"Perubahan yang berarti untuk diri sendiri"
wiliarko

Cara Melacak IP Address Menggunakan Android

who-is

Melacak IP Address

Pada artikel kali ini akan membahas tentang cara melacak detail lokasi IP Address dari semua aplikasi chat, seperti facebook, gtalk, irc, ym, dan lain sebagainya.

Berikut salah satu dari sekian banyak trik untuk melacak lokasi IP Address menggunakan Android.

1. Pertama anda harus mengetahui ip address target

Tentukan target user yang ingin anda cari tahu keberadaan ip address user tersebut. Sebagai contoh, misalnya anda ingin tahu keberadaan ip address teman anda melalui akun facebooknya, maka lakukan chatting dengan teman anda dan pastikan fitur chat facebook teman anda tersebut dalam keadaan ON. Usahakan anda mengirim file seperti gambar, dokumen, dan sebagainya.

Sebagai catatan; untuk mempermudah mendapatkan ip address secara tepat sasaran, lakukan chatting hanya dengan satu teman (orang tersebut saja), dan pastikan semua tab di browser yang anda gunakan untuk chatting dalam keadaan tertutup (tab untuk chatting dengan teman anda saja yang aktif), juga bila perlu bersihkan cache dan history browser yang sedang anda gunakan (ctr+shift+del).

2. Download dan install Terminal Emulator

Terminal Emulator dapat anda dapatkan secara gratis di Google Play. Fungsinya adalah sama dengan command promt di Windows atau Terminal di Ubuntu Desktop, yaitu menjalankan perintah-perintah atau mengesekusi file dengan cara menuliskan perintahnya diikuti dengan menekan tombol enter.

3. Buka Terminal Emulator

Buka dan tulis perintah “netstat -an” (tanpa tanda petik) pada terminal emulator lalu tekan enter lalu tekan enter pada keyboard. Dengan melakukan langkah tersebut maka alamat IP Address lawan chatting facebook anda (yang telah anda kirimi file tadi) akan muncul beserta port yang digunakan untuk pengiriman file.

4. Buka browser dan akses adress http://www.ip-adress.com/ip_tracer/

Buka, akses dan kemudian ketikan IP Address yang sudah didapat tadi pada kolom “lookup this ip or website”. Maka Anda akan mengetahui detail IP Address teman anda berupa Maps.

Demikian sedikit trik untuk melacak IP address perangkat seseorang menggunakan Android. Trik ini bisa bermanfaat untuk hanaya sekedar pengetahuan, terlebih jika ada orang iseng yang suka mengganggu Anda maka catat detail ISP dan hubungi dia agar pengguna IP Address tersebut tidak mengganggu anda lagi.

(irt/hpt/ref xda)
Share
irtoh

2 comments on “Cara Melacak IP Address Menggunakan Android

  1. bobby sandra says:

    kalau melacak IP address menggunakan IOS ada gak caranya?

  2. blenoxk says:

    Kalo ganti kartu apakah ip nya masih sama

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Handphone dan Teknologi
Hptekno. All rights reserved.
Pondok Tirta Mandala
blok S3 no 11
Depok
info@hptekno.com
Phone 0856 9430 2642