"Jangan berhape di tsmpat yg terlarang, misal di spbu"
irtoh

Cara Flashing ROM Android di Semua Perangkat

recovery-mode-samsung-galaxy

Tutorial flashing ROM Android pasti sudah banyak di internet, tapi ternyata masih banyak juga para pengguna Android yang menanyakan cara flashing ROM. Dengan latar belakang seperti itulah tutorial sederhana ini saya buat.

Persyaratan

Untuk melakukan flashing ROM Android terlebih dahulu kamu harus memenuhi syarat sebagai berikut;

  1. Smartphone Android sudah terinstal custom recovery (seperti Amon_RA, ClockworkMod, dlsb).
  2. Custom ROM yang akan di flashing harus memenuhi syarat dibuat khusus  untuk perangkat smartphone Android kamu.
  3. Smartphone Android terpasang microSD sebagai media penyimpan sementara custom ROM.

Flashing ROM

Flashing ROM secara sederhana dikenal dengan install firmware baru baik stok ROM asli bawaan vendor atau custom ROM buatan developer. Berikut langkah untuk melakukan flash ROM di Android.

  1. Persiapkan terlebih dahulu custom ROM yang akan kamu flashing. Kamu bisa mendapatkan file custom ROM pilihan kamu di berbagai forum seerti xda-developers, kaskus, dan situs-situs pengembang android lainnya. Biasanya file stok atau custom ROM akan berkstensi zip.
  2. Setelah kamu mendapatkan file custom ROM pilihanmu, pasang kartu micro SD pada perangkat smartphone Android kamu. Pastikaan micro SD tersebut terbaca oleh sistem perangkat Android dan jangan lupa tempat penyimpanan file tersebut.
  3. Matikan perangkat smatphone dan masuk ke recovery mode. Untuk bisa masuk ke recovery mode, setiap ponsel berbeda cara. Silakan kamu merujuk kepada tutorial masuk recovery mode sesuai perangkat smartphone kamu masing-masing.
  4. Sebelum melakukan flashing ROM, ingat backup terlebih dahulu ROM yang sudah terpasang. Ini sangat penting untuk merestore jika suatu saat flashing mengalami kegagalan atau mengembalikan ke ROM semula, parahnya kebanyakan pengguna melupkan langkah ini.
  5. Lakukan wipe data/reset, wipe cache partition, dan wipe dalvik cache. Dengan demikian ROM perangkat Android kamu sudah terhapus sampai akar-akarnya, seolah kembali seperti baru dan belum terinstal Operating Sistem.
  6. Langkah selanjutnya adalah Flashing ROM. Masih pada recovery mode pilih instal Zip from SD Card (jika tidak ada, cari flash Zip from SD Card), cari file custom ROM dalam bentuk zip yang sudah kamu simpan di SD Card -lihat langkah nomor 2.
  7. Lakukan konfirmasi flash dengan mengikuti petunjuk di layar (karena fungsi layar sentuh tidak berfungsi pada saat recovery mode, maka ntuk memindahkan kursor tekan volume up dan down) pilih yes dengan cara menekan tombol home.
  8. Jika tidak ada kesalahan pada saat melakukan flash, maka sampai sini flashing selesai. Pilih reboot system now untuk mereboot perangkat.

 

 

irtoh

2 comments on “Cara Flashing ROM Android di Semua Perangkat

  1. semoga bermanfaat dan saya dapat ngeflash dengan benar nih mas rio hehehe

  2. Rifan says:

    Terima Kasih kk informasinya. Sangat Sangat bermanfaat bagi saya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Handphone dan Teknologi
Hptekno. All rights reserved.
Pondok Tirta Mandala
blok S3 no 11
Depok
info@hptekno.com
Phone 0856 9430 2642