"Pasang foto propil favoritmu, yang santun dan bersahaja"
irtoh

Tutorial 5 Cara Menghemat Kuota Internet Di Android

Internet Indonesia masih dirasa “mahal” dan yang terpenting kuota internet seringkali terbatas. Provider yang menawarkan kuota internet unlimited pun juga membatasi pelanggannya dengan Fair Usage Policy. Karenanya kouta internet pun menjadi “berharga”. Dengan budget membeli kouta internet terbatas maka mau tak mau anda harus benar-benar berhemat menggunakan internet.

kuota android

Bila anda menggunakan Android, ada beberapa cara untuk menghemat kuota Internet.  Yang perlu anda lakukan adalah menggunakan browser Chrome dan Opera untuk surfing. Atau menginstall aplikasi Opera Max dan Onavo Extend. Sistem kerja browser atau aplikasi tersebut adalah mengkompresi data melalui server Google, Opera dan Onavo.

1. Google Chrome

Chrome Data Compression

Fitur Data Compression dapat diaktifkan melalui Settings > Bandwidth management > Reduce data usage. dan pilih On (aktifkan).

2. Opera

Opera Data Compression

Untuk Opera, cara mengaktifkan fitur kompresi data adalah dengan klik logo Opera dan pilih aktifkan Off Road.

3. Opera Mini

Opera Mini awalnya merupakan browser khusus mobile dari Opera Software ASA. Karena dirancang khusus mobile maka Opera Mini sudah mengaktifkan kompresi data secara default. Ada juga sejumlah pengaturan yang bermanfaat misalnya gambar yang tampil bisa berkualitas tinggi, sedang, rendah atau tanpa gambar.

Opera Mini Data Compression

Cara mengatur gambar adalah dari Pengaturan pilih aktifkan gambar hidup atau mati. Dan juga pilih kualitas gambar rendah, sedang atau tinggi.

4. Opera Max

Opera Max Data Compression

Satu lagi produk dari Opera Software ASA. Opera Max akan mengkompresi data internet yang digunakan oleh aplikasi Android. Tidak sebatas pada kompresi data kala surfing internet di browser. Opera Max mampu mengkompresi data aplikasi atau browser hingga 50 persen. Ketika anda membuka video pada Vimeo atau Instagram misalnya, Opera Max akan mengkompres data video dari katakanlah ukuran asli 1,4MB menjadi 0,6MB atau video 10MB mampu dikompres hingga 3MB. Memang benar kompresi yang dilakukan Opera Max akan membuat kualitas foto dan video berkurang. Namun inilah konsekuensi bila ingin menghemat paket data internet.

Hingga tulisan ini dibuat Opera Max masih dalam tahap beta dan ditujukan untuk wilayah Amerika Serikat.

5. Onavo Extend

Onavo Extend Data Compression

Onavo Extend menyerupai Opera Max. Data dikompresi melalui server Onavo. Kekurangan dari Onavo Extend adalah tidak mengkompresi video dan audio. Selain itu Onavo Extend hanya tersedia untuk Android 4.x keatas. Pengguna juga perlu mengaktifkan kembali Onavo Extend setiap kali terhubung dengan internet.

Lepas dari kekurangan yang dimiliki. Onavo Extend dapat mengurangi secara signifikan data email, gambar dan aplikasi yang terhubung internet.

R10

One comment on “Tutorial 5 Cara Menghemat Kuota Internet Di Android

  1. Chery says:

    Kalau aku pakenya Boat Browser.. Pake itu juga gak cepet bikin abis kuota sih 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Handphone dan Teknologi
Hptekno. All rights reserved.
Pondok Tirta Mandala
blok S3 no 11
Depok
info@hptekno.com
Phone 0856 9430 2642