"Sesekali clear memory agar kembali fresh"
irtoh

Google Umumkan Android “L”

Google memperkenalkan Android “L” Developer Preview. Publik dapat melihat konsep apa yang sedang Google kerjakan untuk membuat Android yang lebih baik.  Namun Google belum memutuskan kepanjangan dari nama “L”, menunggu versi baru Android ini siap.

android l

Material Design

material design

Google menawarkan antar muka baru di “L”, yakni Material Design. Nantinya tampilan aplikasi Google akan serupa di semua hardware seperti versi mobile dan desktop. Material Design membuat tampilan Android lebih flat dan sederhana dengan dominasi warna tertentu yang menjadi ciri dari aplikasi yang sedang dibuka. Tombol navigasi juga berubah. Tombol Back sekarang ditandai dengan ikon segitiga, Home dengan ikon lingkaran serta jendela multitasking dengan ikon kotak membulat.

material design 2

material design 3

ART

Runtime pada Android “L” adalah ART yang telah diperkenalkan pada KitKat. ART membuat kinerja aplikasi lebih cepat dan kompatibel dengan ARM, x86 serta arsitektur MIPS. ART juga mendukung 64-bit serta kinerja memory yang lebih baik.

Project Volta

Google juga mengumumkan Project Volta, yakni upaya agar baterai Android dapat lebih hemat. Sebagai contoh pada Nexus 5, Project Volta dapat membantu memperpanjang kinerja baterai hingga 90 menit.

Keamanan

Android “L” memisahkan data personal dan data pekerjaan. Mirip dengan fitur Samsung Knox. Tak mengherankan karena Samsung turut terlibat berkontribusi pada pengembangan aplikasi ini. Fitur ini akan disediakan untuk semua Android versi 4.0 ke atas.

Kesehatan

Android “L” menghadirkan Google Fit yang mana menyatukan pengalaman menggunakan fitnes tracker (pelacak kebugaran) ke dalam satu aplikasi. Google Fit terhubung dengan sensor-sensor di perangkat (smartphone, smartwatch dan wearable lainnya) guna mendapatkan informasi kesehatan. Turut serta mendukung Google Fit adalah Nike FuelbandAdidas, Motorola, LG, Bais, Polar, RunKeeper, HTC serta Intel.

Google Fit dapat melacak jumlah langkah dan aneka metrik kesehatan lainnya.

Musim Gugur

Android “L” direncanakan untuk dirilis untuk publik pada musim gugur ini. Adapun Factory Image Android “L” untuk pengembang dijanjikan tersedia mulai hari ini.

via Android Developer

Share
R10

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Handphone dan Teknologi
Hptekno. All rights reserved.
Pondok Tirta Mandala
blok S3 no 11
Depok
info@hptekno.com
Phone 0856 9430 2642