"Hindari berhp ria saat sedang tiduran, karena busa merusak penglihatan"
irtoh

Apa yang Dilakukan Setelah Android Diroot?

super userApa yang harus dilakukan setelah android diroot? Mungkin ini sebuah pertanyaan yang hampir dimiliki oleh seseorang yang akan melakukan root pada ponsel androidnya.

Root pada android atau linux adalah mode super user atau administrator yang memungkinak user memiliki hak akses full memodifikasi system. Silakan anda baca kelebihan dan kekurang root. Pada sistem operasi berbasis Apple, root disebut dengan JailBreak.

Dari beberapa pengalaman pribadi dan beberapa user diberbagai forum seperti xda-developer, kaskus, android-indonesia, dll. Setelah melakukan root android, umunya akan melakukan hal-hal sebagai berikut,

1. Install Custom ROMs

Pilihan ini berada diurutan paling atas. Melakukan flashing atau install custom roms dapat menghilangkan kejenuhan anda terhadap tampilan ROMs bawaan brand ponsel yang gitu-gitu aja. Android yang sudah di root, anda mempuanyai keuntungan untuk bebas memilih custom ROMs sesuai selera anda.

2. Menghapus aplikasi bawaaan system dan beberapa bloatware AT&T’s

Android yang sudah anda root juga menguntungkan anda untuk menghapus/uninstall aplikasi bawaan android yang tidak bisa dihapus ketika android belum di root. Seperti kalender, daftar kontak, bahkan google play pun bisa anda uninstall. hehehe. Begitu pula bloatware seperti nada dering dan notifikasi bisa anda hapus.

3. Install aplikasi yang membutuhkan hak akses root

Rasanya percuma apabila anda sudah melakukan root pada android anda, akan tetapi belum menginstall RootExplorer,SQ Lite,Titanium Backup, dan aplikasi lainnya. Karena saya rasa fungsinya yang sangan bermanfaat.

4. Overclocking dan mencoba beberapa kernel

Overclocking mampu menjadikan kinerja android lebih cepat dari sebelumnya. Dan sekali lagi android adalah sistem operasi opensource, sehingga banyak kernel dari developers bermunculan. Dan tidak ada hal yang lebih menyenangkan selain bermain dengan kernel.

5. Blok iklan

Saya rasa semua setuju dengan iklan yang muncul sebelum streaming di youtube. Dengan android yang bisa di root, anda bisa memblok iklan yang muncul.

6. Memindahkan aplikasi dari memori internal ke SDCard

Dengan memindahkan aplikasi dari memori internal ke SDCard menjadikan ruang RAM kita semakin lega.

7. Merubah animasi dan icon android

Anda juga bisa memodifikasi animasi seperti ketika android awal booting dan saat android dimatikan. Begitu juga icon seperi icon baterei, icon charger, dll bisa anda modifikasi

8. Merubah warna atar belakang sistem

Latar belakang sistem, tombol, bar, dsb bisa anda modifikasi sedimiakian rupa.
Menarik bukan? Sebenarnya masih banyak lagi apa yang bisa dilakukan setelah android di root. Silakan agan share disini, apa yang agan lakukan setelah android di root? Walau begitu, agan harus tetap hati-hati karena jika salah bisa saja menyebabkan android bootlap.

Share
irtoh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Handphone dan Teknologi
Hptekno. All rights reserved.
Pondok Tirta Mandala
blok S3 no 11
Depok
info@hptekno.com
Phone 0856 9430 2642