"Hindari berhp ria saat sedang tiduran, karena busa merusak penglihatan"
irtoh

Desain Elegan dengan Biaya Terjangkau

Desain elegan dengan biaya terjangkau

Halo semua aku baru aja selesai beberes rumah baru nih, sebelumnya kami tinggal di sebuah rumah kontrakan selama satu setengah tahun. Alhamdulillah memasuki tahun ketiga pernikahan kami dapat membeli sebuah rumah mungil yang luas bangunannya 30m2 dengan 2 kamar tidur 1 ruang tamu besar dan ruang dapur yang cukup luas, ah ya kamar mandi juga luas karena sumur dan toren ada di dalamnya.

Karena rumah ini sudah berumur puluhan tahun maka ada beberapa hal yang perlu di diperbaiki agar indah dilihat dan nyaman untuk ditempati. Aku mau menceritakan pengalaman aku dalam mewujudkan rumah impian, konsep yang kami pakai ialah desain elegan dengan  biaya terjangkau. Maklum saja uang tabungan sudah terkuras untuk membeli rumah dan mengurus surat-surat.

Baiklah, mari kita mulai. Sebelumnya kita harus paham ada tujuh elemen dalam desain interior yang harus disusun secara seimbang agar menghasilkan interior yang menawan. Apa saja?

Elemen Dalam Desain Interior

  1. Ruang

Mengutip dari theinteriordesignacademy.com, ada dua kategori ruang. Pertama yaitu ruang positif yang nantinya akan diisi oleh barang-barang, sedangkan yang kedua ialah ruang kosong (jarak antar benda bisa juga disebut sebagai ruang negatif) yang disebut dengan ruang negatif. Keseimbangan kedua jenis ruang tersebut dapat memberikan kesan ruangan tidak terlalu padat ataupun terlalu polos.

  1. Garis

Garis terdiri dari Garis horizontal, vertikal, dan dinamis yang berfungsi membantu membentuk ruangan dan “memandu” pandangan kita. 

  1. Bentuk

Adalah bentuk fisik dari segala sesuatu yang ada di dalam ruangan yang memiliki tiga dimensi, biasanya terdiri dari bentuk geometris yang terdapat pada garis-garis yang menonjol dan sudut-sudut, serta terlihat seperti buatan manusia. Kemudian, bentuk natural adalah bentuk-bentuk organik yang dibuat oleh alam sehingga bentuknya lebih asimetris. 

  1. Pencahayaan

Pentingnya pencahayaan dalam sebuah ruangan didasarkan pada  aktivitas-aktivitas yang akan dilakukan di ruangan tersebut. 

Selain itu, pencahayaan juga bisa mengatur suasana di dalam ruangan sekaligus menekankan warna, garis, dan tekstur.

  1. Warna

Warna bisa menstimulasi respons fisik dan psikologis agar bisa memunculkan kenangan dan mengubah emosi.

  1. Tekstur

Fungsi tekstur secara umum ialah memberikan perasaan pada ruangan, bisa dengan cara menambahkan detail pada furnitur, aksesori, dan kain yang ada di dalam ruangan 

  1. Pola

Selain menambah daya tarik ruangam, Pola juga dapat menggambarkan karakter.

Penerapan Desain Elegan dengan Biaya Terjangkau 

Kesan pertama saat memasuki rumah ini adalah kumuh dan engap karena cat tembok yang sudah kusam dan memudar. Akhirnya kami memilih mengecat ulang, biru langit menjadi warna pilihan karena dapat memunculkan kesan tenang dan juga memberikan ilusi ruangan terlihat lebih luas.

Selanjutnya adalah pemasangan gorden, ada dua lapis gorden yang kami gunakan. Pertama adalah gorden tipe sheer. Selain sebagai pelapis, gorden ini juga berfungsi menjaga privasi karena pandangan dari luar rumah ke dalam sedikit tertahan, bahannya yang tipis tidak menghalangi masuknya cahaya matahari.

Tipe gorden kedua ialah eyelet. Dibuat dengan kain yang ringan membuatnya mudah digeser karena gerakan ring pada batang jendela tidak terhambat. Mudah sekali jika kita ingin menggantinya dengan model atau warna yang lain.

Garis vertikal dari gorden menjadikan ruangan terasa lebih tinggi, cocok sekali karena memang plafon Eternit rumah ini sedikit rendah.

Terakhir adalah hiasan dinding. Kami menambahkan dua jenis agar dinding tidak terlihat polos. Pertama ialah pemasangan jam dinding tempel yang kekinian dengan warna dominan hitam, diletakkan di tengah ruangan yang dapat dilihat dari berbagai sudut.

Kemudian kaligrafi kayu. Warna dasarnya hitam dan warna emas untuk tulisannya. Warna emas ini senada dengan batang gorden.

Taraaa… Rumah kami kini terasa berbeda. Hangat, nyaman dan terlihat memanjakan mata. Warna-warna yang serupa tidak membuat bingung pandangan, perpaduan yang pas menghasilkan desain yang elegan.

Ternyata membuat rumah terasa beda itu tidak perlu mahal, kenali ruangan dan ubah sesuai dengan ilmu desain interior. Iya sih, emang kadang pusing juga mikirnya. Nah, kalau kamu butuh bantuan untuk mendekorasi rumah bisa banget nih konsultasi ke ahlinya interior design.

Apa itu Pexio Furniture

Pexio furniture

Perusahaan furniture yang didirikan pada tahun 2018, di Bogor (Jawa Barat) Indonesia di bawah PT. Guna Jaya Indonesia ini memulai kiprahnya sebagai pemasok untuk furniture suku cadang kantor kemudian berkembang menjadi menyediakan produk akhir (kursi kantor, sofa, meja, dll) dan jasa desain interior.

Sofa bed by pexio

Perusahaan ini membantu setiap orang dalam mewujudkan impian mereka bahkan jika itu dianggap “aneh” secara umum. Jadi kamu ga perlu khawatir, semua inovasi di dalam kepala bisa menjadi nyata.

Mimpi setiap orang dalam mewujudkan impiannya menjadi harapan.

Kursi by pexio

Udah ga sabar pengen konsultasi? Cuss dateng aja langsung ke :

Showroom Cengkareng :

Jalan Lingkar Luar Barat No. 8 Ruko ABC, Cengkareng, Jakarta 11730

Showroom Fatmawati :

Jl. RS. Fatmawati Raya No.2, RW.3, Kec.

Cilandak, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12430

E-Mail: contact.pexio@gmail.com

Atau bisa juga follow akun sosial media Pexio untuk kenalan lebih dekat. 

IG : pexio.furniture

Linkedin : pexio-furniture

 

Referensi :

https://pexio.co.id/company-introduction/

https://interiordesign.id/elemen-dasar-desain-interior/

ani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Handphone dan Teknologi
Hptekno. All rights reserved.
Pondok Tirta Mandala
blok S3 no 11
Depok
wiliarko_156@yahoo.co.id
Phone 0856 9430 2642