"Semangat Kebaikan 2014"
wiliarko

Langkah-langkah memiliki website sendiri

Koneksi internet di tahun ini semakin meningkat, mulai dari perpanjangan kabel fiber, perluasan coverage hingga penambahan jaringan diseluruh dunia. hal ini menimbulkan berbagai kemudahan kita dalam mengakses apapun didunia ini dalam bentuk website atau aplikasi. nah menariknya hal ini bisa kita manfaatkan untuk memperkenalkan diri kita kedunia dan cara yang paling mudah salah satunya lewat website pribadi. berikut langkah-langkah untuk membuat website pribadi.

1. Tentukan Tujuan

banyak jenis web di dunia peronlinan, misal web berita harian yang tadinya biasa baca berita dari koran sekarang bisa baca berita hanya dari handphone secara gratis seperti https://kumparan.com/, website sosial media tempat kita bisa bersosialisasi layaknya di dunia nyata yang diimplementasikan ke dunia maya seperti http://facebook.com bahkan bisa buat website jual beli atau marketplace seperti http://simplyumroh.id yang menawarkan jasa Umroh maupun Haji dari berbagai mitra travel yang terdaftar resmi di departemen agama. sekarang kita tentukan ingin membuat website seperti apa mungkin berikut beberapa rujukan tujuan dibentuknya website :

  • Perkenalan Profile dari sebuah lembaga atau individu
  • Promosi barang atau jasa
  • Tempat komunikasi satu kelompok atau golongan atau yang sepemahaman
  • Media Pembelajaran atau berbagi ilmu

2. Pilih Domain dan Hosting 

Domain adalah alamat website kita agar bisa diakses oleh netizen, seperti kita memiliki alamat rumah sedangkan hosting adalah tempat dimana kita meletakkan website kita seperti rumah tempat kita tingal. salah satu tempat untuk membeli domain dan hosting ada di Hostinger , disitu terdapat beberapa paket yang bisa kita pilih, seperti memilih rumah mau tipe 21, tipe 36 atau tipe 42 bahkan 72, tipe yang tersedia antara lain sebagai berikut :

Paket Web Hosting Hostinger

untuk pemula kita bisa pilih paket paling murah, selain untuk menghemat biaya, kita bisa belajar  fitur apa saja yang akan digunakan dalam website kita nantinya agar tidak mubazir.

setelah kita memiliki rumah dan alamat rumah pastinya perlu satpam untuk menjaga rumah kita dari pencuri, begitu juga website  perlu dijaga dari orang orang yang bertindak tidak baik dengan web kita, salah satu caranya dengan menambahkan fitur SSL sehingga alamat website atau domain kita nantinya akan berubah dari http://namadomain.com menjadi https://namadomain.com. Hostinger juga menyediakan jasa SSL dengan range harga seperti gambar dibawah ini

Paket SSL Hostinger

3. Instalasi dan modifikasi

setelah kita memiliki domain, hosting dan dilengkapi dengan ssl sekarang mari kita hias dan isi website kita. untuk mempermudah bisa pilih mengunakan cms yang sudah disediakan seperti wordpress, joomla, drupal atau cms apapun yang menurut anda mudah atau jika anda ingin sekalian belajar coding anda bisa mengunakan php untuk memulai membuatnya, dan jika tertarik belajar dari awal bisa belajar di sololearn.

untuk awalan sebaiknya kita instal mengunakan cms wordpress karena tingal instalasi melalui softacolus dan instal template yang dikehendaki. banyak beragam pilihan template baik gratis maupun berbayar disana tingal disesuaikan mana yang kita suka.

jika masih kesulitan dalam tahap instalasi ini banyak jasa yang bisa digunakan untuk membantu instalasi seperti tukang bangunan dalam dunia maya salah satunya bisa cek website project.co.id.

 

setelah semua itu kita lakukan dan sudah jadi websitet kita seperti rumah istana maka hal akhir yang wajib kita lakukan adalah melakukan berbagai aktifitas di dalamnya. jangan sampai website yang kita bangun dengan susah payah menjadi rumah kosong berdebu yang berhantu seperti di film film bahkan untuk lewat saja orang malas atau bahkan takut.

Share
wiliarko

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Handphone dan Teknologi
Hptekno. All rights reserved.
Pondok Tirta Mandala
blok S3 no 11
Depok
wiliarko_156@yahoo.co.id
Phone 0856 9430 2642