"Semangat Kebaikan 2014"
wiliarko

Tutorial Cara Mempercepat Koneksi WiFi

Koneksi nirkabel sudah menjadi bahan kebutuhan saat ini. Terkadang kita dapati kecepatan WiFi yang didapat tidak sesuai dengan yang dijanjikan. Untuk itu, jangan terburu-buru menyalahkan provider. Coba lakukan langkah-langkah berikut ini untuk memperbaiki koneksi wifi.

router wifi

1. Cek Posisi Router

Posisi router sebaiknya dekat dengan anda. Seandainya WiFi digunakan bersama-sama, letakkan router ditengah-tengah ruangan.

2. Letakkan Router Di Posisi Tinggi

Router sebaiknya jangan diletakkan di lantai atau di bawah. Sebisa mungkin ditaruh di posisi tinggi, misalnya di meja atau lemari. Router biasanya dirancang mengirim sinyal ke bawah.

3. Letakkan Router Di Tempat Khusus

Letakkan router di posisi khusus, yakni posisi dimana anda sering berselancar di dumay. Bila ruang keluarga merupakan tempat anda sering menggunakan internet, maka router diletakkan di ruang keluarga.

4. Letakkan Router Di Posisi Terbuka

Letakkan router di posisi terbuka, karena sinyal WiFi bisa memiliki banyak halangan seperti tembok, mebel. Karena itu usahakan sinyal router tidak terhalang oleh apapun.

5. Hindari Router Dekat Perangkat Eletronik

Jangan letakan router dekat televisi, microwave, telepon dan perangkat elektronik yang menggunakan sinyal elektromagnetik.

6. Berdirikan Antena Router

Bila router memiliki antena, posisikan antena dalam posisi vertikal. Tujuannya agar sinyal WiFi
dapat tersebar dalam posisi horisontal (mudah menjangkau seluruh ruangan).

7. Periksa Kekuatan Sinyal

Periksa kekuatan sinyal Wifi dengan aplikasi semacam CloudCheck dan Ampled. Dengan aplikasi tersebut anda bisa mencari tahu letak sinyal wifi terkuat.

8. Atur Setting Router

Kecepatan WiFi juga dapat diatur melalui perangkat router. Untuk mengatur router anda perlu mengetahui IP Address yang bisa dilihat di bagian bawah router.

Ubah channel frekuensi. Umumnya ruter memiliki 14 channel. Situs Vox menyarankan anda memilih channel 1, 6, dan 11. Karena channel-channel ini minim gangguan karena jarang bersinggungan dengan channel lain.

9. Uji Kecepatan

Uji kecepatan internet anda. Bila koneksi WiFi dan kabel sama-sama buruk, sangat mungkin masalahnya ada pada provider internet yang digunakan.

10. Beli Router Baru

Membeli router baru adalah pilihan terakhir bila anda menilai masalahnya terdapat pada router. Bila tak dapat diperbaiki, beli router baru.

via Vox

R10

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Handphone dan Teknologi
Hptekno. All rights reserved.
Pondok Tirta Mandala
blok S3 no 11
Depok
info@hptekno.com
Phone 0856 9430 2642