"Hindari berhp ria saat sedang tiduran, karena busa merusak penglihatan"
irtoh

Cara Menggunakan HDR Di Android

HDRMenggunakan HDR di perangkat Android sangat mudah. Yang perlu anda lakukan hanya mengaktifkan mode HDR lalu memotret objek yang anda inginkan.

Mungkin, bila ingin, anda dapat menggunakan tripod sebagai alat bantu. Atau setidaknya tangan yang stabil. Ini karena mode HDR tidak menghasilkan gambar yang bagus bila kamera anda “bergoyang”.┬áBila menggunakan perangkat Android dari Samsung, anda akan memperhatikan bila kamera akan menghasilkan dua foto. Satu foto dengan kualitas HDR, satu foto dengan kualitas exposure normal. Untuk membedakannya, foto HDR memiliki nama HDR pada jenis filenya.

Sebelum kita bahas lebih jauh, pastikan terlebih dahulu perangkat Android anda memiliki fitur HDR. Cek pada menu setting kamera. Umumnya smartphone Android menamakan mode HDR dengan “HDR”, namun untuk Galaxy Camera HDR dinamakan “Rich Tone” yang dapat ditemukan di menu Smart Mode.

Bila perangkat anda tak memiliki mode HDR, instal aplikasi HDR dari Google Play Store.

Kapan Menggunakan HDR

HDR merupakan fitur keren dari kamera Android. Namun kapan saat yang tepat untuk menggunakannya. Berikut ini sejumlah situasi yang mana mode HDR dapat dimanfaatkan.

Foto Landscape

HDR 1Mengaktifkan mode HDR pada foto landscape biasanya menguntungkan. Terutama bila langit terlalu terang dan subjek foto memiliki latar yang gelap. Dalam situasi itu, HDR akan membantu mendapatkan detil baik dari latar belakang maupun latar depan.

Foto Potrait

HDR 2Foto potrait dibawah sinar matahari atau latar belakang terang. Mengambil foto potrait dengan latar belakang terang membuat subjek underexposed (gelap). Untuk memperbaiki hal ini, aktifkan HDR. Sehingga “warna” latar belakang dan latar depan seimbang.

Memotret Suasana Temaram

HDR 3

Aktifkan HDR saat memotret suasana temaram. Misalnya saat memotret foto lilin yang menyala atau lampu di kegelapan.

Mengatasi Suasana Cahaya Rendah

HDR 4

HDR dapat mencerahkan foto yang diambil dalam kondisi kurang cahaya.

Kapan Tidak Menggunakan HDR

HDR mungkin akan optimal di sejumlah situasi. Namun ada juga saat dimana penggunaan HDR tak disarankan. Berikut sejumlah contohnya:

Memotret Object Bergerak

Rahasia mengapa HDR dapat menghasilkan foto yang bagus adalah karena HDR mengambil tiga atau lebih foto secara berurutan dan mengkombinasikannya ke dalam satu komposit foto. Karena itu pastikan subjek tak bergerak atau minimalkan pergerakan saat mengambil foto.

Memotret Warna Realitis

Bila tujuan anda adalah mengambil warna yang realitis maka matikan HDR. Sebab HDR akan meningkatkan detil warna, mengubah warna asli dalam prosesnya. Jadi bila tujuan anda adalah memotret warna asli langit biru atau bunga mawar merah, jangan aktifkan HDR.

Saat Flash Diperlukan

Sejumlah perangkat Android mematikan fitur flash ketika HDR aktif. Sementara sejumlah perangkat Android lainnya justru mengijinkan pemakaian Flash dan HDR secara bersamaan.

via Android Authority

R10

2 comments on “Cara Menggunakan HDR Di Android

  1. yhudie says:

    FituR HDR memang luar biasa ,, apalagi skrg dah hadir dismartphone2 jd gk usah repot2 bawa kamera DSLR

  2. yamin says:

    makasih banyak infonya, sangat berguna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Handphone dan Teknologi
Hptekno. All rights reserved.
Pondok Tirta Mandala
blok S3 no 11
Depok
info@hptekno.com
Phone 0856 9430 2642