"Hapus file2 tidak penting yg ada di file managarmu"
irtoh

Kelebihan Dan Kekurangan WordPress Dot Com

Penulis sudah sejak lama ngeblog. Dan telah menggunakan antara lain berbagai platform blog seperti Blogspot, WordPress.com, WordPress.org dan Tumblr. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya. Dan entri kali ini akan membahas kelebihan dari WordPress.com.

kelebihan kekurangan wordpress

WordPress.com didirikan oleh Matt Mullenweg. Nama WordPress diusulkan oleh Christine Selleck. WordPress awalnya berbasis platform blog b2cafelog. Saat b2cafelog dihentikan pengembangannya, Matt Mullenweg kemudian membuat WordPress dengan kode dari b2cafelog sebagai basis awal pengembangannya. b2cafelog sendiri menggunakan bahasa pemrograman PHP dan basis data (database) MySQL.

Kelebihan WordPress.com

Yang paling penulis suka dari WordPress.com adalah, adanya pembaharuan rutin, walau itu terkadang hanya “facelift” dengan merubah tampilan antar muka halaman utama WordPress.com. Inilah yang membedakannya dengan Blogspot. Google seperti meninggalkan Blogspot. Sudah sangat lama Google tidak memberikan fitur baru yang membuat penggunanya merasa dimanjakan. Fitur-fitur terbaru Blogspot saat ini sering tidak disadari pengguna. Misalnya kemudahan menghubungkan Blogspot dengan Google Analytics dan Google Webmaster.

Kesalahan dari Google ¬†menurut penulis adalah kegagalan untuk “merangsang” para blogger untuk menulis di Blogspot. Blogger perlu membuka terlebih dahulu blogspot di komputer. Ini karena membuka dashboard di ponsel sangat tidak menyenangkan. Ada aplikasi resmi Blogspot Mobile, sayangnya aplikasi ini sudah lama tidak diperbarui. Saat ini aplikasi blogging mobile terbaik adalah aplikasi WordPress Mobile dan Tumblr Mobile. Menggunakan aplikasi tersebut blogger seperti “digoda” untuk aktif menulis.

Penulis sangat suka dengan aplikasi WordPress Mobile. Menggunakan aplikasi WordPress.com di Android, penulis merasakan sedang menggunakan jejaring sosialnya para blogger, “Facebook-nya Blogger”. Selain fitur menulis, pengguna juga dapat membaca blog yang diikuti, kemudahan untuk berkomentar langsung pada blog tersebut melalui aplikasi WordPress Mobile. Sehingga pengguna tidak perlu membuka browser untuk berkomentar. Aplikasi WordPress Mobile tersedia untuk iOS dan Android, dan dapat diunduh melalui https://apps.wordpress.org.

Kekurangan WordPress.com

Namun WordPress.com bukan tanpa kelemahan, yang paling mencolok adalah tidak boleh memasang iklan. Sebenarnya ada program Wordads di WordPress.com, namun ada syarat dan ketentuan seperti trafik tinggi dan merubah domain url blog wordpress.com.

Kelemahan lain yang paling menganggu dari WordPress.com adalah fitur berbayar. Fitur yang hanya diberikan di WordPress Premium dan WordPress Business. Contohnya adalah di WordPress.com, pengguna tidak dapat merubah ukuran font dengan mudah (misalnya merubah ukuran font dari 8 ke 12). Sehingga pengguna perlu merubah ukuran font secara manual (butuh pemahaman kode). Sepertinya fitur Font Size hanya tersedia di WordPress Premium/Business dan WordPress.org. hptekno menggunakan WordPress.org dan secara default terdapat fitur Font Size.

Terlepas dari kelemahan yang ada pada WordPress.com versi free. Hal tersebut tidak mengurangi keasyikan untuk menulis di WordPress.com. Terlebih bila anda blogger dengan passion menulis tinggi dan tidak berorientasi uang atau trafik. WordPress.com sangat cocok untuk anda.

R10

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Handphone dan Teknologi
Hptekno. All rights reserved.
Pondok Tirta Mandala
blok S3 no 11
Depok
info@hptekno.com
Phone 0856 9430 2642