Menu
Categories
Seandainya Microsoft Menjual Ponsel Dan Tablet Dibawah Harga Sejuta
January 27, 2014 Berita

Penulis tergelitik untuk menulis artikel, bagaimana kiranya bila Microsoft menjual tablet dan smartphone di harga satu juta ke bawah, seperti halnya Android. Apakah pembajakan sistem operasi Windows dan software Microsoft Office akan menurun secara drastis?

Sejak tahun 2012 lalu, Microsoft tak lagi fokus menjual software. Namun juga menjual hardware layaknya Apple dengan perangkat Mac, iPhone dan iPad. Microsoft menjual tablet Surface dan tahun 2013 lalu membeli Nokia. Kita akan melihat smartphone Microsoft mulai tahun ini atau tahun depan.

Apple Gratiskan OS X Mavericks

Apple pada akhir Oktober lalu mengumumkan OS X Mavericks dijual gratis, atau bebas diunduh. Tampak jelas bila strategi Apple adalah fokus menjual hardware. Apakah Microsoft mau melakukan langkah yang sama? Menggratiskan sistem operasi Windows (RT) dan Windows Phone. Dengan demikian akan ada lebih banyak smartphone dan tablet menggunakan Windows Phone/Windows (RT).

Bila semakin banyak perangkat Windows Phone/Windows (RT), tentu ada kemungkinan besar, akan ada perangkat yang dijual murah untuk kelas menengah bawah. Persis seperti yang terjadi dengan Android.

Smartphone/tablet dengan harga sejuta atau lebih murah tentu saja secara teori dapat menekan tingkat pembajakan sistem operasi Windows dan software Microsoft Office. Untuk diketahui, aplikasi Microsoft Office sudah ditanamkan gratis di smartphone/tablet perangkat Windows yang dijual saat ini.

Tentu saja tablet dan smartphone Windows murah hanya impian penulis dan juga harapan “rakyat jelata”. Sayangnya strategi Microsoft untuk saat ini adalah menargetkan pasar menengah atas. Jadi impian mendapatkan Windows dan Office murah harus ditunda dahulu hingga entah kapan.

Share
R10
"6" Comments
  1. ealah, kayaknya ga mungkin yo 😀
    kalo mereka bener2 menggratiskan, Microsoft dapet duit dari mana?
    secara, perusahaan2 besar hingga kecil menggunakan OS Windows
    taruhlah perusahaan kecil pake bajakan, tapi setidaknya perusahaan menengah ke atas gengsi banget pake OS bajakan 😀
    lagian bisa kena tuntut kalo pake OS bajakan

    • perusahaan besar ga gitu john… ada yg pakai bajakan kok, karena kesadaran mereka kurang

      kalau bisa gratis (membajak) mengapa harus mengeluarkan biaya investasi software?

  2. bila beneran betapa murahnya

  3. kalo Microsoft jual murah, saya gak akan pake bajakan, hehehe… saya juga pake hackintosh, itu termasuk bajak gak ya? 😀

    • kalau hackintosh itu sebenarnya buah simalakama, illegal iya, legal juga iya, ilegalnya gara gara gak dipakai di computer mac, tapi kalau legalnya, kan kita udah beli software mereka, bonus juga buat apple, market sharenya naik dikit, karena 10% dari pengguna mac itu ya hackintosh.

Leave a Reply
*