"Tanyai kabar teman3mu"
irtoh

5 Search Engine Alternatif Bila Bosan Dengan Google, Bing Dan Yahoo!

Google, Bing dan Yahoo! adalah mesin pencari yang sering digunakan. Namun anda bisa jadi bosan menggunakan semua mesin pencari tersebut. Berikut ini 5 mesin pencari yang bisa anda coba.

alternatif google

1. Halalgoogling.com

halalgoogling

Halalgoogling adalah mesin pencari islami yang memblokir hasil pencarian haram. Pada dasarnya Halalgoogling masih menggunakan mesin pencari Google, Bing dan Yahoo! sebagai rujukan dan kemudian memfilter hasil pencarian haram.

Halalgoogling juga bekerja sama dengan NetFiltering.net untuk membuat software Halal Protect yang berfungsi untuk memfilter konten haram di internet.

2. blekko.com

blekko

blekko (memakai huruf kecil) dapat memberikan hingga 3 trilyun pencarian. Diluncurkan pada 1 November 2010, blekko dapat memberikan hasil pencarian yang lebih banyak dari Google karena memasukan content farm. Sedangkan Google justru membuat algoritma yang menghindari content farm.

3. Yandex.com

yandex

Yandex merupakan search engine dari Rusia dan menguasai 60% pasar mesin pencari Rusia. Yandex juga berhasil menguasai pasar mesin pencari Ukrania, Kazakhstan dan Belarus. Yandex memiliki banyak sekali alternatif dari layanan produk Google. Contohnya Yandex Browser yang memakai mesin Blink dan berdasarkan browser Chromium. Juga ada Yandex Mail, Yandex Disk (layanan awan) dan sebagainya.

4. Baidu.com

baidu

Baidu merupakan mesin pencari dari China. Bisa dikatakan Baidu merupakan “Google”-nya China. Banyak produk Google yang ditiru oleh Baidu. Contohnya bila Google memiliki layanan peta Google Maps, Baidu memiliki Baidu Map. Layanan awan Google Drive (Baidu Yun/Baidu Cloud). Layanan browser Chrome (Baidu Spark Browser yang tampilannya mirip Chrome/Chromium)

Saat ini Baidu agresif mencoba melebarkan pengaruhnya ke seluruh dunia, berani menantang dominasi barat. Baidu memiliki kebijakan sensor internet, guna mendukung kebijakan pemerintah China. Baidu menguasai 63% pasar internet China.

5. DuckDuckGo.com

duckduckgo

DuckDuckGo merupakan mesin pencari alternatif yang sedang naik daun. Bila mesin pencari seperti Google, Bing, Yahoo, Yandex, Baidu diduga keras “merekam” aktivitas penggunanya. DuckDuckGo mengklaim menjaga privasi aktivitas pemakainya.

Nama DuckDuckGo berasal dari permainan anak tradisional “duck, duck, goose” yang sering dimainkan di taman kanak-kanak. Moto DuckDuckGo adalah “The search engine that doesn’t track you”.

R10

One comment on “5 Search Engine Alternatif Bila Bosan Dengan Google, Bing Dan Yahoo!

  1. rao says:

    baidu enak tuh buat searcging nunggu versi indonesiannya lah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Handphone dan Teknologi
Hptekno. All rights reserved.
Pondok Tirta Mandala
blok S3 no 11
Depok
info@hptekno.com
Phone 0856 9430 2642