trik sederhana untuk mencegah/mengatasi android lelet,

Kill & Uninstall Aplikasi yang jarang/tidak digunakan

Aplikasi yang tidak sedang digunakan kadang terbaca “running“ oleh sistem android sehingga memakan RAM dan mempengaruhi kerja prosesor. Lakukan kill pada aplikasi yang sedang tidak dipakai tersebut. Cara menghentikan aplikasi yang running adalah masuk menu Setting – Apps – Running – pilih dan klik aplikasi yang akan dihentikan – tekan tombol Stop. Sedangkan untuk aplikasi yang tidak pernah dipakai sama sekali sebaiknya di uninstall. Cara uninstall aplikasi di android adalah masuk menu Setting – Apps – klik aplikasi yang akan dipilih – tekan uninstall.

Optimalisasi Home Screen

Home screen yang banyak memiliki widget, sortcut, folder, wallpaper bergerak, wallpaper beresolusi tinggi akan membebani kerja RAM dan processor sehingga menyebabkan kinerja android anda lelet. Pilih wallpaper yang secukupnya, hindari widget berlebihan, folder berlebihan, dan sorcut berlebihan adalah salah satu cara untuk mempercepat kinerja android. Salah satu cara sederhana untuk mengatasi android lelet.

Install Browser yang Ringan

Sejauh ini, browser yang paling ringan menurut saya adalah Operamini mobile. Alasannya karena memiliki banyak addons dan flash. Coba anda bandingkan ketika mengakses facebook melalui browser chrome dan Operamini mobile. Akan jauh lebih cepat Operamini karena mode facebook mobile masih klasik.

Melakukan Overclocking

Sejak dahulu overclocking selalu menjadi tren untuk membantu mempercepat kerja prosesor. Pada tahap ini, android anda harus diroot terlebih dahulu. Meski begitu, overclock dapat menjadikan efek panas berlebih sehingga baterai akan cepat boros. Pilihan ini opsional untuk anda.

Install Custom ROMs

Custom adalah sebuah cara yang dilakukan oleh para pengembang untuk memodifikasi sedemikian rupa dari ROMs asli sesuai selera para pengembang dengan memperhatikan tampilan yang tetap atau makin apik, juga memperhatikan kecepatan semaksimal mungkin dengan ukuran ROMs yang seminimal mungkin. Pilih custom yang sudah banyak testimoni dari para pemakai. Pada tahap ini, android anda juga harus di root terlebih dahulu.

Mengatur Startup/Autostart Program

Pada saat booting (pertama kali ponsel dinyalakan) akan meload aplikasi-aplikasi yang diperlukan maupun yang tidak diperlukan oleh Sistem Operasi Android. Sehingga dengan melakukan pengaturan startup program, anda bisa menentukan aplikasi mana yang perlu diload dan aplikasi mana yang tidak perlu diload. Aplikasi yang bisa digunakan untuk memanage startup diantaranya adalah Autostarts, anda bisa download aplikasi Autostarts di google play.

Demikian cara sederhana untuk  mempercepat kinerja android. Jika anda mengalami android lelet, cara-cara tadi bisa anda coba.

via android-indonesia

Share
irtoh

One comment on “(Tips & Trik) Mempercepat Kinerja Android

  1. fandi says:

    boleh dicoba nih tips dan triknya gan, thanks ya :cheers:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Handphone dan Teknologi
Hptekno. All rights reserved.
Pondok Tirta Mandala
blok S3 no 11
Depok
info@hptekno.com
Phone 0856 9430 2642