"Cabut charger jika sudah full"
irtoh

Pengembangan Bisnis Dengan Web Hosting

Banyak pemilik sebuah usaha/bisnis yang menjadikan web hosting sebagai salah satu media pemasaran bisnisnya. Persaingan ekonomi yang semakin ketat, mengakibatkan setiap pelaku bisnis saling berebut pangsa pasar yang terbatas dengan pesaing-pesaing bisnis dalam satu daerah. Tuntutan untuk bisa survive, memunculkan inovasi terobosan baru melakukan pemasaran di dunia maya agar bisa terus memiliki pangsa pasar yang bisa memberikan keuntungan.

Pengaruh penggunaan internet dalam mengembangkan bisnis terbukti ampuh. Contoh sederhana bisa kita lihat dari berkembangnya omset pebisnis makanan yang bermitra dengan aplikasi ojek online yang juga melayani jasa pemesanan makanan. Tanpa melakukan pemasaran produk di Internet pangsa pasar yang mengetahui dan membeli produk akan sangat terbatas pada daerah sekitar saja. Berbeda jika memasukan produk pada google map, pelanggan otomatis akan bertambah.

Apa Itu Web Hosting?

Web hosting, merupakan salah satu fitur internet yang memungkinkan setiap penggunanya mengupload informasi ke internet. Prinsip kerjanya adalah dengan menyediakan space pada suatu server sebagai penyimpanan informasi sehingga bisa diakses di internet. Ibaratnya, seperti penyedia space di hardisk sebuah server. Seperti artikel ini, juga tersimpan di hardisk sebuah server. Tanpa menyimpan data arikel ini di server, maka artikel ini tidak akan bisa dibaca oleh siapapun.

Agar bisa dikunjungi kapanpun, server web hosting harus terus bekerja selama 24 jam. Karenanya tidak sembarang komputer bisa menjadi server. Sebuah server harus memiliki mesin yang tangguh. Sistem pendingin juga tidak sekedar fan biasa, tetapi ruangan dengan suhu yang diatur dan dikontrol secara ketat. Server juga memiliki kapasitas penyimpanan yang besar, dan yang terpenting jaringan dengan jalur/bandwidth yang luas sehingga tidak crash ketika banyak pengunjung.

Manfaat Bagi Bisnis Anda

Seperti yang dijelaskan pada pengertian diatas, fungsi utama web hosting adalah sebagai tempat data-data yang diunggah ke internet di sebuauh dimain tertentu. Tidak hanya itu, penyedia jasa hosting juga memberikan control panel / hak akses kepada penyewa hosting untuk mengelola sites website-nya seperti posting/upload, backup file, pengaturan database, dan fitur lain untuk pengelolaan website. Spesifik dalam bidang bisnis, manfaat yang bisa dirasakan diantaranya:

  1. Media Pemasaran yang Mudah Diakses

Informasi yang anda unggah pada server web hosting memungkinkanya bisa diakses dan dilihat oleh orang lain. Karenanya, ini menjadi media informasi/mempromosikan produk suatu bisnis. Sebuah website yang berada pada server dengan mesin yang mumpuni memiliki daya tahan yang kuat untuk diakses 24 jam sehari, yang aktif setiap hari disetiap tahunya. Dalam artian informasi bisnis anda bisa diakses setiap saat, bahkan ketika “kantor fisik” tutup.

  1. Jangkauan Pasar yang Luas

Dengan internet anda bisa mengetahui kejadian di Amerika, Eropa, atau daerah manapun selama informasi tersebut diunggah. Berdasarkan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), jumlah pengguna internet tahun 2017 di Indonesia saja mencapai 54,68%. Itu berarti bahwa 143.261.600 pengguna internet (ditahun 2017) berpotensi mengetahui bisnis yang dipasarkan lewat layanan web hosting. Angka tersebut terus bertambah mengingat setiap tahunya pengguna internet selalu meningkat tajam

  1. Sarana Layanan Pelanggan

Dalam ilmu pemasaran, salah satu atribut produk yang juga berpengaruh pada keputusan pembelian adalah layanan purna jual. Dengan web hosting, anda bisa memberikan pelayanan kepada pelanggan seperti memberikan artikel tips, problem solving masalah berkaitan dengan bisnis anda, ataupun sekedar membuat forum sharing antar pelanggan. Dimata pelanggan, hal tersebut sangat berpengaruh terhadap meningkatknya nilai sebuah produk bisnis.

Jenis-jenis Web Hosting

Tidak diragukan lagi, banyak manfaat yang didapatkan oleh pebisnis yang memperluas jangkauan pemasaran produk pada internet. Dibandingkan dengan cost yang dikeluarkan untuk menyewa hosting, manfaat yang didapatkan jauh lebih besar bagi perkembangan bisnis dan tentunya income yang didapat. Ada berbagai jenis hosting dengan karakteristiknya masing-masing. Ada baiknya perlu mengenal satu-satu persatu terlebih dahulu sebelum membeli hosting.

  1. Shared Web Hosting

Sesuai namanya, “shared” berarti bahwa server website yang digunakan dibagi untuk beberapa pelanggan. Ibaratnya, seperti kamar kos-kosan. Setiap pelanggan memiliki ruangnya sendiri-sendiri dalam satu server, dengan ukuran 1-5 GB dan bandwidth unlimited. Jenis ini cocok dan sering digunakan oleh bloger. Hosting jenis ini tidak cocok digunakan untuk website bisnis kecil karena tidak mampu menampung banyak pengunjung.

  1. Dedicated Hosting

Web hosting jenis ini menjadikan sebuah server menjadi hosting pribadi bagi website seorang pelanggan saja. Keuntunganya, penggunaan sumberdaya server menjadi hak milik seorang pelanggan saja. Jenis ini sangat cocok digunakan untuk website bisnis dengan banyak pengunjung yang datang ke sebuah situs website. Dengan kemampuan optimalisasi performa server untuk satu website, jenis hosting ini cocok untuk website bisnis menengah atas yang memiliki banyak pengunjung.

  1. VPS Hosting (Virtual Private Server)

Simple-nya, VPS adalah gabungan antara shared dan dedicated hosting. Dalam hoting jenis VPS, server dibagi menjadi beberapa partisi. Masing-masing pelanggan mendapatkan ruang partisinya masing-masing. Manfaatnya dibanding dengan shared, jenis ini memberian keluangan kontrol, Keamanan, dan privasi yang lebih tinggi. Secara kinerja, VPS juga lebih baik daripada shared termasuk dari kemampuan dalam menampung tingginya trafick/jumlah pengunjung.

  1. Cloud Based Web Hosting

Cloud based hosting / cloud VPS bekerja dengan menggunakan jaringan server dengan koneksi menggunakan cloud / jaringan internet. Dengan artian, data-data website diupload ke server melalui jaringan internet. Jumlah server bisa ditambah, sehingga bandwidth yang bisa ditampung oleh website anda juga bisa berkembang selaras dengan peningkatan jumlah pengunjung. Hosting jenis ini cocok untuk usaha yang berkembang dengan pesat.

Tips Memilih Jenis Hosting yang Tepat

Langkah pertama yang perlu dipertimbangkan sebelum menetapkan jenis hosting yang akan anda gunakan adalah memahami kebutuhan website bisnis anda. Anda perlu mengestimasi berapa banyak pengunjung yang sekiranya mengunjungi website anda dalam satu waktu. Semakin besar bisnis yang anda miliki, semakin besar pula potensi pengunjung yang datang. Karenanya, sesuaikan spesifikasi jenis hosting sesuai dengan kebutuhan website bisnis anda. Bila perlu konsultasikan pada penyedia jasa.

Kemudian, anda perlu memahami kredibilitas penyedia hosting. Pilih penyedia hosting yang memiliki kredibilitas tinggi. Anda bisa melihat dari jaminan / garansi yang ditawarkan, serta mempelajari review pengguna jasa perusahaan web hosting tersebut. Hal lain yang perlu dilihat dari penyedia jasa adalah fitur-fitur yang ditawarkan. Semakin banyak fitur yang ditawarkan, dan memiliki nilai manfaat bagi pengelolaan website bisnis anda, maka semakin recommended untuk dipilih.

Anda juga perlu melakukan proyeksi perkembangan bisnis anda kedepanya, terutama bagi yang hingga tahap ini memilih jenis hosting shared hosting. Anda perlu memikirkan kedepan potensi berkembangnya bisnis anda, dan semakin banyaknya pengunjung website sehingga kebutuhan bandwidth, disk space, dan sumber daya lain juga akan meningkat. Karenanya, pilihlah web hosting yang menawarkan opsi berbagai jenis hosting sehingga memungkinkan dilakukan upgrade kualitas sewaktu-waktu.

kode diskon promo hosting unlimited (Paket Super Besar keatas) diskon 40% untuk paket unlimited
(((TEKNO40)))

 

info diskon 10% smua paket hosting JAGOWEB10
(((JAGOWEB10)))
Share
wiliarko

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Handphone dan Teknologi
Hptekno. All rights reserved.
Pondok Tirta Mandala
blok S3 no 11
Depok
wiliarko_156@yahoo.co.id
Phone 0856 9430 2642