"Hapus file2 tidak penting yg ada di file managarmu"
irtoh

Virus Android Tercanggih: Backdoor.AndroidOS.Obad.a

Android TrojanAndroid sebagai sistem operasi terpopuler saat ini membuatnya menjadi sasaran pembuat virus dan trojan berbahaya. Roman Unuchek (peneliti Kaspersky) baru-baru ini melaporkan penemuan Trojan tercanggih di Android. Trojan ini dinamai Backdoor.AndroidOS.Obad.a dan memiliki kompleksitas dan kemampuan untuk menyembunyikan diri sehingga sukar ditemukan.

Backdoor.AndroidOS.Obad.a mampu mengirim SMS ke nomor premium (tagihan pulsa anda dapat membengkak), mengunduh program dan memasang malware lain (Android anda menjadi sarang virus), menyebarkan virus lewat Bluetooth dan wi-fi dan yang tak kalah berbahaya adalah si pembuat virus ini mampu memberikan perintah mellaui pesan sms standar yang diterima ponsel tersebut.

Backdoor.AndroidOS.Obad.a

Jenis malware ini memang tampak lebih mirip malware di Windows yang menunjukkan perkembangan signifikan malware di Android.

Backdoor.AndroidOS.Obad.a mampu mencegah dirinya terhapus bila sudah mendapatkan privilege Device Administrator. Setelah mendapatkan akses Device Manager, layar akan blank selama 10 detik saat ponsel terhubung ke wifi atau Bluetooth. Setelah terhubung, trojan ini akan mengkopi dirinya ke unit di dekatnya.

Kemampuan trojan ini juga mampu mengambil alih server kontrol untuk memperoleh update dan menyimpan data sensitif yang berhasil dicuri. Hasilnya adalah trojan ini bisa mengirim data curiannya ke server lain.

Solusi Terbaik

Mencegah lebih baik dari mengobati, karena itu penulis sarankan untuk tidak mengunduh aplikasi di luar Google Play. Aplikasi jahat biasanya berada di market yang tak direstui Google.

via Phone Arena

Share
R10

2 comments on “Virus Android Tercanggih: Backdoor.AndroidOS.Obad.a

  1. sigit says:

    wah cukup mnakutkan y sob,, kbtulan ak pk android jd agak kuatir
    mksih udh berbagi informasi sob

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Handphone dan Teknologi
Hptekno. All rights reserved.
Pondok Tirta Mandala
blok S3 no 11
Depok
info@hptekno.com
Phone 0856 9430 2642