"Gunakan hp seperlunya"
irtoh

Membongkar Keuntungan Samsung Galaxy S5: Berapa Biaya Materialnya?

Samsung Galaxy dijual seharga $660 tanpa kontrak, perusahaan analitik IHS lantas membongkar Galaxy S5 untuk mengetahui komponen apa saja yang dipakai dan berapa perkiraan harga masing-masing komponen. Ide dasarnya adalah mengetahui profit yang diambil oleh Samsung per 1 unit Galaxy S5 yang terjual.

Galaxy S5 dibongkar

Harga komponen termahal yang dipakai Galaxy S5 adalah layar 5,1 inci full HD materi Super AMOLED yang harga satuannya mencapai $63. Samsung juga memproduksi sendiri chip DRAM dan Flash Memory yang diperkirakan harga gabungan kedua komponen adalah $33.

Processor Qualcomm Snapdragon 801 yang digunakan juga banyak dipakai oleh kompetitornya sehingga harganya diperkirakan tak semahal itu. Pemindai sidik jari yang dimiliki Galaxy S5 diperkirakan hanya seharga $4, bandingkan dengan pemindai sidik jari iPhone 5S yang berharga $15.

Bila iPhone 5S memiliki accelerometer, gyroscope dan kompas. Maka Galaxy S5 pun memiliki biosensor untuk mengukur kesehatan penggunanya. Chip biosensor ini dibuat oleh Maxim dan diperkirakan berharga $1,45 per unitnya.

Total harga biaya material Galaxy S5 diperkirakan sebesar $256, lebih mahal dari biaya material iPhone 5S yang berharga $199. Dengan harga jual $600 (tanpa kontrak) dikurangi biaya material $256, keuntungan Samsung $400.

Tentu saja biaya material tersebut tidak memasukan biaya riset, pengembangan, lisensi software, biaya distribusi dan pemasaran. Atas perkiraan biaya material ini, Samsung menolak berkomentar.

via Recode

R10

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Handphone dan Teknologi
Hptekno. All rights reserved.
Pondok Tirta Mandala
blok S3 no 11
Depok
info@hptekno.com
Phone 0856 9430 2642