"Pastikan hp yang kamu beli bukan klonenan"
irtoh

Load Balancing Khusus Streaming Video di Android Dengan VideoBee

streaming video lebih cepat

VideoBee adalah sebuah aplikasi yang memungkinkan setiap pengguna untuk streaming video menggunakan berbagai sumber bandwidth secara bersamaan. Dengan kata lain, menjalankan video streaming dan download dengan menggunakan WiFi, jaringan seluler (paket data), Bluetooth pada waktu yang sama. Sehingga streaming video menjadi lebih cepat.

Dengan pengertian seperti itu mungkin teknik yang diterapkan pada VideoBee bisa dikatakan sebagai teknik Load Balancing yang kita kenal di dunia jaringan. Dimana Load Balancing diartikan sebagai teknik untuk mendistribusikan beban trafik pada dua atau lebih jalur koneksi secara seimbang, agar trafik dapat berjalan optimal, memaksimalkan throughput, memperkecil waktu tanggap dan menghindari overload pada salah satu jalur koneksi.

Fitur VideoBee

Mode Solo ( satu perangkat )

Dengan Mode Sole, Anda dapat menggunakan jaringan WiFi dan paket data seluler secara bersamaan pada perangkat Android Anda (bukan beralih di antara mereka ) untuk streaming video lebih cepat .

Mode Group ( dua perangkat )

Mode ini memungkinkan Anda untuk membuat grup dan menghubungkan dua perangkat di dekatnya melalui Bluetooth. Kemudian menggabungkan bandwidth dari kedua perangkat tersebut guna melakukan streaming video lebih cepat. Anda dapat menonton video yang sama pada kedua perangkat atau hanya pada salah satu dari mereka (dan menggunakan layar kedua untuk mengatahui statistik seberapa cepat proses streaming video).

Aplikasi VideoBee masih dalam versi beta. Dan selama masih dalam versi beta tersebut,  mode kelompok hanya terbatas pada dua perangkat. Selanjutnya pihak pengembang masih akan terus memperbaharui fitur-fitur VideoBee agar lebih fungsional.
Situs video yang dapat berjalan pada VideoBee saat ini yaitu; YouTube , Metacafe , dan video NBC. Harapannya, suatu saat akan semakin banyak situs video lain yang dapat berjalan di VideoBee.

Perangkat yang kompetibel dengan VideoBee saat ini  adalah ponsel Android dan tablet 2.3 ke atas. Beberapa ponsel yang telah berhasil diuji coba oleh tim VideoBee antara lain; Samsung Vibrant, Samsung Captivate, Nexus S, Galaxy Nexus, Nexus 4, Moto X, HTC One, Huawei Ascent P6, Samsung Galaxy S4, Samsung Note 2, Sony Xperia Z, Nexus 7.

VideoBee TIDAK memerlukan root. Untuk menjalankan aplikasi ini, anda akan diberikan kode akses oleh tim pengembang. Lihat petunjuk dalam bentuk video di bawah,

fitur VideoBee

Kedepannya, para pengembang telah berencana untuk menambahkan lebih banyak lagi fitur, tapi untuk sekarang masih tahap debugging dan mencari permasalahan untuk dicarikan jalan keluarnya, apapun yang akan ditemukan di aplikasi VideoBee.

Segera download VideoBee dan cari permasalahan di dalamnya, kemudian kirim pesan balik ke dev@shoelacewireless.com untuk dicarikan solusinya. Dengan begitu kita tidak hanya menikmati aplikasi jadi, akan tetapi ikut membangun aplikasi secara bersama-sama. Lebih bijak kan?

Frequently Asked Questions (FAQs) seputar VideoBee

Tanya : Dimana saya bisa mendownload aplikasi beta VideoBee?

Jawab : Aplikasi VideoBee dapat didownload dari Google Play melalui link di bawah ini :
Link ke VideoBee di Google Play

Perlu diingat kembali, bahwa untuk menjalankan aplikasi ini anda akan diberikan kode akses dari pihak pengembang. Silakan kunjungi halaman pendaftaran Beta untuk mendapatkan kode akses beta. Gratis!

Tanya :  Apakah VideoBee kompatibel dengan Android 4.4 KitKat?

Jawab : Belum, karena di Android 4.4 KitKat telah terjadi perubahan drastis pada WebView (pindah ke Chromiu). Pihak pengembang sudah mencoba VideoBee di Nexus 5 dan akan memperbaharuinya sampai bisa berjalan pada KitKat.

Tanya : Mengapa setelah beberapa saat proses streaming mengalami buffering?

Jawab : VideoBee saat ini bekerja sebelum bandwith mencapai 50MB pada video yang sedang diputar. Rencananya suatu saat akan ada perubahan.

Tanya : Mengapa pada sinyal 2/3/4G ponsel saya tidak dapat men-download video padahal saya telah memilih dual mode?

Jawab : Pastikan Anda memiliki sinyal seluler yang baik, dan pastikan juga bahwa Anda tidak menggunakan aplikasi lain yang membutuhkan koneksi paket data seluler. Jika Anda menonton video YouTube, link paket data seluler akan membutuhkan waktu 30 detik untuk mulai mendownload. Sedangkan untuk mendowload video pada situs Metacafe dan NBC kami pastikan akan lebih cepat.

Sumber referensi : xda-developers, fxekobudi
Share
irtoh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Handphone dan Teknologi
Hptekno. All rights reserved.
Pondok Tirta Mandala
blok S3 no 11
Depok
info@hptekno.com
Phone 0856 9430 2642