"Bungkus hp dengan pelastik saat sedang menerjang hujan"
irtoh

Berpikir Mini Untuk Memahami Cara Kerja Galaxy Mini (Memory Internal Penuh Di Android)

Android Memory PenuhSamsung Galaxy Mini adalah salah satu Android yang banyak digunakan. Galmin bisa dibilang salah satu penanda awal era kesuksesan Android dan Samsung. Sayangnya memory Samsung Galaxy Mini sudah tak sesuai dengan perkembangan jaman.  Bila anda sudah lama memakai Galmin, saat menerima SMS, telepon atau saat install aplikasi, anda akan menemukan peringatan notifikasi: “Internal Phone Storage is Getting Low” atau “Text message memory full (incoming message rejected due to full memory. Please delete old messages…)” atau notifikasi semacam itu.

Notifikasi tersebut menandakan aplikasi memory telepon anda penuh. Internal memory Galaxy Mini tergolong kecil untuk saat ini. Hanya sekitar 180 MB. Dan ketahuilah, ketika anda menerima telepon atau SMS/MMS maka “riwayat” percakapan akan memenuhi memory internal telepon. Karena itu anda HARUS rajin menghapus riwayat percakapan tersebut. Agar memory telepon tak penuh.

Gunakan Clean Master Untuk Menghapus Riwayat

Untuk membersihkan riwayat percakapan telepon/SMS/MMS gunakan Clean Master. Clean Master dapat menghapus riwayat data penggunaan aplikasi anda di Galmin, mulai dari aktivitas telepon, SMS/MMS hingga menghapus riwayat aplikasi semacam Facebook, Firefox, Opera Mini, YouTube, dll.

Caranya:

1. Buka Clean Master dan pilih Privasi (Privacy) lalu bersihkan riwayat. Secara default Clean Master akan memberikan tanda v Hijau untuk dibersihkan.

Clean Master Galmin

2. Atau anda dapat membersihkan riwayat sesuai aplikasi dengan yang anda pilih, misalnya SMS/MMS. Pilih percakapan yang anda inginkan untuk dihapus. Lalu klik “Bersihkan”.

Clean Master Galmin 2

Clean Master ini aplikasi bersih-bersih Android yang powerfull dan direkomendasikan oleh hptekno. Anda juga dapat menghapus file, aplikasi maupun cache melalui Clean Master, hanya dalam beberapa langkah saja (tak perlu pilih hapus file/aplikasi/cache satu persatu).

Gunakan Aplikasi App2SD Atau Link2SD

Memory internal Galmin kecil, karena itu ada baiknya anda menggunakan aplikasi seperti App2SD atau Link2SD. Dari yang penulis baca, Link2SD lebih direkomendasikan, namun Galmin anda harus diroot terlebih dahulu.

Setelah anda berhasil menginstall Link2SD, selanjutnya secara default aplikasi yang anda download dari Play Store akan diarahkan ke SD Card anda.

Masalah dari aplikasi seperti Link2SD adalah aplikasi ini bergantung pada besarnya media penyimpanan yang anda gunakan (memory di SD card).

Jangan Menyimpan Data File Tak Perlu

Ini mungkin hal sulit, tapi setelah melihat kenyataan bahwa memory internal Galaxy Mini terbatas dan juga memory SD card yang terbatas. Menurut penulis:

Solusi pertama adalah dengan menggunakan memory SD card yang lebih besar. Anda bisa membeli SD card ukuran yang lebih besar, misalnya 16GB.

Solusi pertama menurut penulis bukan solusi utama. Justru penulis lebih menyukai bila anda rajin untuk memindahkan file seperti foto dan dokumen ke PC, laptop atau hard disk eksternal alternatif lain adalah menyimpan file di awan. Seperti menyimpan foto di social media (Facebook, G+, Twitter, Flickr, dll). Penulis berasumsi bila file-file tersebut tak dibutuhkan lagi, baiknya tak perlu disimpan di ponsel anda.

Kesimpulan

Ketiga saran diatas semoga dapat membantu anda “memahami” mengapa Galaxy Mini anda bisa terkena “memory full”. Sehingga anda dapat memilih untuk menggunakan SD card yang lebih besar, membeli baru smartphone yang memiliki kapasitas memory lebih besar. Atau…… anda beradaptasi dengan keterbatasan yang dimiliki Galaxy Mini :mrgreen:

Share
R10

One comment on “Berpikir Mini Untuk Memahami Cara Kerja Galaxy Mini (Memory Internal Penuh Di Android)

  1. Fonda says:

    oh ternyata privacy itu bisa buat ngapus percakapan juga toh? saya baru tau… nanti dicoba ah. makasih!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Handphone dan Teknologi
Hptekno. All rights reserved.
Pondok Tirta Mandala
blok S3 no 11
Depok
info@hptekno.com
Phone 0856 9430 2642