"Matikan paket data jika tidak diperlukan"
irtoh

Hasil Uji Kecepatan Operator Selular: XL Axiata Tercepat

Bulan November 2015 ini, Indonesia sudah siap memasuki babak baru 4G LTE. Operator-operator besar sudah siap untuk berkompetisi 4G secara nasional. Sudah banyak daerah yang berhasil tercover oleh koneksi LTE. Ada lima operator yang menyediakan layanan internet 4G LTE, yakni Telkomsel, Indosat Ooredoo, XL Axiata, Tri, dan Smartfren. Bolt merupakan operator 4G LTE pertama di Indonesia. Adapun Axis, kabarnya baru akan memberikan layanan 4G pada pertengahan tahun 2016 mendatang.

Hasil Uji Kecepatan Operator LTE

Dikutip dari grafis berita koran Bisnis Indonesia berdasarkan riset Open Signal, kecepatan internet 4G LTE XL Axiata merupakan yang paling cepat saat ini. Baik dari segi download dan upload. Kecepatan download 4G LTE XL Axiata mencapai 23,14 Mbps dan kecepatan upload 7,59 Mbps dan ping 40 ms. Berikut ini urutan kecepatan internet 4G LTE dari Open Signal:

1. XL Axiata

Download: 23,14 Mbps
Upload: 7,59 Mbps
Ping: 40 ms

2. Telkomsel

Download: 10,69 Mbps
Upload: 5,34 Mbps
Ping: 45 ms

3. Indosat Ooredoo

Download: 11,86 Mbps
Upload: 5,45 Mbps
Ping: 63 ms

4. Smartfren

Download: 8,76 Mbps
Upload: 2,71 Mbps
Ping: 61 ms

5. Bolt!

Download: 8,30 Mbps
Upload: 2,06 Mbps
Ping: 89 ms

Hingga bulan November 2015, XL Axiata mengklaim telah memiliki tiga juta pelanggan 4G, namun tak semuanya benar-benar telah beralih menggunakan layanan 4G. Ada pelanggan XL Axiata yang telah memiliki perangkat 4G namun belum memiliki kartu SIM 4G XL, ada juga pelanggan yang telah memiliki kartu 4G LTE XL namun mereka belum membeli layanan 4G LTE XL Axiata. Sehingga total pelanggan XL Axiata yang memakai layanan 4G LTE diperkirakan masih dibawah satu juta orang.

Adaptasi masyarakat ke layanan 4G LTE diperkirakan akan lebih cepat dari adaptasi 2G menuju 3G. Bagi pengguna yang masih menggunakan layanan 3G, dengan beralih ke 4G akan bisa mendapatkan manfaat dari internet cepat. Misalnya menonton video tutorial di YouTube tanpa ada buffering. Melakukan video call tanpa putus-putus. Bila melakukan pekerjaan yang membutuhkan internet dapat dikerjakan lebih cepat karena koneksi internet sudah cepat.

Menurut penulis, operator-operator 4G perlu memberikan edukasi kepada konsumen manfaat dari internet kecepatan tinggi. Bila internet cepat hanya untuk agar dapat cepat buka Facebook tentu hal itu sia-sia belaka, sebab membuka Facebook dengan teknologi 3G sudah cukup.

R10

4 comments on “Hasil Uji Kecepatan Operator Selular: XL Axiata Tercepat

  1. aantoko says:

    Kecepatan download LTE XL Axiata mencapai 23,14 Mbps, dua kali dari kompetitornya. XL tampak sangat bersemangat bertarung di 4G

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Handphone dan Teknologi
Hptekno. All rights reserved.
Pondok Tirta Mandala
blok S3 no 11
Depok
info@hptekno.com
Phone 0856 9430 2642