"Hapus file2 tidak penting yg ada di file managarmu"
irtoh

Kolaborasi antara Cloud dan SD-WAN Menghadirkan Keuntungan Bagi Bisnis

Banyak bermunculan layanan berbasis digital yang dapat digunakan untuk mempermudah kegiatan manusia, salah satunya cloud computing. Cloud adalah sebuah layanan yang memungkinkan pengguna untuk menyimpan (storage), mengakses data, dan perangkat lunak (software) melalui jaringan internet. Cloud computing digunakan untuk meningkatkan produktivitas dan storage berkapasitas besar tanpa diperlukannya lagi layanan hardware (perangkat keras) untuk menyimpan seluruh data bisnis Anda. Cloud sendiri merupakan metode baru dalam menyimpan data dalam jumlah yang besar secara virtual. Cloud biasanya digunakan untuk menyimpan jaringan, server, dan database secara aman dan dengan biaya yang lebih rendah.

Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, membuat kebutuhan akses jaringan data bisnis memerlukan infrastruktur jaringan yang lebih modern. Software Defined-WAN (SD-WAN) dapat menjadi solusi untuk mengoptimalkan jaringan bisnis Anda. SD-WAN adalah standar baru untuk memastikan kualitas layanan konsisten yang terintegrasi pada WAN atau wide area network. SD-WAN memiliki kelebihan yaitu memiliki keamanan jaringan yang terpercaya serta mampu mengelola jaringan menjadi lebih efisien. Fungsi utama dari teknologi SD-WAN adalah untuk menghubungkan data yang tersebar di berbagai tempat sehingga memudahkan bisnis dalam mengelola dan mengontrol pusat data jarak jauh dengan instan cloud.

Banyak bisnis yang telah menggunakan cloud karena saat bisnis semakin berkembang, jumlah data yang diproduksi juga akan semakin banyak. Dalam mengelola bisnis dibutuhkan kemudahan untuk mengakses data maupun file dalam jumlah yang banyak agar bisa dimanfaatkan untuk keuntungan bisnis. Selain itu, bisnis juga memerlukan SD-WAN untuk memperkuat koneksi jaringan. Dengan terhubungnya jaringan SD-WAN dengan cloud, menghadirkan keuntungan bagi bisnis Anda. Simak keuntungannya berikut ini:

  1. Efesiensi Biaya Operasional Bisnis

Jaringan WAN yang sudah terintegrasi dengan software defined dapat bekerja secara mandiri. Teknologi ini dilengkapi dengan sistem deteksi kerusakan otomatis yang membuat jaringan akan melakukan recovery mandiri jika ada bagian yang mengalami kerusakan. Oleh karena itu, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya maintenance dengan banyak. Anda juga tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membeli hardware (perangkat keras), cloud compluting dapat menjadi storage seluruh data bisnis Anda.

  1. Keamanan Data

SD-WAN menggunakan sistem yang dapat mengenkripsi data yang dimiliki oleh bisnis Anda sehingga data tidak bisa dilihat oleh sembarang pihak. Jadi dapat dipastikan data jaringan konektivitas bisnis yang menggunakan SD-WAN terjaga keamanannya. Dilengkapi juga dengan sistem keamanan tinggi berupa enskrip data, cloud computing dapat memastikan keamanan data yang terjaga bagi bisnis Anda.

  1. Performa Meningkat
    SD-WAN dapat bekerja secara mandiri sehingga tidak perlu dikelola oleh pihak tertentu. Dengan menggunakan SD-WAN proses pengelolaan jaringan lebih efektif dan efisien. Perbedaan SD-WAN dengan WAN biasa ada pada intensitas
    failover yang berlangsung. Dengan SD-WAN proses failover hanya memakan waktu kurang dari satu menit sehingga performansi jaringan akan meningkat. Adanya cloud computing dapat menjadi storage data dan memudahkan dalam pemulihan data ketika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Saatnya gunakan kolaborasi antara cloud dan SD-WAN untuk menghadirkan banyak keuntungan bagi bisnis Anda. Telkom Indonesia sebagai salah satu perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia memiliki layanan SD-WAN yang terbukti dapat menjadi solusi efisiensi jaringan untuk bisnis Anda. SD-WAN Telkom menyediakan berbagai keuntungan yang dapat mendukung pertumbuhan bisnis Anda.

wiliarko

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

View this post on Instagram

A post shared by AIU Balon (@aiubalon)

Berita Handphone dan Teknologi
Hptekno. All rights reserved.
Pondok Tirta Mandala
blok S3 no 11
Depok
wiliarko_156@yahoo.co.id
Phone 0856 9430 2642