"Hindari berhp ria saat sedang tiduran, karena busa merusak penglihatan"
irtoh

Kode Peluncur Nuklir Amerika Serikat Selama 20 Tahun Adalah 00000000

kode nukir amerikaSteven M. Bellovin, seorang profesor ilmu komputer dari Columbia mendapati fakta menarik kode peluncur Nuklir Amerika Serikat adalah 00000000. Bellovin mendapati fakta ini dari paper tahun 2004 karya Dr. Bruce G. Blair (mantan perwira Minuteman silo).

Kode nuklir yang dikenal dengan Permissive Action Links (PALs) hadir pada tahun 1963-1964 saat krisis Siprus, ketika dua anggota NATO, Turki dan Yunani ingin saling menembak nuklir. PALs artinya hanya mengijinkan presiden Amerika Serikat yang dapat memberikan perintah nuklir. Rupanya fitur keamanan ini hanya simbol semata. Selama dua dekade presiden terus berganti membawa koper yang berisi kode nuklir yang (diduga) terus berubah.

Rupanya kode nuklir ini tak benar-benar rahasia, menurut Karl Smallwood pada “Today I Found Out” Dr. Blair menjelaskan:

“Our launch checklist in fact instructed us, the firing crew, to double-check the locking panel in our underground launch bunker to ensure that no digits other than zero had been inadvertently dialed into the panel.”

Instruksi menjelaskan agar tidak ada angka selain 0 secara tidak sengaja dapat masuk ke panel. Dengan kata lain, kode nuklir yang berubah-rubah sebenarnya hanya terjadi di film-film. Pada prakteknya saat menekan kode nuklir, agar tak salah memasukan kode, maka semua angka disamakan. 00000000.

Sekarang saat banyak orang tahu rahasia ini, apakah dunia berasa aman atau semakin berbahaya?

via Mashable

Share
R10

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Handphone dan Teknologi
Hptekno. All rights reserved.
Pondok Tirta Mandala
blok S3 no 11
Depok
info@hptekno.com
Phone 0856 9430 2642