"Simpan hp di tempat aman "
irtoh

Update Paket Biaya Kursus Mobil Februari 2023, Cek Harganya

Mengendarai mobil sendiri memang ada kelebihannya, seperti fleksibilitas serta lebih cepat sampai ke lokasi tujuan. Tetapi tidak semua orang bisa menyetir mobil, karena itu hadirlah tempat-tempat kursus mengemudi di berbagai kota di Indonesia.

Peserta kursus akan dibimbing oleh instruktur yang berpengalaman sampai mahir mengemudi. Kursus dapat dijadikan pilihan, khususnya bila tidak ada keluarga atau teman yang bisa mengajarkan menyetir. Penasaran berapa biaya kursus mengemudi secara umum? Yuk baca artikel ini!



Mengapa Kursus Mengemudi?

Tidak semua orang bisa belajar secara otodidak, pasalnya belajar mengemudi membutuhkan keberanian dan tekad yang kuat. Kedua hal itu bisa dibangun dengan mengikuti kursus. Instruktur yang menemani akan memotivasi peserta dalam menumbuhkan kemampuan menyetir dengan percaya diri.

Mobil yang digunakan untuk kursus pun tidak seperti mobil biasa. Instruktur akan duduk di kursi penumpang di samping peserta. Di kursi tersebut terdapat rem dan kopling tambahan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Kursus mengemudi bisa jadi pilihan ketika tidak ada orang terdekat yang mau membimbing menyetir. Tidak hanya itu, biasanya tempat kursus telah bekerja sama dengan lembaga penerbit SIM. Jadi ketika peserta dinyatakan lulus, maka peserta bisa langsung mendapatkan SIM A resmi.



Persiapan Kursus Mengemudi

Sebelum memilih tempat kursus mengemudi, terdapat sejumlah persiapan yang perlu diperhatikan, di antaranya yaitu:

  • Ketahui paket dan biaya kursus mobil yang ditawarkan penyelenggara beserta manfaatnya. Pilih paket sesuai kebutuhan, contoh pilih paket dengan SIM A jika tidak mau mengurus pembuatan SIM lagi.

  • Pilih tempat kursus yang kredibel dan berpengalaman.

  • Rencanakan jadwal kursus dengan penyelenggara kursus. Dengan begitu, jadwalnya lebih fleksibel dan bisa dipilih pada waktu senggang.



Persyaratan Kursus Mobil

Setiap tempat kursus mempunyai kebijakan yang berbeda terkait berkas-berkas pendaftaran. Umumnya, berikut adalah berkas-berkas yang dibutuhkan:

  • Fotokopi KTP (Kartu Tanda Penduduk)

  • Formulir pendaftaran yang ditandatangani peserta

  • Melakukan pembayaran biaya registrasi

  • Melakukan pembayaran biaya kursus (beberapa tempat kursus memperbolehkan pembayaran secara cicil)

Selebihnya, peserta akan diminta untuk mengikuti peraturan yang telah ditetapkan oleh penyelenggara kursus mengemudi.



Biaya Kursus Mobil

Biaya yang dibayarkan oleh peserta biasanya mencakup beberapa kali pertemuan. Kisarannya bisa mulai dari Rp500.000 per 5 kali pertemuan, harga tersebut berlaku untuk paket kursus yang paling dasar atau tanpa pembuatan SIM A.

Ada juga paket kursus yang harganya mencapai Rp1.500.000 per 16 kali pertemuan. Itulah kisaran harganya, namun bisa dipastikan lagi kepada penyelenggara kursus terkait tentang biaya yang dipatok.

Terkadang penyelenggara kursus menyediakan diskon-diskon menarik yang membuat biaya kursus semakin murah. Perlu diketahui, biaya tersebut belum mencakup biaya pendaftaran dan tips wajib instruktur per jam.



Banyak penyelenggara kursus yang tersebar di kota-kota Indonesia, sehingga memudahkan siapa saja untuk mendaftar. Pastikan memilih tempat kursus mengemudi yang berkualitas, kredibel dan mendapat ulasan positif dari klien sebelumnya supaya tidak rugi telah membayar mahal.



wiliarko

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

View this post on Instagram

A post shared by AIU Balon (@aiubalon)

Berita Handphone dan Teknologi
Hptekno. All rights reserved.
Pondok Tirta Mandala
blok S3 no 11
Depok
wiliarko_156@yahoo.co.id
Phone 0856 9430 2642