"Matikan paket data saat badai melanda"
irtoh

Clean Master Aplikasi Untuk Bersih-Bersih Android

Clean MasterClean Master merupakan salah satu aplikasi terbaik di Android. Aplikasi lima bintang dan gratis ini akan membantu anda untuk membersihkan cache, uninstall aplikasi, task killer dan menghapus files, bookmark dan sms. Bagi anda yang Androidnya telah di root, Clean Master dapat memindahkan file apk ke SD card. Clean Master akan mengingatkan anda akan CCleaner di Windows. Cara penggunaaan yang mudah, hanya sedikit klik, performa andro anda akan kembali seperti baru.

Menggunakan interface Holo UI, membuat Clean Master terlihat sederhana dan bersih. Yang penulis suka dari aplikasi ini, layar utama langsung menunjukan berapa jumlah penggunaan memory telepon dan memory SD card yang terpakai dan yang belum digunakan. Ada 4 pilihan History/Riwayat, Privacy/Privasi, Task/Tugas-tugas, dan App Manager/Pengelola App.

History

History/Riwayat memiliki 2 bagian, yakni Cache dan File Residu.

Clean Master History

Cache adalah file temporer yang berasal dari semua aplikasi. Seiring dengan berjalannya waktu jumlah file temporer akan bertambah, mengambil banyak ruang memory dari ponsel anda. Untuk membersihkannya, tap “History” dan anda akan mendapatkan daftar dari semua aplikasi yang anda miliki berikut jumlah cache-nya. Sebagian besar akan dikategorikan sebagai System Cache. Anda dapat memilih membersihkan System Cache, atau anda dapat memilih sendiri cache dari aplikasi mana yang harus dibersihkan. Penulis sendiri memiliki System Cache sekitar 32,5 MB dalam sehari. Bila tidak dibersihkan, jumlah cache akan bertambah setiap harinya… tanpa sadar jumlah cache akan mncapai 800 MB dan terus bertambah. Karena itu bersihkan cache setiap 3 hari atau 1 minggu.

File Residu, adalah file residu (sisa) dari file musik, video, dokumen, dan lain-lain. Secara default anda akan direkomendasikan untuk membersihkan “folder kosong”. Tetapi anda juga dapat memilih sendiri file/folder yang ingin anda hapus dan bersihkan.

Privacy

Clean Master Privacy

Selanjutnya adalah Privacy. Melalui Privacy anda dapat menghapus SMS/MMS, aktivitas telepon (Call Log) dan sejarah pencarian (Search History). Untuk SMS/MMS dan Call Log anda diberi pilihan untuk menghapus seluruh sejarah percakapan (history) atau satu per satu berdasarkan kontak atau percakapan yang dipilih.

Dimasa depan penulis berharap Clean Master memiliki kemampuan untuk menghapus percakapan berdasarkan seberapa lama percakapan itu ada, misalnya percakapan berusia 100 hari otomatis dapat dihapus bila pengguna mengijinkan.

Search History adalah data privasi dari aplikasi yang dapat ingin anda hapus (seperti data sandi password, penanda, riwayat). Misalnya anda ingin menghapus riwayat Firefox (sandi, bookmark, riwayat). Anda dapat menghapusnya melalui fitur Privacy.

Data privasi dari aplikasi seperti Facebook, Twitter, Opera, Google+, YouTube juga bisa anda hapus. Sayangnya privasi browser Chrome tak dapat anda hapus. Untuk menghapus riwayat Chrome, anda harus melakukannya langsung di browser Chrome. Masalah Chrome bukan hal yang penting untuk saat ini, karena mungkin saja dimasa depan akan ada pembaharuan.

Task

Clean Master Task

Task adalah Task Killer. Biasanya digunakan untuk mematikan secara paksa aplikasi yang tak aktif namun tetap menggunakan RAM ponsel anda (karena tetap berjalan secara background). Para pengguna Android berbeda pandangan tentang penggunaan Task Killer.

Ada yang mengatakan mematikan paksa aplikasi yang tak aktif adalah hal bagus karena menghemat penggunaan memory RAM.

Ada juga pihak yang kontra dengan mengatakan penggunaan memory RAM dari aplikasi yang tak aktif justru bagus di Android. Karena aplikasi ini akan lebih cepat dibuka kembali ketika anda mau menggunakannya lagi. Dengan kata lain sepanjang tidak menggunakan CPU maka aplikasi yang tak aktif namun tetap memakai memory RAM, maka itu bukan masalah.

Kesimpulannya, Task Killer bukan aplikasi terpenting dari Clean Master. Karena faktanya Android memiliki manajemen RAM yang bagus untuk menangani aplikasi tak aktif.

App Manager

Clean Master App Manager

Terakhir adalah App Manager, yang membantu anda untuk menghapus aplikasi berikut apk cadangan (file apk). Android sudah memiliki fitur yang baik untuk uninstall aplikasi. Namun Clean Master memberikannya semakin mudah untuk melakukannya. Terdapat daftar aplikasi dalam satu kolom, anda tinggal memilih aplikasi mana yang hendak dihapus. Dalam daftar ini juga terdapat apk dari aplikasi yang tidak anda instal dari Google Play Store.

Anda juga dapat mencadangkan file apk, namun perlu diketahui Clean Master tidak akan mencadangkan data aplikasi walau ponsel telah di root.

Fitur utama:

1. History Eraser – membersihkan cache dan sisa file
2. Privacy Protection – membersihkan SMS & MMS, call logs, Google search history, membersihkan clipboard data, dan melindungi privasi dari aplikasi seperti wechat, whatsapp, dll.
3. Kill running tasks/release RAM/1Tap Boost – mematikan paksa penggunaan memory RAM dari aplikasi
4. Application manager – uninstal dan backup aplikasi

via Talk Android

Share
R10

12 comments on “Clean Master Aplikasi Untuk Bersih-Bersih Android

  1. tyock says:

    thanks,good info.

    video file saya terhapus saat clean junk file,video tersebut ada di SD card,bagaimana cara mengembalikannya.

  2. Adi says:

    Terima kasih, infonya bermanfaat sekali…
    Kalau data foto terhapus saat menjalankan program ini, apa bisa data di recovery lagi? Terima kasih sebelumnya

  3. Jadi ngerti makasih gan

  4. tjiu licing says:

    Kalau data foto terhapus saat menjalankan program ini, apa bisa data di recovery lagi? Terima kasih sebelumnya

  5. alfiah says:

    Aduhh ini gmn yah abis bersihin koq mlahh ftoku smuax khapus???bntu dong biar blik lg

  6. Ajeng says:

    kalo yang privacy itu bisa diset notifikasi pembersihan otomatis juga ga ya kyk info boost ram?

  7. novi says:

    aduh….fotonya kehapus semua nih…tlng bantuannya dong..pentig bgt soalnya…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Handphone dan Teknologi
Hptekno. All rights reserved.
Pondok Tirta Mandala
blok S3 no 11
Depok
info@hptekno.com
Phone 0856 9430 2642