Menu
Categories
Gunakan Lafzi Untuk Mencari Kata Lafaz Al Quran
February 3, 2015 Aplikasi

Bila anda hendak mencari kata lafazh dalam Al Quran, penggalan ayat misalnya. Namun tak ingat surat dan ayat berapa, anda dapat mencoba Lafzi. Lafzi dibuat oleh Abrari untuk studi skripsinya. Sekarang Abrari sudah lulus dan Lafzi telah hadir untuk umum melalui situs Institut Pertanian Bogor.

Ide dari Abrari adalah ia ingin membuat sistem pencarian ayat Al-Quran berbasis kemiripan fonetik. Karena tidak semua orang bisa menulis arab. Dengan Lafzi, pengguna cukup menulis lafzh Al Quran dalam bahasa latin. Walau kata lafazh yang ditulis tak sempurna (hanya mengira-ngira). Lafzi tetap dapat menampilkan pencarian ayat-ayat Al Quran yang memiliki kemiripan dengan kata lafazh yang dicari.

Sebagai contoh penulis hendak mencari tahu kata “hamim” di Al Quran. Penulis tidak tahu dengan pasti kata arabnya yang benar. Saat mencari kata “hamim” menggunakan Lafzi, di dapat 49 hasil pencarian dimana ayat-ayat yang ditampilkan juga memperlihatkan terjemah dan juga sorotan dari kata yang dicari.

lafzi al quran

Anda dapat membaca blog Abrari untuk melihat latar belakang pembuatan dan pembaharuan fitur Lafzi. Lafzi dapat dibuka melalui http://apps.cs.ipb.ac.id/lafzi/web/.

Share
R10
"2" Comments
  1. pelangsing wsc herbal ampuh

    wah sangat bagus tuh

  2. kapsul pelangsing badan

    tak lagi susah cari-cari

Leave a Reply
*