Menu
Categories
Tips Merawat Ponsel Layar Sentuh
May 5, 2013 Tutorial

layar sentuhPonsel layar sentuh sekarang sudah jamak. Bahkan feature phone pun ada yang sudah menggunakan layar sentuh. Pemakaian layar sentuh ini perlu diperhatikan agar masa penggunaannya bisa lebih lama.

1. Jangan menggunakan dibawah sinar matahari langsung

Sinar matahari mengandung ultraviolet yang dapat merusak kualitas layar LCD. Karena itu usahakan membuka layar di tempat teduh, hindari tempat terbuka dengan panas matahari menyengat.

2. Jangan menyimpan dalam saku celana

Menyimpan ponsel di saku celana memang praktis. Sayangnya itu juga dapat membuat layar LCD menjadi mudah tergores. Ingatlah tak semua ponsel layar sentuh sudah dilengkapi oleh Gorilla Glass atau screenguard.

3. Pastikan memasang screenguard

Setelah membeli ponsel layar sentuh, bila layar ponsel anda belum dilngkapi screenguard (pelindung layar). Sebaiknya anda segera memasangnya. Guna screenguard adalah untuk melindungi layar dari goresan dan sinar matahari langsung.

4. Menggunakan jari bukan yang lain

Dalam mengoperasikan layar sentuh, gunakan jari anda, bukan kuku jari atau lainnya. Tujuannya sekali lagi untuk melindungi layar dari goresan. Pengecualian bila ponsel anda juga telah dilengkapi stylus khusus.

5. Menyentuh bukan menekan touchscreen

Mengoperasikan layar sentuh cukup dengan menyentuh layarnya dengan jari anda. Tak perlu menekan secara berlebihan karena segala macam perintah sudah dapat dijalankan dengan baik dengan sentuhan jari.

6. Jauhkan dari magnet

Radiasi dan medan magnet dapat merusak layar sentuh lebih cepat. Sensitivitas layar dapat berkurang jauh. Karena itu jauhkan meletakan ponsel dekat televisi atau radio misalnya.

image via mashable

Share
R10
"31" Comments
  1. punya saya masih awet mas HP layar sentuhnya. karena saya jaga pemakaianya..hehe

    terima kasih tipsnya mas.

  2. Terima kasih infonya kebetulan BB ku juga layar sentuh, sippp

  3. Terima kasih infonya bang ario 🙂
    bermanfaat sekali buat saya.

  4. Bagus sekali tipsnya, mungkin semua gadget termasuk notebook yang layar sentuh bisa dirawat dengan cara2 diatas, terimakasih.

  5. klo hp yg pake sarung/kover kyang ada daya magnetnya gimana?
    bisa berpengaruh sama HP aq gak ya?

  6. kalo udah dipasangin screenguard boleh dipake di bawah sinar matahari kah? kerjaan gw out door gan… thanks

    • boleh, screenguard kan gunanya untuk melindungi layar, dan dapat membantu mengurangi “efek sinar ultraviolet matahari”

      tapi baiknya kalau di luar buka hp di tempat teduh, atau halangi “sinar matahari terik” dengan tangan :mrgreen:

  7. klo layar sudah tak sensitif thdp sentuhan lagi, baiknya dibenerin atau beli lagi? haha

  8. benar gak sih klo pelindung layar yang ketebelen bikin HP kurang sensitif?

    • kalau menurutku aku benar… tapi setahu saya pelindung layar yang ada di pasaran sudah standar kan… jadi anda tak perlu khawatir, layar hp menjadi kurang sensitif

  9. tipsnya bermanfaat bgt, jadi lebih care ma HP gw dah

  10. Jika gunakan tas hape yg magnet pas berhadapan dgn layar pada saat posisi tutup layarnya mati, sdgkan pada saat buka layar otomatis terbuka, apa bisa pengaruh kinerja pada layar jika digunakan jangka lama ?

  11. kenapa ya HPku harus disentuh sama kuku biar bisa jalan?

  12. HP layar sentuh kalo kena aer atau keringet gitu bisa bikin sensitivitasnya berkurang gak?

  13. lebih awet mana sih, HP layar sentuh sama Hp biasa?

  14. Menurut gw sey awet enggaknya HP lo tergantung cara ngerawatnya..
    tipsnya OK neh

  15. tipsnya siiip mas ario
    matur suwun

  16. Wah smartfren emg hebat.ak dah pakai 18 buln mash bagus.padhl dah 5 x jatuhin anksaya.hp satunya merk murh layr sentuh lgs rusak skali jatuh trpksa deh gantiin tu pnya org d jatuhin ank saya.

  17. selamet wijanarko

    gun, kalau layar sentuh pada ponsel ketekan sama lutut bisa ngurangin kesentivitasnya nggak?

Leave a Reply to Heru Piss
*