"Tanyai kabar teman3mu"
irtoh

Konfigurasi FTP Server di Android

FTP (File Transfer Protocol) adalah sebuah protokol Internet yang berjalan di dalam lapisan aplikasi yang merupakan standar untuk pengiriman berkas (file) antar jaringan (satu perangkat dengan perangkat lain).

Jika anda seorang yang bekerja sebagai spesialis jaringan seperti Network Administrator, Network Engineer, NOC, dan Helpesk tidak akan asing dengan istilah ini.

Berikut langkah untuk mengkonfigurasi STP Server di Android 4.1.2 Jelly Bean.

Tekan dan tahan pada halaman desktop Android sampai muncul jendela Home Screen. Setelah itu, pilih Apps and widget (atau dengan kata lain tambahkan widget pada halaman depan).

Selanjutnya pilih widget FTP Server, kamu akan diminta mengisi username dan password.

ftp server android 0 ftp server android 2

Username dan password tersebut nantinya akan digunakan ketika klien akan mengakses ke FTP Server Android kamu. Isi saja username dan passowrd tersebut terserah kamu.

Setelah itu, Android secara otomatis akan memberikan alamat IP FTP Server. Sampai di sini konfigurasi telah selesai. Perhatikan gambar berikut.

ftp server android 1 ftp server android 3

Kemudian untuk mengakses FTP Server, buka browser (bisa Mozilla Firefox, Chrome, Opera Mini, atau browser kesayangan kamu lainnya) pada leptop atau komputer, bisa juga pada perangkat Android kamu yang lain. Kemudian masukan ip yang diberikan oleh Android secara otomatis tadi.

Pada demo kali ini Android memberikan IP FTP Server 192.168.2.46:2121, maka pada adress bar browser yang kamu buka tadi masukan perintah; ftp://192.168.2.46:2121, tekan enter.

Selanjutnya kamu harus memasukan username dan password yang sudah kamu buat sebelumnya pada konfigurasi FTP Server.

ftp authentication

Selesai! Kini kamu bisa melakukan transfer file melalui teknologi FTP.

ftp masuk

Catatan;

Selain menggunakan browser, kamu juga bisa mengakses melalui Command Prompt pada Windows atau Terminal pada Linux. Kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi FTP seperti FileZilla, WinSCP, dll.

Share
irtoh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Handphone dan Teknologi
Hptekno. All rights reserved.
Pondok Tirta Mandala
blok S3 no 11
Depok
info@hptekno.com
Phone 0856 9430 2642