"Perubahan yang berarti untuk diri sendiri"
wiliarko

Aplikasi Yang Paling Membuat Baterai Android Cepat Habis

Baterai merupakan hal yang krusial di smartphone, termasuk Android. Bila smartphone Android anda memiliki kapasitas baterai terbatas, atau anda termasuk intens dalam menggunakan Android. Penting agar selektif memilih aplikasi, karena ada aplikasi yang terus-menerus menghabiskan sumber daya baterai.

baterai android boros

BBM (BlackBerry Messenger)

BBM memakan sumber daya baterai karena menggunakan RAM yang besar, lalu terus menerus terjadi proses invite, chat, broadcast, update status, update timeline. Bila anda aktif menggunakan BBM, tampaknya harus siap punya power bank karena dalam sehari bisa charge baterai sedikitnya 2 kali.

Facebook

Facebook. Konsepnya mirip dengan BBM, Facebook terus menerus memberikan notifikasi pesan, pertemanan dan lain-lain. Untungnya notifikasi Facebok Android dapat dinonaktifkan. Saran hptekno, untuk menghemat baterai, uninstal Facebook Android dan buka Facebok melalui browser.

Aplikasi Peta

Aplikasi Google Maps dan semua aplikasi peta yang menggunakan GPS dapat membuat baterai boros. Ini karena Google Maps melakukan tracking ke area tempat pengguna berada. Google Maps mengunduh peta wilayah yang dituju.

Google Maps, Waze, Here dan umumnya aplikasi peta, boros baterai. Alternatif yang dapat dipilih adalah, mengunduh peta offline di Android sehingga anda tak perlu lagi menggunakan peta secara online.

Email Client

Aplikasi email Gmail, Yahoo dan sebagainya membuat baterai boros. Ini karena aplikasi tersebut rutin memberikan notifikasi pesan yang masuk. Terbayang’kan bila anda sering mendapat kiriman email. Solusi dari hal ini adalah dengan menonaktifkan fitur “auto sync”, matikan sinkronisasi otomatis. Cukup pilih manual, anda buka sendiri aplikasi email untuk melihat berbagai email yang telah masuk.

Game Online atau Game 3D

Game online membutuhkan internet dan game 3D memaksa smartphone menampilkan grafis yang kompleks. Kedua jenis game ini rakus sumber daya baterai. Bila anda menggunakan smartphone untuk alasan produktivitas, sebaiknya aplikasi game di uninstall saja. Game bukan hanya membuat anda kecanduan tetapi juga membuat baterai boros, sehingga produktivitas anda terganggu.

Share
R10

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Handphone dan Teknologi
Hptekno. All rights reserved.
Pondok Tirta Mandala
blok S3 no 11
Depok
info@hptekno.com
Phone 0856 9430 2642