"Sesekali clear memory agar kembali fresh"
irtoh

Tiga Cara Mudah Rawat Motor Matic Injeksi di Rumah

Halo sahabat otomotif… Ngobrol ringan yuk. Di kesempatan kali ini aku akan kasih sedikit tips untuk kamu pemilik motor matic injeksi tapi super sibuk.

Kesibukan memang kadang bikin lupa untuk ngerawat motor, padahal motor adalah kendaraan pribadi yang sering mendampingi kita melakukan banyak aktifitas. Kalau sampai kebablasan bisa bahaya nih, lagi buru-buru ke suatu tempat eh motor malah mogok di jalan, ga seru dong.

Nah, biar hal kayak begitu ga terjadi yuk lakukan hal sederhana ini di rumah sebagai langkah awal merawat motor matic injeksi kesayangan kamu.

Tiga Cara Mudah Rawat Motor Matic Injeksi di Rumah

Buat kamu pengguna motor matic injeksi cukup lakukan hal-hal mudah di bawah ini ya supaya kondisi motor tetap prima, mudah namun penting loh. Apa saja?

1. Memanaskan Mesin Motor

Walaupun sedang terburu-buru, yuk luangkan 5 – 10 menit waktu kita untuk memanaskan motor. Hal ini sangat penting karena dengan memanaskan mesin motor akan membuat sirkulasi oli tetap terjaga selain itu mesin pun akan terlindungi jika terlumasi.

2. Rutin Mencuci Motor

Siapa nih yang masih males buat nyuci motor matic injeksi kesayangan? Waaahh sepertinya kamu harus tahu nih kalau rutin mencuci motor sangat direkomendasikan loh.

Mencuci motor secara berkala dapat menghindarkan rangka atau sasis sepeda motor menjadi berkarat. Jika motor jarang dicuci maka akan terlihat kusam bahkan bisa mengakibatkan retakan di beberapa sisi. Untuk hasil terbaik gunakan sabun cuci khusu motor ya sahabat.

3. Rajin Cek Kondisi Aki

Motor matic injeksi sangat bergantung pada kelistrikan, maka dari itu mengecek kondisi aki motor menjadi sebuah kewajiban.

Umumnya, tegangan aki yang normal pada motor adalah di atas 12,3 volt saat kondisi mesin mati. Jika kurang dari itu menandakan ada masalah nih pada aki motor.

Saat kondisi menyala, tegangan aki normal adalah 13,7 sampai 14,2 volt.

Itulah tiga langkah mudah merawat motor matic injeksi kamu dari rumah, sederhana bukan? 

Eitsss, tapi tetep saja ya… Sahabat otomotif harus rutin melakukan perawatan dan servis berkala di bengkel andalan. Pemilihan tempat untuk melakukan servis juga tidak boleh sembarangan loh karena akan sangat berpengaruh pada hasilnya nanti. 

Planet Ban, Bengkel Andalan untuk Perawatan Motor Anda

Saat melakukan perawatan di bengkel, mekanik pasti akan mengecek kondisi oli mesin sebab Oli mesin berfungsi sebagai pelumas, pendingin dan pelindung mesin.

Biasanya pabrikan akan merekomendasikan untuk mengganti oli mesin jika jarak tempuh sudah mencapai 2500 km, namun beberapa tahun terakhir sudah ada pabrikan/retailer otomotif yang sudah berani memberikan rekomendasi penggantian sampai 5000 km atau 2x lebih lama dari oli biasa.

Ini dikarenakan oli yang mereka pasarkan sudah menggunakan teknologi Ester yang merupakan base oil tertinggi di kelas oli.

Selain melakukan pengecekan oli, di Planet Ban kamu juga bisa melakukan servis motor tune up atau servis rutin yang meliputi pemeriksaan semua komponen, terutama yang berkaitan dengan performa motor.

Terkadang saat melakukan servis rutin ini disertai dengan ganti oli mesin, oli gardan, atau penggantian spare part. Jika dirasa harus ganti maka mekanik akan meminta persetujuan darimu dahulu.

Hayoo, ingat-ingat kapan nih terakhir ganti oli motor matic kamu?

Oiya, Planet Ban aku sebut bengkel andalan bukan tanpa alasan loh. Jadi ketika kamu memutuskan untuk melakukan perawatan dan servis rutin maka mekanik dari Planet Ban akan membersihkan seluruh bagian atau part mesin seperti kepala silinder, blok CVT, klep mesin, piston, throttle body dari sisa-sisa pembakaran, debu dan kotoran sehingga terlihat seperti mesin baru.

Hasil yang kamu dapat rasakan tentu saja tarikan jadi lebih enteng, emisi turun lebih dari 70%, lebih hemat BBM dan mesin jadi bersih total.

Hal ini menjadi pembeda dengan servis di tempat lain dimana masih sering ditemukan kotoran dan debu di blok CVT yang membuat motor jadi terasa lebih berat.

Terus, harganya?

Tenang sahabat… Kamu bisa dapatkan servis lengkap ini dengan harga terjangkau kok. Untuk servis motor injeksi cuma Rp20.000,- servis CVT sekaligus rantainya Rp19.500,- bahkan servis throttle body cuma Rp20.000,-

Waaaah, harga segitu untuk motor kesayangan yang akan selalu baru, masak ga mau?

Yuk, sayangi motor kita agar aman dan nyaman selama berkendara. 

ani

5 comments on “Tiga Cara Mudah Rawat Motor Matic Injeksi di Rumah

  1. gilang says:

    emang bener sih, ganti oli tuh emang kudu dicatet soalnya banyak lupanya, hhaaa

  2. faiha says:

    wkwkwkw, apalah aku yang mals nyuci motor padahal ternyata pengaruh juga ya biar motor awet.

  3. gara says:

    buat yang sibuk tapi pengen motor tetap awet mah emang paling bener serahin ke planet ban aja. terima beres, hhee

  4. nenden says:

    wahhh, mau nyobain oli mesin yang lebih lama dong, biar ga sering gonta-ganti oli mesin soalnya keseringan lupa. cuss ke planet ban ahh.

  5. janet says:

    bener nih, motor tuh tiap hari kita pake tapi klo perawatannya suka nanti-nanti, duh. makasih remindernya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

View this post on Instagram

A post shared by AIU Balon (@aiubalon)

Berita Handphone dan Teknologi
Hptekno. All rights reserved.
Pondok Tirta Mandala
blok S3 no 11
Depok
wiliarko_156@yahoo.co.id
Phone 0856 9430 2642