"Gunakan hp seperlunya"
irtoh

Intel Membuat Prosesor Quad Core 64-bit Berdesain ARM Pertama Di Dunia

altera-fpga

Intel dikabarkan tengah mempersiapkan prosesor quad core 64 bit berbasis ARM pertama di dunia. Hal ini disampaikan oleh Altera, perusahaan pembuat PLD. Altera juga menyebutkan bahwa Stratix 10 SoC  (system-on-a-chip) yang akan mereka buat untuk Intel memiliki performa tinggi dan menggunakan teknologi 64-bit quad core ARM Cortex A53.

Pembangunan chip tersebut akan menggunakan teknologi 14 nanometer. Sebagai gambaran, prosesor terbaru Intel Haswell, dibuat dengan proses 22 nanometer. Bisa dikatakan, semakin kecil ukuran prosesor, semakin canggih proses pembuatannya.

Chip quad core 64-bit tersebut merupakan bagian dari perangkat semikonduktor yang disebut dengan nama Field-Programmable Gate Array (FPGA). Chip ini  memungkinkan adanya konfigurasi oleh konsumen pasca manufacturing.

Tak seperti prosesor berasitektur ARM lainnya yang kebanyakan dipakai untuk perangkat mobile. Prosesor 64-bit quad core ARM buatan Intel ini akan digunakan untuk peralatan networking. Desain prosesor ARM yang sederhana, dinilai cocok untuk menghemat daya.

via cnet

Share
R10

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Handphone dan Teknologi
Hptekno. All rights reserved.
Pondok Tirta Mandala
blok S3 no 11
Depok
info@hptekno.com
Phone 0856 9430 2642