"Setting kecerahan hp ke level terendah"
irtoh

Fitur Canggih Yang Tidak Dibutuhkan Smartphone

teknologi smartphone mubazirPersaingan membuat manufaktur ponsel berlomba-lomba membuat inovasi pada ponselnya. Fitur ini membuat harga ponsel menjadi mahal. Namun yang menjadi masalah, umumnya pengguna belum membutuhkan semua fitur canggih tersebut. Apa saja fitur canggih yang dirasa mubazir?

1. Tahan Air

Fitur tahan air mungkin bermanfaat pada saat tertentu. Namun kebiasaan pengguna umumnya tidak memakai ponsel saat “kondisi” basah. Kebanyakan pengguna yang memiliki ponsel tahan air secara “kebiasaan” akan (tetap) bergerak melindungi ponsel terkena air.

2. Sidik Jari

Apple memperkenalkan teknologi sidik jari untuk pengaman ponsel. Sebenarnya dengan password pun, pencuri biasa akan kesulitan membuka ponsel dan mencuri data.

Adapun bila tujuan sidik jari untuk melindungi ponsel dari pencuri “ahli”. Bila kabar NSA mampu membaca ponsel dengan pelindung sidik jari adalah benar, maka fitur ini pun menjadi sia-sia.

3. Layar Lengkung

Layar lengkung membuat ponsel tampak keren. Namun belum banyak manfaat yang bisa diberikan oleh ponsel layar lengkung. Kalau hanya agar membuat menelpon terasa lebih mudah (karena layar lengkung cocok dengan anatomi wajah). Tentu saja membeli ponsel layar lengkung masih dirasa mahal.

4. Kamera Super

Nokia 1020 memiliki kamera resolusi 41MP. Apakah ukuran piksel besar dibutuhkan oleh mayoritas pengguna smartphone? Rasanya tidak. Mereka umumnya menggunakan kamera smartphone untuk narsis belaka, lalu membaginya ke jejaring sosial.

Sebagai informasi tambahan, Facebook secara default akan mengkompresi foto yang diupload. Jangankan foto 41MP, foto ukuran 5MP saja dikompres oleh Facebook.

5. Kendali tanpa sentuh

Galaxy S4 memiliki teknologi Air Gesture. Teknologi untuk mengendalikan layar tanpa disentuh oleh tangan. Teknologi ini masih dirasa mubazir sebab tangan tetap harus mendekati layar beberapa inchi. Selain itu belum banyak aplikasi pendukung yang memanfaatkan teknologi Air Gesture ini.

5 alasan diatas bisa menjadi pertimbangan saat membeli smartphone. Apakah anda benar-benar membutuhkan fitur-fitur tersebut? Penulis merasa, saat ini yang dibutuhkan pengguna ponsel adalah kapasitas penyimpanan internal yang lebih besar.

Umumnya smartphone kelas mid-low hanya menawarkan memory internal ukuran 4GB – 8GB. Bahkan ada tipe yang tak memberikan slot microSD untuk memory eksternal tambahan.

Share
R10

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Handphone dan Teknologi
Hptekno. All rights reserved.
Pondok Tirta Mandala
blok S3 no 11
Depok
info@hptekno.com
Phone 0856 9430 2642